Jangan Abaikan Kesulitan Tidur, Ternyata Bisa Tanda Masalah Kesehatan

Rabu 04 Desember 2019, 19:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Apakah Anda sering merasa kesulitan tidur malam? Kondisi ini memang bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya masalah kesehatan.

Tetapi, banyak orang mengira kesulitan tidur malam akibat masalah insomnia, stres dan semacamnya. Sehingga mereka tidak sadar adanya tanda-tanda masalah kesehatan.

Melansir dari The Healthy, berikut ini masalah kesehatan yang mungkin terjadi jika Anda kesulitan tidur di malam hari.

1. Inkontinensia urine

Inkontinensia urine atau mengompol lebih sering memengaruhi wanita daripada pria. Kondisi ini sangat memengaruhi kualitas tidur mereka di malam hari.

Anda tidak harus menggunakan popok dewasa agar bisa tidur nyenyak. Caranya, ubah pola makan dan gaya hidup untuk membantu mengendalikan kandung kemih, termasuk mengurangi asupan kafein.

2. Migrain

Sakit kepala juga bisa menyebabkan Anda kesulitan tidur nyenyak. Tetapi, begadang juga bisa memperburuk sakit kepala Anda.

Dalam kondisi ini, Anda disarankan untuk tetap terhidrasi, konsumsi makanan gizi seimbang dan tetap aktif. Karena hal tersebut bisa membantu mengurangi migrain.

3. Kekurangan magnesium

Sejumlah penelitian telah menunjukkan efektivitas magnesium dalam meningkatkan suasana hati dan membantu tidur lebih nyenyak.

Kebanyakan orang kurang memperhatikan asupan magnesiumnya, sehingga hal tersebut bisa menyebabkan mereka kesulitan tidur nyenyak.

Selain itu, kekurangan magnesium juga menyebabkan ketegangan otot, iritabilitas saraf, lonjakan adrenal, penurunan produksi serotonin dan kram otot.

4. Masalah hidung

Orang yang menderita sinus kronis biasanya memiliki masalah kesulitan tidur nyenyak. Karena idealnya, orang harus bernapas melalui hidung selama tidur.

Sehingga hidung tersumbat bisa menyebabkan mereka kesulitan bernapas melalui hidung. Kondisi ini juga menyebabkan mereka sering tidur mendengkur.

5. Depresi

Banyak orang yang mengalami depresi juga kesulitan tidur di malam hari. Jika sulit tidur disertai gejala lain seperti perubahan suasana hati, tidak tertarik pada kegiatan sebelumnya dan kenaikan atau penurunan berat badan, lebih baik mencari terapis.

Gangguan Kecemasan Umum (GAD) juga bisa menyebabkan masalah kesulitan tidur. Kondisi ini biasanya disertai rasa khawatir berlebihan, nyeri otot dan mudah marah.

 

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi24 April 2024, 01:20 WIB

Disdik Sukabumi Pastikan Ujian Sekolah Tingkat SD dan SMP Berjalan Lancar

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha mengungkapkan bahwa saat ini sudah tidak ada lagi ujian nasional, sebagai penggantinya ada penilaian sumatif akhir jenjang (PSAJ)
Suasana Ujian Sekolah jenjang SD di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat24 April 2024, 00:53 WIB

Empat Pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi Ikuti PKN 2024, Sekda Ade Jadi Mentor

Berikut daftar nama pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi yang ikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Angkatan VI Tahun 2024 di BPSDM Jabar.
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman bersama empat pejabat eselon II yang ikuti PKN 2024. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi24 April 2024, 00:06 WIB

17 Aset TPPU Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto di Sukabumi Disita KPK

Belasan asetnya di Sukabumi disita KPK, berikut perjalanan kasus korupsi Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto. Dari tersangka gratifikasi hingga TPPU.
Mantan Kepala Bea dan Cukai Yogyakarta Eko Darmanto saat menjalani pemeriksaan di KPK terkait kasus gratifikasi, Jumat (8/12/2023). (Suara.com/Yaumal)
Entertainment23 April 2024, 22:28 WIB

Positif Konsumsi Ganja, Selebgram Chandrika Chika dan 5 Temannya Ditangkap Polisi

Selebgram Chandrika Chika ditangkap polisi bersama 5 temannya usai terbukti menyalahgunakan narkoba jenis ganja di salah satu hotel.
Sosok selebgram Chandrika Chika. (Sumber Foto: Instagram)
Sukabumi23 April 2024, 21:55 WIB

Rumah Tertimpa Tembok Bangunan Ambruk, Lansia di Nagrak Sukabumi Terpaksa Mengungsi

Dua rumah warga yang salah satu penghuninya merupakan lansia di Nagrak Sukabumi alami kerusakan usai terdampak longsor saat hujan deras.
Kondisi rumah lansia di Nagrak Sukabumi yang alami kerusakan usai tertimpa tembok bangunan rumah warga lainnya yang ambruk karena longsor. (Sumber : P2BK Nagrak)
Sehat23 April 2024, 21:00 WIB

Lawan Asam Urat dengan 8 Obat Alami Ini, Solusi Sehat Kurangi Frekuensi Serangannya

Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.
Ilustrasi Kunyit - 
Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.  (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)
Sukabumi23 April 2024, 20:30 WIB

Banyak PJU Mati, Jalan Depan Komplek Perkantoran Palabuhanratu Gelap Saat Malam

Ruas Jalan Sudirman di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi kondisinya gelap di malam hari, karena lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) banyak yang tidak menyala alias mati.
Kondisi lampu PJU di ruas jalan Sudirman, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, banyak yang tidak menyala | Foto : Ilyas Supendi
Gadget23 April 2024, 20:30 WIB

10 Rekomendasi HP Samsung Harga Rp 1 Jutaan yang Punya Spesifikasi Bagus

HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Ilustrasi Samsung A03- HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar. (Sumber : samsung.com).
Sukabumi23 April 2024, 20:05 WIB

Viral Emak-emak Ngamuk Maksa Minta Sedekah di Sukabumi, Polisi Turun Tangan

Emak-emak pengemis viral yang ngamuk maksa minta sedekah terekam berulah di Cibeureum dan Baros Sukabumi.
Kolase foto tangkapan layar video viral emak-emak ngamuk maksa minta sedekah di Sukabumi. (Sumber : TikTok esapperdana)
Life23 April 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani

Kebiasaan-kebiasaan sopan membantu menciptakan lingkungan yang positif, menghormati, dan saling mendukung dalam interaksi sosial, sehingga membuat orang yang melakukannya dihormati dan disegani oleh orang lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)