Jangan Takut Olahraga saat Bulan Ramadan, Intip 6 Tips Ini

Minggu 05 Mei 2019, 22:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bulan Ramadan sudah di depan mata. Saat Ramadan, bukan berarti Anda tidak bisa berolahraga. Kita tahu olahraga memiliki banyak manfaat baik. Tidak hanya membuat tubuh lebih ramping dan kencang, kulitpun menjadi lebih cerah. Tetap rutin berolahraga Anda akan tetap terlihat segar selama menjalani puasa.

Bila Anda berniat berolahraga pada bulan Ramadan, intip 6 tips menarik ini.

1. Pagi Hari Setelah Makan Sahur

Untuk tujuan kesehatan dan kebugaran baik melakukan olahraga pagi hari setelah sahur. Hanya yang perlu diperhatikan, lakukan intensitas olahraga ringan sehingga tidak membuat Anda dehidrasi dan kelelahan berlebihan siang harinya. Berolahragalah selama 30-45 menit.

2. Sore Hari Menjelang Berbuka Puasa

Bila tujuannya menjaga kekuatan, bentuk otot, dan tubuh, tentu Anda memerlukan intensitas olahraga sedikit lebih berat. Lakukan olahraga 30-60 menit sebelum berbuka. Tidak perlu khawatir akan kurangnya kandungan cairan dan kelelahan pada detik-detik jelang berbuka. Karena segera setelah berbuka kekurangan cairan akan teratasi.

3. Perhatikan Asupan

Konsumsilah makanan tinggi protein dan kaya serat karena jenis makanan ini menyimpan energi lebih lama. Anda tidak mudah merasa lapar. Tidak mudah lelah saat Anda harus berolahraga di saat berpuasa. Misalnya, mulailah sahur dengan jus sayuran hijau: bayam, batang seledri, air jeruk lemon, nanas, dan madu. Baru minum teh manis panas atau susu. Telur rebus, kacang-kacangan dan sayuran pastikan ada dalam daftar menu sahur Anda. Lengkapi dengan konsumsi vitamin (vitamin C, E, dan minyak ikan). Sore hari, setelah berolahraga, berbukalah dengan makanan segar menyehatkan. Misalnya memasukkan daftar kombinasi jus segar dalam menu berbuka Anda. Ganti kebiasaan mengonsumsi gorengan saat berbuka dengan potongan sandwich roti gandum, dan isi menu utama dengan makanan dengan gizi seimbang.

4. Hati-hati dan Dengarkan Tubuh Anda

Ada baiknya sebelum berolahraga, kenali dengan baik kondisi tubuh Anda hari itu. Bagaimana tekanan darah Anda, denyut nadi, suhu tubuh, semua harus terukur secara obyektif. Anda yang paling tahu kondisi tubuh Anda. Jangan terlalu memaksakan diri berolahraga jika memang tubuh terasa tidak fit.

5. Memilih Olahraga Yang Tepat

Jika Anda memilih waktu berolahraga di pagi hari setelah sahur, maka pilihlan jenis olahraga yang ringan. Anda bisa joging, bersepeda, jalan cepat, yoga, atau body balance. Jika Anda merasa fit dan memilih waktu berolahraga di sore hari yang intensitasnya lebih tinggi, Anda bisa melakukan latihan kardio dikombinasi dengan sedikit latihan beban, lari, senam dansa, pilates, renang selama 30 hingga 60 menit sebelum berbuka.

6. Tidur Cukup

Atur waktu tidur Anda dengan baik. Umumnya saat berpuasa waktu tidur menjadi berkurang. Saat berpuasa, Anda harus bangun pukul 3 pagi menyiapkan sahur. Padahal dibutuhkan tidur cukup minimal 6 jam, jika ingin melakukan aktivitas olahraga. Untuk menyiasatinya maka tidurlah lebih cepat di malam hari. Atur waktu secermat mungkin sehingga waktu tidur Anda mencukupi 6-8 jam.

Anda sudah siap berolahraga pada bulan Ramadan?

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Nasional18 April 2024, 15:52 WIB

Membangun Bisnis Sehat dengan Konten Berkualitas, 7 Tahun AMSI

Setiap tahun, AMSI selalu mengadakan Indonesian Digital Conference, sebuah ajang diskusi tentang teknologi digital terbaru dan dampaknya pada industri media.
AMSI sudah berdiri di hampir semua wilayah di Indonesia dengan anggota lebih dari 400 media online. (Sumber: istimewa)
Sukabumi18 April 2024, 15:52 WIB

Halalbihalal Disperkim Kabupaten Sukabumi: Tingkatkan Kekompakan dan Motivasi Pegawai

Halalbihalal ini dirangkaikan dengan pengajian dan pertemuan rutin Dharma Wanita Persatuan.
Disperkim Kabupaten Sukabumi menggelar acara halalbihalal bersama seluruh pegawai pada Kamis (18/4/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi18 April 2024, 15:16 WIB

Pererat Silaturahmi, Perumdam TJM Sukabumi Gelar Halal Bihalal

Perumdam TJM Sukabumi menggelar acara Halal Bihalal di lapangan tenis dekat Kantor perusahaan tersebut di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Rabu (17/4/2024).
Halal bihalal Perumdam TJM Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life18 April 2024, 15:04 WIB

Asam Urat Tinggi Setelah Lebaran? Lakukan 6 Hal Ini untuk Menurunkannya Secara Alami

Pastinya banyak makanan mengandung protein seperti daging yang dikonsumsi.
(Foto Ilustrasi) Enam hal yang perlu dilakukan untuk menurunkan asam urat secara alami jika terasa tinggi setelah lebaran. | Foto: Freepik
Inspirasi18 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja SPV Accounting dengan Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja SPV Accounting dengan Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya. | (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi18 April 2024, 14:54 WIB

DP2KBP3A Kota Sukabumi Dapat Penghargaan, Kirim Pesan Pencegahan Kekerasan Perempuan dan Anak

Pesan soal pencegahan kekerasan perempuan dan anak disampaikan melalui video.
Penyerahan penghargaan oleh Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji dan Ibu Pj Wali Kota Sukabumi kepada Kepala DP2KBP3A Kota Sukabumi Yadi Mulyadi. | Foto: Instagram/@dp2kbp3a_kotsi
Sukabumi18 April 2024, 14:42 WIB

Curhat Korban Investasi Bodong di Sukabumi, Uang Lenyap dan Terusir dari Rumah

Curhat korban investasi bodong berkedok gadai rumah di Kota Sukabumi.
Yati dan suaminya saat menunjukkan surat perjanjian perusahaan di Mapolres Sukabumi Kota. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life18 April 2024, 14:30 WIB

2 Bahan Herbal Redakan Nyeri saat Asam Urat Kambuh, Begini Resep Zaidul Akbar

Resep ala Zaidul Akbar ini tidak perlu bahan dan alat khusus.
(Foto Ilustrasi) Mengatasi nyeri asam urat yang kambuh hanya dengan 2 bahan herbal ala Zaidul Akbar. | Foto: Freepik
Life18 April 2024, 14:21 WIB

Awas! 3 Gejala Utama saat Asam Urat Tinggi, Segera Cek ke Dokter Jika Merasakannya

Asam urat sejatinya merupakan limbah proses pengolangan zat purin dalam tubuh.
(Foto Ilustrasi) Jika Anda merasakan 3 gejala utama asam urat tinggi ini, maka sebaiknya langsung periksa ke dokter. | Foto: Freepik
Sukabumi18 April 2024, 14:18 WIB

Halalbihalal Keluarga Besar Universitas Nusa Putra: Kebersamaan dalam Keanekaragaman

Selain tradisi, acara tersebut juga dimaksudkan sebagai upaya mempererat tali persaudaraan Civitas Akademika di lingkungan Universitas Nusa Putra.
Mengawali aktivitas setelah libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H, jajaran rektorat dan keluarga besar Universitas Nusa Putra menggelar acara Halal Bi Halal. (Sumber: dok nusa putra)