Light Dark

Resep Tumis Larva Tawon Vespa Affinis Khas Pajampangan Sukabumi

Kuliner | 13 Feb 2021, 01:00 WIB
Resep olahan tumis larva Tawon Vespa Affinis Khas Pajampangan Sukabumi, Jawa Barat. | SU/Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Tawon Vespa alias Vespa Affinis seringkali membuat warga resah. Sengatannya cukup berbahaya, hingga dalam beberapa kasus sempat memakan korban.

Namun siapa sangka, di wilayah Pajampangan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tawon mematikan ini justru dilahap jadi santapan. Meski bukan tawon dewasa, melainkan masih dalam bentuk larva.

Baca Juga :

Warga percaya dengan cara melahap mentah, maupun dimasak akan membuat tubuh menjadi lebih berstamina.

"Tawon atau biasa disebut tiwuan di Pajampangan. Tiwuan itu ada yang dikonsumsi secara mentah, ada juga yang dimasak. Tergantung selera," ucap Elan, warga Desa Sukatani, Kecamatan Surade kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (13/2/2021).

"Ada yang dipepes, ada juga yang ditumis biar lebih praktis. Kalau ditumis membutuhkan waktu sekitar 15 menit," katanya lagi.

Larva Tawon Vespa Affinis.

Elan melanjutkan, sebelum diolah biasanya warga mencari sarang, kemudian larva atau telur Tawon Vespa affinis yang ada di sarang tersebut dibersihkan.

"Siapkan bumbu penyedap, iris halus bawang merah, bawang putih, cabai rawit. Goreng hingga harum dan masukan larva atau telur tawon vespa, tunggu hingga matang, angkat, dan siap untuk dinikmati," tandas Elan.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Ragil Gilang

Reporter

Image

Herlan Heryadie

Redaktur