Light Dark

Kerang Hijau Saus Lada Kuning, Resep dari Palabuhanratu Sukabumi yang Bisa Dicoba di Rumah

Kuliner | 10 Jan 2021, 12:20 WIB

Kerang Hijau Saus Lada Kuning, Resep dari Palabuhanratu Sukabumi yang Bisa Dicoba di Rumah

Kuliner | 10 Jan 2021, 12:20 WIB
Sajian kerang hijau saus lada kuning yang merupakan resep dari warga Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. | Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Ada banyak cara mengolah kerang hijau untuk membuatnya menjadi sajian yang luar biasa enaknya. Salah satunya resep kerang hijau saus lada kuning yang merupakan resep dari warga Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Meli Agustina (28 tahun) warga Kampung Panyairan, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu mengatakan proses pertama yang harus dilakukan adalah kerang hijau yang sudah dibersihkan direbus air mendidih hingga rumah kerang terbuka.

BACA JUGA: Makan Kerang Teritip Mentah Hasil Berburu di Pantai Karang Merak Sukabumi, Berani Coba?

Menurut Meli, apabila kerang sudah terbuka, itu tandanya isi dalam atau dagingnya sudah matang. Maka segeralah angkat kerang itu dan tiriskan.

"Untuk membuat olahan kerang saus lada kuning lezat, kita siapkan beberapa serai yang telah dihaluskan atau digeprek, jahe digeprek, kunyit kuning, bawang putih dan beberapa cabai yang telah dihaluskan serta daun salam beberapa lembar," jelasnya.

BACA JUGA: Berlibur Sambil Berburu Kerang di Pantai Karanghawu Sukabumi

Semua bahan tersebut selanjutnya dimasukan ke dalam wajan untuk digoreng atau ditumis. Aduk hingga rata dan mengeluarkan harum. Kalau sudah begitu tinggal kerang hijau dimasukan dalam bumbu tumis itu. Aduk bersama bumbu itu hingga rata lalu beri sedikit air masak." Masak hingga kuah berkurang dan bumbunya masuk ke daging kerang," terangnya.

Memasak pun beres dan olahan kerang hijau saus lada kuning ini siap disajikan. "Lebih sedap dan nikmat disajikan dengan nasi hangat dan ditambah sayuran mentah segar bersama keluarga," tandasnya.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

 

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

NANDI

Reporter