Light Dark

Nikmatnya Cumi Bakar Sambal Jahe dari Palabuhanratu Sukabumi, Gak Mau Nyoba?

Kuliner | 25 Dec 2020, 22:00 WIB
Cumi-cumi bakar buatan warga Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. | Sukabumiupdate.com/Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi sebagian warga palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, cumi-cumi merupakan salah satu menu andalan untuk disantap sehari-hari bersama keluarga.

Cumi dapat diolah menjadi beragam menu masakan yang lezat, mulai dari digoreng, ditumis, hingga dibakar. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang kenyal, olahan cumi cocok disajikan dengan sambal jahe lengkap bersama nasih putih hangat.

Di tangan warga Palabuhanratu, Rianti (34 tahun), cumi bakar sambal jahe adalah olahan yang cukup mudah dibuat karena bahan masakan tersebut bisa dtemukan di pasar. Rianti pun membagikan cara membuat cumi bakar ini.


Advertisement

"Ya pertama ikan cumi-cumi yang masih segar kita bersihkan sampai tinta hitamnya hilang. Setelah bersih, bagian punggung ikan cumi diiris sedikit, kemudian dipanggang di bara api," tuturnya kepada sukabumiupdate.com, Jumat (25/12/2020).

BACA JUGA: Tinta Cumi-cumi Ternyata Menyimpan Khasiat untuk Lawan Kanker dan Tukak Lambung

"Saat dipanggang di bara api, sesekali diolesi bumbu penyedap rasa campuran ulekan bawang putih dan bawah merah yang telah dihaluskan," ucapnya menambahkan.


Advertisement

Sementara untuk membuat sambal jahenya, sambung Rianti, Anda hanya tinggal menyiapkan cabai rawit hijau, jahe, tomat, dan penyedap rasa. Agar menghasilkan aroma yang khas, Anda dapat terlebih dulu memanggang jahe dan tomat tersebut di atas bara api.

"Setelah tomat dan jahe matang, tinggal diulek sampai halus dan ditambah penyedap rasa," jelasnya. "Kalau ikan cumi sudah matang tinggal disajikan. Cumi yang sudah dibakar itu dipotong sesuai selera dan selanjutnya ditaburi sambal jahe. Pokoknya rasanya bikin nagih," pungkasnya.

Ingat pesan ibu:

Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Koko Muhamad

Image

Koko Muhamad

Redaktur

Image

NANDI

Reporter