Manfaat Olahraga saat Menstruasi, Simak 8 Pilihan Terbaik

Sabtu 16 Januari 2021, 23:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.comMenstruasi sering menghalangi keinginan wanita untuk berolahraga. Selain tubuh terasa lemas, sebagian orang juga merasa nyeri sehingga tak nyaman beraktivitas. Dilansir dari tempo.co, namun para ahli menyarankan agar olahraga tetap dilakukan meski sedang haid. 

Dilansir dari Boldsky, Sabtu, 16 Januari 2021, ahli kesehatan menyebut bahwa berolahraga saat menstruasi justru dapat membantu meredakan gejala seperti nyeri, kram, kembung, perubahan suasana hati, mudah tersinggung, lelah dan mual.

Selain itu, berolahraga selama siklus haid bermanfaat bagi kesehatan fisik secara umum dan dapat membantu mengurangi risiko dan timbulnya berbagai masalah medis dan kesehatan seperti serangan jantung, stroke, artritis, osteoporosis, diabetes, dan sebagainya.

Berolahraga selama menstruasi sangat bermanfaat, karena mempengaruhi kadar hormon dan membantu mengelola gejala menstruasi. Saat tubuh Anda bergerak (saat berolahraga), ia menghasilkan endorfin, yang bertindak sebagai pereda nyeri alami. Namun, perlu diingat untuk tidak memaksakan diri jika aliran darah Anda deras dan mengalami kram yang menyakitkan.

Manfaat olahraga selama menstruasi

Berolahraga dapat membantu meningkatkan suasana hati dengan memanfaatkan endorfin dan mencegah terjadinya perubahan suasana hati yang konstan.

Berolahraga juga mampu mengatasi kelelahan dan sakit kepala, meredakan nyeri haid dengan meningkatkan sirkulasi darah, membantu mengelola dismenore (periode yang sangat menyakitkan).

Melakukan kardio selama menstruasi juga membantu meringankan gejala menstruasi tertentu yang tidak diinginkan dan juga dapat menyeimbangkan suhu tubuh Anda, yang relatif rendah selama menstruasi, karena fluktuasi hormonal.

Olahraga terbaik selama menstruasi

Sebelum memulai berolahraga, pastikan Anda melakukan pemanasan dengan perlahan. Olahraga ringan akan meminimalkan gejala menstruasi dan membuat Anda lancar melakukan aktivitas sehari-hari.

Berikut ini adalah beberapa olahraga yang bisa dilakukan selama menstruasi.

1. Jalan cepat

Olahraga yang paling direkomendasikan untuk meredakan kram adalah latihan kardio intensitas rendah yang menggerakkan otot dan meningkatkan detak jantung. Contoh terbaik dari hal ini adalah berjalan-jalan cepat di sekitar lingkungan Anda setidaknya selama 30 menit.

2. Lari

Pastikan Anda tidak memaksakan diri dan tetap menyadari batasan Anda dan minum banyak air sebelum berolahraga. Ini adalah cara terbaik untuk memompa darah Anda dan akan meningkatkan metabolisme secara instan. Tingkat energi Anda juga akan meningkat.

3. Berenang

Berenang saat menstruasi sangat mungkin dilakukan jika menggunakan tampon atau menstrual cup.

Berenang adalah cara yang baik untuk bersantai selama menstruasi. Alih-alih melakukan putaran agresif, fokuslah untuk melakukan gerakan yang lambat seperti gaya punggung. Olahraga ini dapat meningkatkan aliran darah dan energi.

4. Yoga

Salah satu olahraga paling efektif saat menstruasi adalah yoga. Fokuslah pada peregangan yang menargetkan perut untuk meredakan kram. Latihan pernapasan dan relaksasi juga bisa menghilangkan ketegangan dan meningkatkan sirkulasi darah.

5. Plank

Berbaring di lantai lurus dengan lengan dan siku di bawah dada. Angkat diri Anda menggunakan jari-jari kaki dan lengan bawah serta tahan posisinya. Ulangi latihan ini secara berkala. Olahraga ini adalah cara yang bagus untuk melatih seluruh tubuh Anda secara intensif selama menstruasi.

6. Latihan perut

Anda dapat memilih untuk melakukan latihan yang berfokus pada penguatan perut. Anda mungkin berpikir itu akan menjadi kontraproduktif, mengingat mungkin sedang mengalami kram. Tapi ini adalah cara terbaik untuk mengendurkan otot perut, yang akan meredakan kram saat menstruasi.

7. Angkat beban

Mengangkat beban membangun massa otot yang meningkatkan metabolisme dan tingkat pembakaran kalori yang lebih tinggi. Pastikan Anda memilih bobot yang lebih ringan dan fokus pada repetisi yang lebih kecil.

8. Menari

Ini adalah cara yang bagus untuk keluar dari menstruasi Anda dan membakar kalori. Pasang lagu favorit dan menarilah. Anda pasti akan berkeringat tanpa membuat diri bekerja terlalu keras.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat25 April 2024, 13:00 WIB

Bebas Asam Urat dengan 10 Cara Alami: Mencegahnya Tanpa Obat-obatan

Ada beberapa cara alami untuk mencegah dan mengelola asam urat yang bisa Anda lakukan.
Ilustrasi - Ada beberapa cara alami untuk mencegah dan mengelola asam urat yang bisa Anda lakukan. (Sumber : Freepik.com)
Bola25 April 2024, 12:15 WIB

Prediksi dan Link Live Streaming Dewa United vs Madura United di Liga 1 Pekan ke-33

Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33.
Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33. (Sumber : X/@dewaunitedfc_/@MaduraUnitedFC).
Kecantikan25 April 2024, 12:00 WIB

Tetap Lembab, 10 Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas

Jangan lupa untuk tetap konsisten dalam merawat kulit dan memberikan perhatian ekstra saat cuaca panas atau musim panas agar kulit tetap glowing.
Tetap Lembab, Ini Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Life25 April 2024, 11:30 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disenangi Semua Kalangan

Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain.
Ilustrasi. Orang yang baik biasanya terbuka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain. (Sumber : Pexels/KetutSubiyanto)
Sukabumi25 April 2024, 11:25 WIB

Jemaah Haji Kota Sukabumi Tahun 2024 Ada 336 Orang, Lebih Banyak Perempuan

Kemenag berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Sukabumi terkait keberangkatan.
(Foto Ilustrasi) Tahun 2024 Kota Sukabumi mendapat penambahan kuota 80 orang sehingga jumlah calon jemaah haji yang akan diberangkatkan adalah 336 orang. | Foto: Pixabay
Motor25 April 2024, 11:00 WIB

8 Dampak yang Terjadi Apabila Motor Jarang Dipanaskan, Yuk Kenali!

Jarang memanaskan motor dapat menimbulkan beberapa dampak negatif.
Jarang memanaskan motor  dapat menimbulkan beberapa dampak negatif. | (Sumber : Freepik.com/@ pressfoto)
Sukabumi25 April 2024, 10:55 WIB

Sempat DPO, Bos Investasi Bodong Senilai Rp 5 Miliar di Sukabumi Serahkan Diri

H selaku direktur dan pemilik CV AAP merupakan oknum wartawan.
H (43 tahun) saat diperiksa di Mapolres Sukabumi Kota, Rabu, 24 April 2024. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota
Sehat25 April 2024, 10:30 WIB

Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami dengan 8 Gaya Hidup Sehat

Penting untuk diingat bahwa sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum memulai atau mengubah regimen pengobatan asam urat, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.
Ilustrasi. Untuk Menyembuhkan Asam Urat Secara Alami Yuk Terapkan Cara Pola Hidup Sehat. | Foto: Freepik/@freepik
Life25 April 2024, 10:00 WIB

Bersyukur, 10 Kebiasaan Kecil yang Membuat Kamu Bisa Hidup Lebih Bahagia

Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, kamu dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan.
Ilustrasi - Dengan mempraktikkan kebiasaan-kebiasaan kecil ini, Anda dapat meningkatkan kebahagiaan dan menjalani hidup yang lebih memuaskan. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi25 April 2024, 09:43 WIB

28 Tahun Otda: Kota Sukabumi Komitmen Soal Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat

Otonomi daerah adalah upaya desentralisasi kekuasaan kepada pemerintah daerah.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada memimpin apel memperingati Hari Otda ke-28 di halaman Setda Kota Sukabumi, Kamis (25/4/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi