Pentingnya Setiap Pasangan Punya Ruang Sendiri dalam Setiap Hubungan

Minggu 24 Januari 2021, 00:00 WIB

SUKABUMIUDPATE.com - Setiap pasangan memiliki kebutuhan, kebiasaan, dan ekspektasi mereka sendiri dalam hal cinta, jadi mungkin sulit untuk menentukan seberapa besar ruang yang normal dalam suatu hubungan. Anda mungkin dengan senang hati menghabiskan waktu bersama-sama, atau Anda mungkin dengan senang hati melupakan satu sama lain selama berjam-jam. Dan siapa yang mengatakan jika salah satu sikap itu benar atau salah?

Meskipun mungkin tidak ada jawaban mutlak, sangat mungkin bagi hubungan Anda untuk condong terlalu jauh ke satu arah. Mari kita mulai dengan berfokus pada apa yang mungkin terjadi jika Anda menghabiskan setiap momen bersama. Salah satu cara untuk mengetahui bahwa Anda tidak memiliki cukup ruang adalah jika Anda mulai memperhatikan tanda-tanda ketergantungan.

"Kodependen terjadi ketika seseorang terlalu bergantung pada pasangannya secara psikologis dan emosional," kata terapis Sasha Jackson, mengatakan kepada Bustle. Jika salah satu atau Anda berdua menjadi kodependen, Anda mungkin mengalami kecemasan, ketakutan, atau bahkan ketidakpercayaan (baca: kecurigaan dan kecemburuan) saat menghabiskan waktu terpisah.

Pikirkan terus-menerus untuk memeriksa SMS secara obsesif di ponsel Anda, mengkhawatirkan apa yang dilakukan pasangan dan / atau tidak tahu cara mengisi hari yang dihabiskan sendirian. Perilaku ini mungkin berarti Anda membutuhkan batasan yang lebih tegas - dan ya, lebih banyak waktu terpisah.

Bagaimana Menciptakan Lebih Banyak Ruang Dalam Hubungan Anda

Jika Anda bergumul dengan ide untuk menghabiskan lebih banyak waktu terpisah, pikirkan hal ini: Jackson mengatakan ruang sebenarnya membuat hubungan lebih kuat, dalam cara yang "jarak membuat hati semakin dekat". Ketika Anda mempertahankan kehidupan pribadi Anda sendiri - penuh dengan hobi pribadi, pekerjaan, teman, dan lainnya. - Anda benar-benar kembali ke hubungan dengan lebih bahagia, dan itu pada gilirannya membuatnya lebih kuat.

Jadi, bagaimana caranya? "Cara yang baik untuk memiliki ruang sendiri adalah dengan saling mendukung keinginan untuk melakukan aktivitas sendiri atau bersama teman," kata Jackson. Jika pasangan Anda ingin pergi keluar, tawarkan untuk membantunya bersiap-siap dan kemudian ajak mereka keluar. Saat mereka pergi, fokuslah pada hobi yang membuat Anda bahagia. Atau nikmati saja kedamaian dan ketenangan.

Ini juga akan membantu menciptakan batasan yang lebih kuat di sekitar media sosial dan komunikasi telepon, kata Jackson. Anda bisa mulai dengan berjanji untuk menelepon pada waktu tertentu alih-alih berkirim pesan bolak-balik tanpa henti. Perubahan ini akan memberi Anda kesempatan untuk mengalami hidup Anda sendiri sebelum bersatu kembali di penghujung hari.

Seringkali lebih mudah untuk mengidentifikasi saat Anda menghabiskan terlalu banyak waktu bersama daripada mengidentifikasi saat Anda menghabiskan terlalu banyak waktu terpisah. Tapi inilah petunjuknya: Jika Anda dan pasangan saat ini memiliki terlalu banyak ruang dalam hubungan Anda, Anda mungkin akan menyadari bahwa rasa penolakan mulai merayap masuk.

"Penolakan menyebabkan seseorang khawatir tentang validitas hubungan atau apakah mereka 'cukup baik'," kata Jackson. Seiring waktu, salah satu atau Anda berdua mungkin mulai merasa tidak aman, kesepian, frustrasi, sedih - bahkan marah. Dan saat inilah Anda akan "melekat", kata Jackson karena Anda mendambakan keintiman.

Apa obatnya? Menghabiskan lebih banyak waktu bersama. Pergilah berkencan, ciptakan tradisi, dan bicarakan cara-cara untuk tetap terhubung, sehingga Anda tidak kembali ke wilayah penolakan lagi. Karena tidak ada yang "normal" dalam hal ruang dan hubungan, terserah Anda untuk menilai situasi pribadi Anda dan berkomunikasi dengan pasangan Anda saat segala sesuatunya terasa tidak teratur. "Luangkan waktu untuk duduk bersama dan mencari tahu mana yang terbaik," kata Jackson. "[Bicarakan tentang] tujuan Anda dan lihat bagaimana tujuan itu dapat digabungkan untuk menciptakan keseimbangan."

Sumber: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat29 Maret 2024, 06:00 WIB

6 Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung, Yuk Simak Apa Saja!

Berikut ini buah-buahan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - 6 Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung, Yuk Simak Apa Saja! (Sumber : pexels.com/Melike A.)
Science29 Maret 2024, 05:30 WIB

Sedia Payung! Prakiraan Cuaca Jabar 29 Maret 2024 Didominasi Hujan Saat Siang

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024 (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi29 Maret 2024, 04:06 WIB

Buka Jalur Darurat di Dekat Jalan Amblas, Warga Simpenan Sukabumi Patungan Sewa Lahan

Warga Desa Mekarasih Simpenan Sukabumi patungan menyewa lahan agar bisa memakai dan membuka jalan darurat di dekat jalan yang amblas.
Jalan alternatif penghubung Kecamatan Warungkiara dan Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi amblas pada Jumat (15/3/2024) (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 04:00 WIB

9 Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental

Meskipun tidak semua orang harus bangun pagi untuk merasakan manfaat kesehatan ini. Akan tetapi, bagi banyak orang, bangun pagi secara konsisten dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.
Ilustrasi. Bangun Tidur. Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi29 Maret 2024, 03:21 WIB

Terekam CCTV, Dua Pria Beraksi Pecah Kaca Mobil Lalu Gondol Tas Sekolah di Brawijaya Sukabumi

Waspada, korban pecah kaca mobil yang terekam CCTV ini mengaku sudah kedua kalinya mengalami kejadian serupa di Brawijaya Sukabumi.
Tangkapan layar video CCTV dua pria beraksi pecah kaca mobil di Jalan Brawijaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel29 Maret 2024, 03:00 WIB

Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri

Yuk Recook Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri!
Ilustrasi. Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri. Sumber Foto : Instagram/@sukabikinkue
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)