Light Dark

Pengen Sukses Berkarir? Kuasai 5 Interpersonal Skill Berikut Ini

Gaya Hidup | 20 Jan 2021, 20:12 WIB

Pengen Sukses Berkarir? Kuasai 5 Interpersonal Skill Berikut Ini

Gaya Hidup | 20 Jan 2021, 20:12 WIB
Dua orang sedang berkomunikasi. | Unsplash

SUKABUMIUPDATE.com - Interpersonal Skill adalah sebuah kemampuan seseorang yang secara efektif dapat digunakan untuk berinteraksi dengan orang lain, baik terhadap teman hingga rekan kerja.

Tahukah kamu, dalam Interpersonal Skill ini, kita dilatih seni berkomunikasi untuk bagaimana kita sebagai manusia mampu membangun hubungan yang harmonis dengan cara memahami dan merespon orang lain.

Khusus kamu juga nih yang sedang berusaha membangun Karir atau bisnis, Skill ini tuh wajib banget kamu miliki. Maka dari itu, simak baik-baik ya lima Interpersonal Skill yang wajib kamu kuasai berikut ini:

1. Mampu Mendengarkan

Banyak survei membuktikan bahwa orang yang memiliki kemampuan mendengar yang bagus bisa memiliki hubungan yang lebih baik dengan sesamanya.

Gak cuma sekedar mendengarkan percakapan, tapi juga bagaimana kamu bisa menerima sebuah pesan.

2. Memahami Informasi

Percaya atau engga, orang yang memahami informasi punya kesempatan lebih besar untuk sukses?

Karena memahami informasi berarti menguasai sumber daya. Memahami informasi membuat kamu menganalisis untuk bisa bertindak dengan tepat dan cepat.

3. Memelihara Hubungan Dengan Orang Lain

Hubungan baik dengan orang lain adalah hal yang sangat penting dalam dunia bisnis. Karena dengan memiliki jaringan pertemanan yang luas bisa mempermudah kamu dalam memasarkan bisnis.

4. Memberikan dan Menerima Feedback

Feedback sangat berguna bagi lawan bicara kamu, karena artinya kamu memahami apa yang disampaikan orang lain dan berusaha peduli pada informasi yang disampaikan. Berlaku juga saat kamu diberikan feedback oleh orang lain, mungkin dari feedback itu ada hal yang bisa kamu tingkatkan.

5. Membujuk dan Bernegosiasi

Bukan sekedar berkomunikasi secara persuasif. Tapi juga memperhatikan kebutuhan emosi dan ego orang lain. Agar lawan bicara kamu merasa dihargai ketika mau melakukan apa yang kamu inginkan.

Image

Muhammad Gumilang

Redaktur

Image

Muhammad Gumilang

Redaktur

Image

Reporter