Light Dark

Waspadai 5 Bahaya Tidur dengan Rambut Basah, Bisa Bikin Jerawatan

Gaya Hidup | 13 Jan 2021, 17:04 WIB

Waspadai 5 Bahaya Tidur dengan Rambut Basah, Bisa Bikin Jerawatan

Gaya Hidup | 13 Jan 2021, 17:04 WIB
Seorang perempuan sedang tertidur | Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Keramas merupakan aktivitas yang menyenangkan ketika mandi karena akan membuat Rambut terasa lebih segar. Setelah mandi dan berkeramas, tak jarang sebagian orang justru mengantuk. Namun Tidur setelah berkeramas bukanlah hal baik karena memberi dampak negatif bagi kepala dan kesehatan pada umumnya, salah satunya Jerawatan.

Berikut 5 bahaya Tidur ketika Rambut masih basah.

1. Infeksi jamur pada kulit kepala

Rambut yang basah dapat menjadi tempat reproduksi mikroorganisme. Tempat Tidur yang nyaman dan hangat menyebabkan kulit kepala juga menjadi lembab karena sirkulasi udara tertahan.

Kondisi itu menyebabkan jamur dan bakteri penyebab infeksi dapat berkembang biak dengan baik dan mengakibatkan kulit kepala menjadi terinfeksi dan iritasi.

2. Sakit kepala

Tidur dengan keadaan rambut masih basah juga menyebabkan sakit kepala. Hal ini dikarenakan bakteri penyebab infeksi dapat meningkatkan peredaran darah ke kulit kepala sebagai respon terhadap infeksi tersebut. Aliran darah yang meningkat dapat membuat kepala menjadi sakit.

Kelembaban kulit udara juga dapat mengganggu sirkulasi darah di kepala. Sakit kepala yang terasa pun dapat mengganggu kualitas tidur.

3. Masalah pada rambut

Tidur dalam keadaan rambut masih basah akan membuatnya menjadi lebih rapuh. Selain kerapuhan, ketombe juga akan menjadi masalah lain di kepala Anda yang menyebabkan gatal, kotor, dan menjadikan rambut tidak sehat.

Masalah lainnya yaitu rambut menjadi kering. Hal ini dikarenakan bantal tidak hanya menyerap air dari rambut yang basah tetapi juga menyerap minyak alami pada rambut.

Kondisi seperti ini akan menyebabkan rambut menjadi dehidrasi dan kering.

4. Muka berjerawat

Ketika tidur dengan rambut masih basah, bantal yang digunakan akan menjadi lembab karena menyerap air dari rambut. Bantal yang lembab ini menjadi tempat berkembang biak bakteri lalu menyebabkan muka yang bersentuhan dengan bantal akan terkena jerawat.

5. Menyebabkan pilek

Perubahan suhu tubuh yang terjadi saat tidur dalam keadaan rambut basah dapat membuat sistem kekebalan tubuh melemah akibat virus dan bakteri yang berkembang dalam kelembaban. Kondisi itu membuat pertahanan tubuh terserang dan dapat menyebabkan pilek. 

Itu 5 bahaya bila tidur dalam keadaan rambut masih basah. Maka dari itu, lebih baik keringkan rambut terlebih dahulu dan jangan langsung tidur agar masalah tersebut tidak terjadi.

Namun demikian, kondisi di atas juga akan berbeda pada setiap orang dikarenakan beberapa faktor, seperti kekuatan rambut dan kondisi kesehatan masing-masing individu.

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur

Image

Writer: Fanny Kartika

Reporter