Light Dark

Stop Mengeluh! Berikut 4 Tips Biar Kamu Lebih Banyak Bersyukur

Gaya Hidup | 08 Jan 2021, 18:00 WIB

Stop Mengeluh! Berikut 4 Tips Biar Kamu Lebih Banyak Bersyukur

Gaya Hidup | 08 Jan 2021, 18:00 WIB
Ilustrasi Mengeluh. | Unsplash

SUKABUMIUPDATE.com - Updaters yang sering banget Mengeluh segera sadar ya! Itu gak baik loh buat kamu, memang manusia itu mempunyai kecenderungan selalu tak pernah cukup dengan kondisinya saat ini. Coba deh kamu melihat kondisi di sekitar kamu, mungkin ada yang nasib nya tidak seberuntung kamu sekarang.

Tapi ingat juga ya! Kamu jangan jadi pribadi yang sombong dan arogan, tetap rendah hati dan seperti topik besar dalam tulisan ini, jangan lupa untuk Bersyukur. Nah, kali ini kami akan memberikan tips biar kamu tidak gampang Mengeluh dengan cara mengingat hal-hal berikut:

1.  Mengeluh tak akan menyelesaikan masalah

Coba deh kamu merenung, ketika kamu mengeluh jatuhnya banyak energi yang keluar secara percuma kan? Lagian dengan mengeluh, gak akan bisa menyelesaikan segala permasalahan dalam hidupmu. 

Caranya adalah kamu harus berpikir dengan bijak dan tenang dalam menyikapi segala masalah di kehidupan, ingatlah dan yakin bahwa segala permasalahan itu ada solusinya, yang penting kita harus sabar dan percaya akan menemukan jawabannya. 

2. Flashback ke belakang, kamu sudah pernah berhasil melewati masa-masa sulit itu kan?

Hidup takan seru jika tak ada masalah, setiap masalah juga bermacam-macam jenisnya, kadang berat dan ringan. Tapi coba deh kamu ingat-ingat lagi masa-masa dimana ketika kamu dulu dihadapkan terhadap sebuah masalah, lalu seiring berjalannya waktu, kamu sudah berhasil melewati rintangan itu kan?

Jadi, yakinlah bahwa hidup ini takan selamanya manis dan lurus, pasti bakal penuh dengan lika-liku tinggal bagaimana caranya kamu menghadapi segala masalah itu dan yakinlah bahwa semua akan indah pada akhirnya.

3. Stop mengeluh! Perbanyaklah Bersyukur

Mengeluh itu membuat kamu capek hati loh, mending kamu salurkan ke hal-hal yang lebih bermanfaat, salah satunya adalah Bersyukur

Coba deh kamu tengok orang lain di sekitarmu, sebetulnya mereka semua juga memiliki masalahnya masing-masing dan bukan hanya kamu seorang saja yang seolah-olah memiliki permasalahan terbesar di dunia ini.

Sadarlah bahwa semua hal yang sebenarnya kamu dapatkan dan rasakan saat ini adalah sebuah anugerah dari Tuhan. Coba renungkan, sudah berapa banyak hal yang telah kamu lakukan dan dapatkan selama hidup ini, pasti begitu banyak dan terkadang kamu lupa kapan terakhir kali bersyukur atas apa yang telah kamu dapatkan atau kamu miliki.

4. Merasa belum cukup? Coba deh liat banyak banget orang lain yang sebetulnya pengen mempunyai apa yang kamu punya sekarang

Misalnya kita ambil contoh, kamu mengeluh karena pekerjaan kamu yang kamu kerjakan saat ini dirasa belum cukup penghasilannya, tapi kenyataannya ada ribuan bahkan jutaan orang yang sulit mendapatkan pekerjaan atau menganggur hingga saat ini.

Contoh lainnya, kamu merasa pakaian atau ponsel yang kamu gunakan saat ini ketinggalan tren, tapi coba deh kamu tengok orang lain yang nasibnya tidak seberuntung kamu, mereka bahkan harus berusaha sekuat tenaga keluar keringat dan air mata untuk sesuap nasi saja.

Image

Gumilang

Redaktur