Light Dark

Cegah Tanaman Hias Malah Mati di Musim Hujan, Tips Agar Tetap Segar

Gaya Hidup | 06 Dec 2020, 07:00 WIB
Tanaman hias sering busuk saat musim hujan | ISTIMEWA

SUKABUMIUPDATE.com - Merawat tanaman hias punya tantangan tersendiri saat musim penghujan seperti saat ini. Memang tanaman butuh air tapi salah rawat, banyak tanaman hias yang malah mati, busuk akibat terlalu banyak terpapar air hujan.

"Selama musim dingin tanaman hias kami mati, tidak aktif dan seolah tertidur. Ini karena cuaca yang dingin, udara menjadi lebih kering dan minim sinar matahari," ujar Angela Dobson, Pendiri Green & Wild, mengutip situs Metro beberapa waktu lalu.

Itulah mengapa saat musim dingin atau musim hujan, kita tidak perlu menyiram tanaman secara berlebihan. Jangan menyamakan intensitas siraman air seperti saat musim panas atau musim semi, dan menyebabkan tanaman hias mati.


Advertisement

"Penting untuk mengurangi intensitas siraman air selama musim dingin, untuk mencegah akar tanaman yang membusuk, tapi cobalah tingkatkan kelembapan tanaman dan letakkan tanaman hias di kamar mandi," tutur Angela.

Sehingga alih-alih membuat tanaman mati karena terlalu banyak menerima air, lebih baik tempatkan tanaman di kamar mandi. Angela juga menjelaskan beberapa tanaman kerap sensitif terhadap dingin. Jadi pastikan tanaman dijauhi dari sumber hembusan angin.

Ingat bahwa tanaman sangat suka terhadap cahaya matahari, sehingga bantu tanaman untuk mendapatkan lebih banyak cahaya matahari, seperti letakkan tanaman hias dekat jendela. Jika Anda termasuk orang yang malas merawat tanaman, pastikan memilih tanaman yang 'tahan banting' alias mereka sangat kuat dan bisa bertahan di berbagai cuaca.


Advertisement

"Lakukan riset jika ingin membeli tanaman baru, khususnya cari tanaman yang lebih kuat untuk bertahan hidup seperti Devil's Ivy (sirih gading). Dinamakan Devil (iblis) karena tanaman ini sangat sulit untuk mati," tutup Angela.

SUMBER: SUARA.COM

 

Image

Fit NW

Redaktur

Image

Fit NW

Redaktur

Image

Reporter