Light Dark

Kulit Lebih Cerah dengan Minum Lebih Banyak Air, Ada 4 Manfaat Lain

Gaya Hidup | 02 Oct 2020, 00:00 WIB
Wanita minum air. | Freepik.com/Svetlanasokolova

SUKABUMIUPDATE.com - Banyak orang penasaran dengan rahasia perawatan kuilt pada selebriti. Di antaranya menyebutkan bahwa salah satu rahasia perawatan kulitnya adalah dengan banyak minum air. Tentu sebagian dari kita bertanya-tanya apakah Air membuat Kulit jadi lebih sehat? Jawaban singkatnya adalah tidak.

Atau, lebih tepatnya, tidak ada cukup bukti bahwa minum lebih banyak Air memiliki korelasi langsung dengan seberapa bagus penampilan Kulit Anda. Meskipun ada manfaat kesehatan yang pasti dari Air minum, Air tidak secara langsung melembapkan Kulit Anda seperti pelembab. Dan itu karena cara air bergerak ke seluruh tubuh kita.

Ketika Air memasuki mulut Anda, Air mengalir melalui kerongkongan sebelum menuju ke perut Anda, di mana sebagian besar diserap, sebelum memasuki usus kecil Anda, yang kemudian masuk ke aliran darah Anda, sehingga sel-sel dan organ-organ Anda yang lain membutuhkan hidrasi untuk menjalankan fungsi sehari-hari.

Agar jernih (seperti cairan yang dimaksud di sini), Anda tetap harus memastikan bahwa Anda minum cukup Air agar tubuh Anda berfungsi secara optimal. Melakukannya dapat memiliki efek tidak langsung pada Kulit Anda karena membantu membuang racun dan limbah dari tubuh Anda dan membantu sirkulasi dan mendapatkan oksigen dan nutrisi ke sel-sel Kulit Anda. Anda tidak perlu minum Air dalam jumlah berlebih untuk mendapatkan Kulit yang lebih bersih.

Mengenai jumlah Air yang "tepat" untuk diminum setiap hari, jawabannya sedikit lebih rumit daripada rekomendasi delapan gelas yang sering dikutip, karena ada banyak faktor lain yang perlu dipertimbangkan seperti usia, berat badan, tingkat aktivitas fisik, iklim tempat Anda tinggal dan berapa banyak Air yang Anda dapatkan dari sisa makanan Anda.

Jadi daripada berfokus pada jumlah, Anda harus minum Air setiap kali Anda haus, minum lebih banyak Air saat Anda lebih banyak berkeringat, dan memasukkan banyak makanan kaya Air seperti buah-buahan dan sayuran dalam Diet Anda secara keseluruhan.

Berikut ini alasan terhidrasi dapat membantu Anda tetap sehat

1. Meningkatkan metabolisme

Menurut sebuah studi di Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, meminum sekitar 20 ons Air saat perut kosong dapat meningkatkan laju metabolisme hingga 30 persen, seperti dilansir dari laman Purewow. Mulailah pagi Anda dengan segelas penuh untuk membantu menempatkan tubuh Anda pada jalur menuju pencernaan yang lebih efisien untuk sisa hari Anda.

2. Membersihkan racun

Racun didefinisikan secara longgar di sini sebagai segala sesuatu yang tersisa yang tidak digunakan atau dibutuhkan oleh tubuh Anda. Zat-zat ini paling baik dihilangkan melalui keringat, urin, dan tinja — yang semuanya membutuhkan cairan yang cukup agar terjadi. Air menjaga usus kecil Anda tetap terhidrasi dan ginjal Anda tetap sehat. 

3. Menjaga pencernaan

Sebab itu, Air diperlukan untuk menjaga agar hal-hal tetap mengalir melalui saluran pencernaan Anda untuk mencegah sembelit. Ketika tidak ada cukup Air yang tersedia, feses menjadi kering dan lebih sulit untuk keluar dari usus besar, mengakibatkan sembelit yang menakutkan.

4. Menjaga kesehatan otak 

Menurut sebuah studi tahun 2019, penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi memiliki "efek negatif pada kekuatan, pengaruh terkait harga diri, memori jangka pendek, dan perhatian" dan, "rehidrasi setelah suplementasi Air meningkatkan kelelahan, TMD, memori jangka pendek, perhatian, dan reaksi." Masuk akal mengingat Air membentuk 75 persen otak.

Sumber: Tempo.co

Image

Koko Muhamad

Redaktur

Image

Koko Muhamad

Redaktur

Image

Reporter