Sarapan Bikin Berat Badan Naik? Simak Kata Ahli Gizi

Kamis 24 September 2020, 16:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sarapan berfungsi sebagai zat pembangun sepanjang hari. Namun masih ada yang mengganggap sarapan berpotensi menaikkan berat badan, sehingga masih banyak yang melewatkannya. 

Ahli Gizi Emilia E Achmadi mengatakan yang membuat kita kelebihan berat badan adalah saat energi yang masuk lebih banyak daripada energi yang dikeluarkan dari aktivitas dalam sehari. 

"Tubuh manusia membutuhkan regularitas asupan makanannya secara berkala. Kalau tidak ada lagi yang masuk maka terjadi gula darah menurun justru akan membuat kita gragas makan dengan kandungan gula dan lemak tinggi. Pada saat itu terjadi akan ada hormon lain yang tugasnya menurunkan metabolisme," ujar Emilia dalam peluncuran virtual Greenfields Milk Jersey, Rabu 23 September 2020.

Jika makan tidak teratur, makan pilihan makan tidak ideal. Ditambah tidak olahraga justru sebetulnya menyebabkan berat badan naik semakin mudah. Kata kuncinya ialah regularitas, sumber energi baru dalam bentuk dan jumlah yang tepat.

"Kalau pun sarapan itu baik dan sehat, perhatikan nutrisi yang kita makan Kalau yang kita makan teh kemasan dan gorengan nah itu hanya menyumbang kalori dan malah bikin masalah," seloroh Emilia.

Menurut Emilia sarapan yang sehat mengandung kualitas protein yang tinggi misal telur dan susu, mengandung karbohidrat sederhana yang berkualitas seperti roti gandum, dan karbohidrat kompleks seperti buah potong. Komponen sarapan seperti itu yang akan membantu berat badan tetap terjaga.

"Belum lagi saat ini, banyak orang yang memandang lemak sebagai kandungan yang tidak baik untuk tubuh. Sama seperti kandungan lainnya, terlalu banyak lemak memang tidak baik untuk tubuh kita," ucap Emilia.

Namun sebenarnya, lemak itu kandungan yang penting untuk tubuh menyerap vitamin, terutama vitamin A dan D. Kalau ingin mengurangi kandungan lemak pada makanan, akan lebih baik jika mengurangi dari camilan-camilan seperti kacang atau gorengan.

Selain itu, sebagai konsumen sebaiknya bijak dalam memilih makanan yang akan kita masukkan ke dalam tubuh. Pilihlah makanan-makanan yang bernutrisi dan memiliki kandungan-kandungan baik untuk tubuh. Salah satunya ialah memilih sarapan susu sapi segar yang menjadi salah satu sumber gizi terbaik untuk keluarga, orang dewasa maupun anak-anak.

Susu sapi segar mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang, protein untuk membangun otot, vitamin & mineral yang dapat memperkuat daya tahan tubuh. Susu sapi segar juga merupakan salah satu sumber vitamin D yang alami yang aman untuk dikonsumsi setiap hari.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life18 April 2024, 10:30 WIB

6 Bahaya Besar Jika Orang Tua Terlalu Memanjakan Anak, Bisa Jadi Durhaka?

Bahaya memanjakan anak sangat buruk bagi perkembangan mental dan karakternya. Itu sebabnya kebiasaan tersebut perlu dihindari.
Ilustrasi. Bahaya memanjakan seorang anak. Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi18 April 2024, 10:26 WIB

Jadi Musuh Petani, Ketika Babi Hutan Diserang Anjing Pemburu di Puncak Buluh Sukabumi

Pasukan anjing berburu diturunkan hingga ke dalam hutan Leuweung Kiarajegang.
Tangkapan layar saat pasukan anjing pemburu menyerang babi hutan di Puncak Buluh, Desa Karanganyar, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life18 April 2024, 10:00 WIB

9 Ciri Orang yang Tidak Gampang Stres dan Hidupnya Selalu Bahagia, Apa Kamu Termasuk?

Meskipun tidak mudah, menjadi orang yang tidak mudah stres adalah kemampuan yang dapat dipelajari dan diperkuat melalui latihan dan kesadaran diri.
Ilustrasi - Meskipun tidak mudah, menjadi orang yang tidak mudah stres adalah kemampuan yang dapat dipelajari dan diperkuat melalui latihan dan kesadaran diri.  (Sumber : unsplash.com/Elsa Tonkinwise)
Sukabumi18 April 2024, 09:48 WIB

Diduga Overdosis! Anak Jalanan Tewas di Sukaraja Sukabumi, Ini Identitasnya

Dedi menyebut korban diduga overdosis setelah mengonsumsi obat-obatan.
Anak jalanan yang ditemukan tewas di sebuah jongko dagangan milik warga di Cimahpar, Desa/Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Kamis (18/4/2024). | Foto: Istimewa
Inspirasi18 April 2024, 09:30 WIB

Lowongan Kerja Jawa Barat Lulusan S1, Usia Maksimal 27 Tahun

Berikut Informasi Lengkap Lowongan Kerja di Jawa Barat untuk Lulusan S1, Usia Maksimal 27 Tahun
Lowongan Kerja Jawa Barat Lulusan S1, Usia Maksimal 27 Tahun (Sumber : Istimewa)
Sehat18 April 2024, 09:00 WIB

Mau Tahu Kadar Gula Darah Normal Setelah Makan? Penderita Diabetes Yuk Simak Disini!

Kadar gula darah yang normal penting bagi penderita diabetes tipe 1 atau tipe 2.
Ilustrasi - Kadar gula darah yang normal penting bagi penderita diabetes tipe 1 atau tipe 2. (Sumber : pexels.com/@Nataliya Vaitkevich)
Bola18 April 2024, 08:42 WIB

Klasemen Liga 1: Persib Bandung Dipastikan Lolos ke Championship Series

Hasil ini membuat Persib Bandung tak akan mungkin keluar dari posisi empat besar.
Pemain Persib Bandung. | Foto: Persib.co.id
Kecantikan18 April 2024, 08:00 WIB

8 Basic Skincare yang Wajib Dimiliki Pemula, Cleanser hingga Moisturizer

Inilah Basic Skincare yang Wajib Dimiliki Pemula, Ada Cleanser hingga Moisturizer.
Basic Skincare yang Wajib Dimiliki Pemula, Cleanser hingga Moisturizer  (Sumber : Freepik.com)
Life18 April 2024, 07:00 WIB

9 Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres

Yuk Lakukan Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres Berikut Ini!
Ilustrasi - Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres. (Sumber : pexels.com/@Leah Kelley)
Food & Travel18 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Pepaya untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 6 Langkahnya!

Berikut Cara Membuat Air Rebusan Daun Pepaya untuk Menurunkan Gula Darah, Coba Ikuti 6 Langkahnya!
Ilustrasi. Daun pepaya - Manfaat Air Rebusan Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Menurunkan Gula Darah. | (Sumber : Pixabay.com)