Pasta Gigi Arang Efektif untuk Memutihkan atau Membersihkan Noda?

Kamis 24 September 2020, 18:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Arang kini digunakan dalam perawatan gigi dan mulut. Penggemar pasta gigi yang diresapi arang mengklaim bahwa pasta gigi ini memutihkan gigi dan menyegarkan napas lebih baik daripada jenis pasta gigi yang umum. Arang bahkan digunakan dalam segala hal mulai dari suplemen pil untuk masker wajah. Tetapi penelitian baru telah mempertanyakan apakah arang sebenarnya lebih berbahaya daripada manfaatnya bagi gigi Anda.

Biasanya ditemukan di filter air, arang aktif pada dasarnya adalah bentuk karbon yang diolah untuk membuat permukaan partikelnya berpori. Semua celah kecil itu bertindak seperti magnet untuk partikel lain seperti kotoran dan minyak yang disebutkan di atas yang diserapnya, memungkinkan semua zat yang tidak diinginkan itu tersapu saat arang dicuci.

"Pasta gigi arang aktif adalah kelahiran kembali dari teknik pengobatan kuno. Secara teori, pasta gigi ini mengikat segala sesuatu yang dilewatinya — noda, karang gigi, bakteri, virus, dan mungkin bahkan amandel Anda," jelas dokter gigi kosmetik Peter Auster seperti dilansir dari laman Harper's Bazaar. Arang sangat kuat sehingga menjadi biasa digunakan di rumah sakit dan ruang gawat darurat untuk merawat pasien yang menderita keracunan atau overdosis obat.

Sebuah tinjauan di British Dental Journal dari awal 2019 menemukan bahwa arang memberikan sedikit perlindungan terhadap kerusakan gigi, dan ada bukti ilmiah yang terbatas untuk mendukung klaim kesehatan lainnya. Faktanya, menambahkan bubuk arang ke pasta gigi justru bisa memperburuk keadaan. "Ketika digunakan terlalu sering pada orang dengan tambalan, dapat masuk ke dalamnya dan menjadi sulit untuk dikeluarkan," kata Dr. Joseph Greenwall-Cohen, salah satu penulis studi dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Manchester, kepada BBC. "Partikel arang juga bisa tersangkut di gusi dan mengiritasi."

Ada juga kekhawatiran tentang sifat abrasif arang, yang menurut beberapa orang dapat merusak enamel jika digunakan secara teratur, serta kecenderungan arang untuk menyerap segala macam hal yang bersentuhan dengannya, termasuk hal-hal baik seperti obat-obatan. Yang lain berpendapat bahwa arang tidak terlalu buruk untuk gigi, arang tidak akan berpengaruh banyak untuk senyum Anda dalam jangka panjang karena bahan aktifnya tidak bersentuhan dengan permukaan gigi dalam waktu yang cukup untuk memberikan efek pemutihan yang berarti. Lituchy menyarankan untuk berhati-hati jika Anda menggunakan pasta yang mengandung arang dan menyikat dengan sangat lembut untuk menghindari kerusakan pada permukaan email, yang dapat membuat gigi lebih rentan terhadap noda dalam jangka panjang.

Ulasan tersebut juga menunjukkan bahwa banyak pasta gigi yang mengandung arang dan pasta gigi alami diformulasikan tanpa fluorida, yang sangat disarankan oleh dokter gigi untuk mencegah kerusakan gigi. (Beberapa penelitian menunjukkan bahwa aplikasi topikal fluorida mungkin pada akhirnya lebih efektif daripada menelannya melalui air minum.) Namun, jika Anda tinggal di daerah dengan fluorida dalam air minum Anda dan duduk di kursi dokter gigi sekali atau dua kali setahun, Anda kemungkinan besar akan menyikat dengan baik menggunakan pasta gigi alami yang tidak berfluoride.

Arang aktif dapat digunakan sebagai suplemen untuk menyikat dengan pasta gigi biasa bagi orang-orang yang menginginkan senyum yang lebih putih, tetapi tidak dapat digunakan sebagai pengganti,” kata Lituchy. "Pasta gigi biasa memberi kita fluorida yang kita butuhkan untuk melawan kerusakan gigi, jadi penting untuk menyimpannya sebagai bagian dari rejimen harian."

Ada perbedaan antara menghilangkan noda di permukaan dan memutihkan. Noda permukaan, juga dikenal sebagai noda ekstrinsik, berasal dari penyebab umum: kopi, anggur merah, tembakau, dan makanan serta minuman berwarna gelap. Noda di hidup di lapisan enamel dan umumnya dapat dihilangkan dengan pasta gigi atau perawatan pemutih permukaan. Noda intrinsik yang lebih dalam adalah pewarnaan gelap yang berasal dari dalam gigi, terkadang karena trauma, email yang lemah, jenis obat tertentu, dan bahkan penggunaan fluorida yang berlebihan. Pikirkan ini sebagai warna dasar gigi Anda; tidak peduli seberapa berdedikasi Anda untuk memutihkan permukaan, pencerahan utama warna gigi hanya bisa datang dari perawatan pemutihan yang menembus di bawah permukaan luar gigi.

“Saya merekomendasikan pasta gigi arang untuk menghilangkan noda di permukaan tetapi tidak untuk memutihkan gigi,” kata dokter gigi kosmetik Gregg Lituchy, menambahkan, “Memang sulit untuk benar-benar memutihkan gigi dengan pasta gigi, tetapi yang mengandung arang dapat menghilangkan noda di permukaan secara efektif.”

Adapun klaim tentang "detoksifikasi" mulut, sementara arang dapat mengangkat plak dan partikel makanan yang menyebabkan bau mulut, efeknya tidak akan jauh lebih dramatis daripada yang Anda dapatkan dengan pasta gigi lainnya. Tidak seperti hati dan ginjal Anda, gigi dan gusi tidak melakukan fungsi detoksifikasi tubuh, dan karena apa yang disebut racun umumnya tidak menempel di mulut Anda, tidak ada gunanya menggunakan pembersih gigi untuk membersihkan.

Bagi mereka yang peduli dengan obat penyerap arang, kabar baiknya adalah arang benar-benar hanya melakukan tingkat penyerapan yang signifikan ketika bersentuhan dengan obat-obatan di saluran pencernaan dalam waktu lama. Asalkan Anda membilas perawatan gigi arang daripada menelannya, sangat kecil kemungkinan arang aktif pada gigi Anda memengaruhi resep Anda.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat19 April 2024, 16:00 WIB

3 Cara Membuat Rebusan Bunga Telang untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

Bunga telang (Clitoria ternatea) telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes.
Ilustrasi - Bunga telang (Clitoria ternatea) telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers).
Sukabumi19 April 2024, 15:25 WIB

Inilah Finalis Terpilih Pasanggiri Mojang Jajaka Kabupaten Sukabumi 2024

Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi telah sukses menggelar acara Pasanggiri Mojang Jajaka tahun 2024
Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi menggelar Pasanggiri Mojang Jajaka Sukabumi 2024 | Foto : Ilyas Supendi
Inspirasi19 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Cleaning Service di Salah Satu Coffe di Kota Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Cleaning Service Lokasi Penempatan di Kota Sukabumi. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi19 April 2024, 14:48 WIB

Gaji Belum Dibayar, Buruh Pabrik Tripleks Mengadu ke Disnakertrans Sukabumi

Terdapat 89 buruh yang belum menerima gaji, baik berstatus aktif maupun non-aktif.
Buruh pabrik pengolahan kayu tripleks (plywood) saat mendatangi kantor Disnakertrans Kabupaten Sukabumi pada Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Opini19 April 2024, 14:36 WIB

Kartini Hari Ini: Refleksi Pemikiran Pemberdayaan Perempuan dalam Konteks Multikulturalisme

Pemikiran Kartini tentang emansipasi perempuan masih memiliki relevansi. Namun, dalam mengaplikasikan pemikiran tersebut, perlu dipertimbangkan juga konteks multikulturalisme yang menjadi realitas masyarakat Indonesia saat ini
Dr. Tetty Sufianty Zafar, MM, Dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi/Sekretaris Forum Doktor Sukabumi/Pembina Research & Literacy Institute | Foto : Sukabumi Update
Sehat19 April 2024, 14:30 WIB

7 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Kayu Manis : Rempah Asli Indonesia Satu Ini Ternyata Punya Sederet Manfaat untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui.
Ilustrasi - Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui. (Sumber : pexels.com/@Mareefe)
Sehat19 April 2024, 14:00 WIB

Selain untuk Gula Darah, Ini 10 Manfaat yang Luar Biasa dari Buah Mengkudu

Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.
Ilustrasi - Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. (Sumber : Pixabay.com/@ignartonosbg).
Sukabumi Memilih19 April 2024, 13:54 WIB

Politisi PKB Miftahul Janah Didukung Warga Maju Pilkada Kota Sukabumi

Sejumlah warga Kota Sukabumi yang tergabung dalam RMJ mendorong politisi PKB, Miftahul Janah Janah untuk maju menjadi calon walikota / wakil walikota Sukabumi.
Miftahul Janah, Politisi PKB didorong maju Pilkada Kota Sukabumi 2024 | Foto : Sy
Sehat19 April 2024, 13:30 WIB

Segini Kisaran Kadar Gula Darah Normal Pada Lansia 50 Tahun ke Atas Setelah Makan

Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia.
Ilustrasi - Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia. (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life19 April 2024, 13:00 WIB

6 Cara Menghilangkan Sifat Iri Dengki Dalam Diri Agar Hidup Tenang dan Damai

Menghilangkan sifat iri dan dengki memang harus dalam hidup. Sebab hal demikian untuk hidup lebih tenang dan damai.
Ilustrasi. Cara menghilangkan sifat iri dengki. Sumber Foto : Pexels/Liza Summer