Teh Barley Kaya Antioksidan, Cocok untuk Diet Hingga Redakan Gejala Menopause

Minggu 20 September 2020, 00:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Teh barley populer di kawasan Asia Timur. Teh ini memiliki cita rasa panggangan dan sedikit pahit, yang kadang dipakai dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Teh barley dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari Tempo.co, barley adalah biji-bijian yang biasa digunakan untuk bahan memasak maupun pelengkap makanan. Biji kering barley kerap digiling menjadi tepung sebelum kemudian diolah menjadi masakan. Kaya akan serat barley sering dipakai menjadi bahan-bahan pembuat sereal, roti, hingga minuman beralkohol.  

Tidak hanya dimakan, biji barley juga dapat dibuat menjadi teh. Kebanyakan orang biasanya menyeduh biji barley yang sebelumnya sudah dipanggang terlebih dahulu untuk menjadi teh. Kantong teh berisi barley panggang biasanya juga dijual dalam toko-toko yang berada pada kawasan Asia Timur.

Teh barley mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Sejumlah nutrisi yang terkandung dalam teh barley antara lain vitamin B dan mineral seperti zat besi, mangan, serta zinc. Meskipun begitu, hingga saat ini belum diketahui pasti seberapa banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya. Teh barley juga dipercaya mempunyai manfaat untuk mengatasi diare, kelelahan, dan peradangan. Namun, hingga kini belum ada satu penelitian pun yang menyetujui klaim tersebut.

Menurut hasil penelitian, berikut ini manfaat teh barley

1. Cocok untuk diet

Hanya mempunyai sedikit kandungan kalori dan karbohidrat, teh barley cocok diminum bagi Anda yang tengah diet. Kandungan kalori dan karbohidrat dalam teh barley tidak akan memengaruhi kebutuhan harian Anda secara signifikan, asalkan diminum dalam porsi yang cukup. Selain itu, Anda sebaiknya tidak menambahkan susu, krim, atau pemanis jika ingin meminum teh barley saat diet.

2. Mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas

Kaya akan kandungan antioksidan, teh barley membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Beberapa antioksidan yang ada dalam teh barley seperti asam klorogenat dan vanillic. Antioksidan yang terkandung dalam teh barley ini memberi efek antiradang.Selain itu, teh barley juga mempunyai kandungan antioksidan quercetin. Antioksidan ini mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kesehatan jantung, tekanan darah, dan kesehatan otak.

3. Memiliki potensi untuk melawan kanker

Teh barley memiliki potensi untuk mencegah kanker berkat kandungan antioksidannya. Menurut studi di China, disebutkan bahwa semakin rendah konsumsi barley pada suatu daerah, semakin tinggi angka kematian yang muncul akibat kanker.Meskipun begitu, hal ini bukan berarti kanker disebabkan oleh tingkat konsumsi barley yang rendah. Masih banyak penelitian yang harus dilakukan untuk mengetahui tentang potensi teh barley untuk mencegah penyakit kanker.

4. Mengatasi pengentalan darah

Ketika memiliki konsistensi yang sangat kental, sirkulasi darah akan menjadi terhambat dan memicu munculnya masalah kesehatan. Menurut studi yang diterbitkan Journal of Nutritional Science and Vitaminology, teh barley disebut dapat meningkatkan fluiditas darah. Hal ini tentunya akan membuat sirkulasi darah yang sebelumnya terhambat menjadi lebih lancar.

5. Memiliki sifat antibakteri

Kerusakan gigi dapat disebabkan oleh bakteri bernama Streptococcus. Teh barley disebut dapat membantu mencegah kolonisasi bakteri itu. Hal tersebut didukung oleh penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, di mana teh dari barley yang dipanggang dapat menghilangkan bakteri Streptococcus.

6. Meredakan gejala menopause

Memiliki sifat karminatif, meminum teh barley dapat membantu mengatasi gejala menopause seperti berkeringat di malam hari dan hot flashes. Selain itu, mengonsumsi teh ini juga membantu menenangkan saraf.

7. Mengurangi kolesterol

Kandungan nutrisi dalam teh barley bisa membantu mengatur kadar gula darah. Selain itu, mengonsumsi teh barley juga menurunkan kadar kolesterol jahat yang tentunya baik untuk kesehatan jantung Anda.

8. Membantu mengatasi flu

Meminum teh barley secara rutin dapat membantu mencegah Anda terserang pilek dan gejalanya. Jika Anda merupakan penderita asma atau bronkitis, mengonsumsi teh ini dapat membantu membersihkan sumbatan dan dahak. Selain itu, sakit tenggorokan dan hidung tersumbat juga bisa diredakan dengan minum teh barley. 

9. Mengurangi risiko terkena kanker prostat

Teh barley mempunyai kandungan selenium di dalamnya. Selenium merupakan nutrisi yang memiliki peranan penting dalam hal kesuburan pria. Selain menjaga kesuburan, meminum teh barley juga dapat membantu menjaga prostat tetap sehat.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life27 April 2024, 09:30 WIB

5 Manfaat Bangun Subuh Bagi Mental dan Fisik, Nomor 3 Bisa Anda Rasakan Sendiri

Secara umum, bangun subuh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik, mental, dan spiritual.
Secara umum, bangun subuh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik, mental, dan spiritual.| Sumber: Freepik.com (jcomp)
Sehat27 April 2024, 09:00 WIB

Cara Membuat Teh Serai yang Kaya Antioksidan untuk Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Teh serai menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.
Ilustrasi - Teh serai menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Sehat27 April 2024, 08:45 WIB

5 Manfaat Kesehatan Teh Hijau untuk Program Diet yang Jarang Diketahui

Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan.
Ilustrasi - Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan. (Sumber : Pixabay.com/arum33).
Inspirasi27 April 2024, 08:12 WIB

LW Doa Bangsa Sosialisasikan Wakaf dalam Acara Temu Rembug PPPH Kabupaten Kuningan

Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan
Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan (Sumber : Istimewa).
Sehat27 April 2024, 08:00 WIB

6 Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak

Berikut Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Mendukung Kecerdasan Anak. Ayah Bunda Yuk Simak!
Frittata, Olahan Telur. Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak (Sumber : via tastyfitnessrecipes)
Life27 April 2024, 07:00 WIB

Lakukan Sekarang! 7 Kebiasaan Positif di Pagi Hari yang Akan Membentukmu Menjadi Orang Sukses

Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.
Ilustrasi. Membaca Buku | Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.(Sumber : pixabay.com/@455992)
Inspirasi27 April 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 April 2024, Yuk Cek Dulu Sebelum Jalan-jalan di Akhir Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari