Pentingnya Mengetahui Tanggal Kedaluwarsa pada Produk Pembersih

Minggu 16 Agustus 2020, 21:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Jika Anda mencermati persediaan produk pembersih, Anda akan melihat bahwa banyak di antaranya dicetak dengan tanggal kedaluwarsa. Tetapi jika jujur saja, kebanyakan dari kita mungkin tidak memeriksa cetakan kecil ini.

Dilansir dari Tempo.co, jika lain kali Anda akan melakukan pembersihan besar-besaran, periksa tanggal kedaluwarsa atau tanggal pembuatan botol pemutih, semprotan pembersih, dan cairan pencuci piring yang telah Anda simpan di lemari selama bertahun-tahun.

Namun jika Anda menemukan produk-produk tersebut sudah melewati tanggal kedaluwarsa, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk membuangnya dengan aman. 

Menurut Brian Sansoni, wakil presiden senior komunikasi, penjangkauan & keanggotaan di American Cleaning Institute (ACI), seperti banyak produk yang dibeli di toko bahan makanan, produk pembersih dapat menurun seiring waktu. "Sekalipun mengandung pengawet, itu tidak berarti produk itu bertahan selamanya. Saat mulai rusak, hal itu mungkin mempengaruhi seberapa baik enzim bekerja atau mengubah pH, sehingga produk menjadi kurang efektif," ujarnya seperti dilansir dari laman Real Simple. 

Setelah produk pembersih kedaluwarsa, beberapa klaim yang dibuat oleh produk tersebut, seperti persentase kuman yang dimatikan pada suatu permukaan, mungkin tidak berlaku lagi. Semprotan pembersih permukaan dan cairan pencuci piring yang kadaluwarsa kemungkinan tidak akan merusak permukaan yang dimaksudkan untuk digunakan, tetapi tidak akan membersihkan secara efektif. Anda mungkin harus menggunakan lebih banyak produk atau membersihkan lebih lama untuk mendapatkan hasil yang sama.

"Namun, dalam hal disinfektan dan hand sanitizer, harus dalam masa simpan yang tepat untuk mendapatkan efek yang diinginkan. Ini sangat penting sekarang, karena kita melawan virus corona," kata Sansoni. Pastikan untuk memeriksa ulang tanggal kedaluwarsa pada disinfektan dan pembersih tangan dan menggantinya sesuai kebutuhan.

Cara termudah untuk mengetahui apakah produk pembersih Anda kedaluwarsa adalah dengan memeriksa tanggal yang tercetak di botol atau kotak. Jika tidak ada tanggal kedaluwarsa, mungkin ada tanggal pembuatan — gunakan panduan umum di bawah ini untuk menentukan apakah produk tersebut kedaluwarsa.

- Pemutih: Setelah dibuka, pemutih memiliki umur simpan yang sangat pendek dan mulai menjadi kurang efektif setelah 6 bulan.

- Semprotan pembersih multi-permukaan: Sebagian besar semprotan pembersih akan bertahan selama 2 tahun.

- Deterjen piring: Sekitar 1 tahun sampai 18 bulan.

- Deterjen laundry: Tahan selama 6 bulan hingga 1 tahun setelah dibuka.

- Semprotan desinfektan: Sekitar 2 tahun setelah tanggal pembuatan.

- Hand sanitizer: periksa tanggal kedaluwarsa pada botol — paling lama selama 2 hingga 3 tahun.

Jangan lupa ketika Anda membuka produk pembersih baru, gunakan spidol permanen untuk memberi tanggal sehingga Anda tidak perlu bertanya-tanya berapa lama produk tersebut dibuka.

Sansoni menambahkan tanggal kedaluwarsa memberi tahu Anda berapa lama umur simpan dalam kondisi tertentu, misalnya pada suhu kamar, disimpan di luar sinar matahari langsung dan lainnya. Jika Anda menyimpan hand sanitizer dalam mobil yang panas, bahan ini bisa kehilangan khasiat lebih cepat dan mungkin mengandung kurang dari 60 persen alkohol, jumlah yang diperlukan agar cukup efektif menurut CDC, bahkan sebelum mencapai tanggal kedaluwarsanya. Jadi, simpan perlengkapan pembersih Anda di tempat yang sejuk dan kering untuk membantunya bertahan lebih lama.

Selain itu, jika Anda menemukan produk pemutih berusia puluhan tahun di bagian belakang lemari pembersih Anda, bagaimana cara membuangnya dengan aman? Sejumlah kecil biasanya dapat diencerkan dalam air dan dituangkan ke wastafel. Untuk jumlah yang lebih besar, periksa apakah ada petunjuk pembuangan yang tercetak di wadah. Jika tidak, hubungi fasilitas pembuangan limbah berbahaya setempat untuk mendapatkan rekomendasi mereka.

Ingatlah bahwa bahan kimia pembersih tertentu tidak boleh digabungkan — seperti pemutih dan amonia — dan hal itu juga berlaku saat membuangnya. Menuangkan bahan kimia ini ke wastafel pada saat yang sama dapat menciptakan gas beracun.

sumber: tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Food & Travel30 Maret 2024, 10:10 WIB

Ide Lauk Nasi, Resep Sayur Asem Rumahan Ala Rudy Choirudin Cocok untuk Sajian Sahur

Sayur Asem Rumahan memang memiliki cita rasa yang beda dari Sayur Asem yang ada di resto ataupun rumah makan.
Sajian sahur yang sederhana dan nikmat, resep Sayur Asem Rumahan ala Rudy Choirudin. | Foto: YouTube/Galeri Rasa Channel
Life30 Maret 2024, 10:05 WIB

Penuh Rasa Syukur, Ini 7 Cara Ampuh Hilangkan Kebiasaan Mengeluh

Dalam proses mengubah kebiasaan mengeluh, kita juga perlu membahas tantangan yang mungkin muncul dan bagaimana mengatasinya.
Ilustrasi. Putus Asa. Penuh Rasa Syukur, Coba Sederet Cara Ampuh Hilangkan Kebiasaan Mengeluh Berikut. Sumber : pixabay/life
Food & Travel30 Maret 2024, 10:04 WIB

Resep Perkedel Kentang Ala Rudy Choirudin Nikmat dan Lembut, Cocok Jadi Sajian Ramadan

Perkedel Kentang menjadi salah satu hidangan favorit banyak orang.
Perkedel Kentang yang nikmat ala Rudy Choirudin. | Foto: YouTube/Galeri Rasa Channel
Life30 Maret 2024, 10:00 WIB

Ekspresi Fisik yang Tidak Ramah, 10 Ciri-ciri Orang yang Membenci Kita Diam-diam

Beberapa ciri akan menunjukan seseorang yang sebenarnya membenci kita diam-diam.
Ilustrasi - Beberapa ciri akan menunjukan seseorang yang sebenarnya membenci kita diam-diam. | Sumber: Freepik.com (user15285612)
Sukabumi Memilih30 Maret 2024, 09:58 WIB

PKB dan Gerindra Koalisi di Pilkada Sukabumi? Sinyal Politik dalam Kemasan Buka Bersama

Yudha menekankan pentingnya kolaborasi PKB dan Partai Gerindra untuk Sukabumi.
Silaturahim dan buka bersama DPC PKB dan Partai Gerindra Kabupaten Sukabumi di Gedung Graha Hasim Adnan, Desa Cibunarjaya, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi, Jumat (29/3/2024). | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Life30 Maret 2024, 09:54 WIB

Awas 4 Dampak Sering Tidur Saat Bulan Puasa, Lelah Tapi Tidak Sehat!

Tidur yang terlalu lama juga dapat menyebabkan Anda kehilangan waktu untuk beribadah di waktu yang tepat. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas ibadah Anda sepanjang bulan Ramadan.
Ilustrasi. Tidur Pulas. Cek Dampak Sering Tidur Saat Bulan Puasa Sumber : pixabay/ @pixabay/fasting
Life30 Maret 2024, 09:45 WIB

Jarang Disadari! Ternyata 6 Hal Kecil Ini yang Membuat Orang Lain Menjauhimu

Ada beberapa ciri mengapa orang lain menjauhimu meski itu adalah teman-teman dekatmu.
Ilustrasi - Ada beberapa ciri mengapa orang lain menjauhimu meski itu adalah teman-teman dekatmu. | Sumber: Freepik.com (user15285612)
Sehat30 Maret 2024, 09:40 WIB

7 Manfaat Semangka untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Artikel ini akan membahas berbagai manfaat buah semangka untuk kesehatan.
Ilustrasi. Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan. Sumber : pixabay/ @pixabay/watermelon
Sukabumi30 Maret 2024, 09:37 WIB

Konvoi Bawa Bendera dan Geber Kendaraan, Geng Motor Sukabumi Team Ditangkap di Cicurug

Mereka menggeber kendaraannya sambil mengibarkan bendera di sepanjang jalan.
Puluhan remaja anggota geng motor saat berada di Mapolsek Cicurug, Polres Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life30 Maret 2024, 09:30 WIB

Mau Tahu Ciri-ciri Orang yang Iri dengan Pencapaianmu? Simak Disini

Orang yang iri dengan pencapaian seseorang terkadang akan menunjukan sikap yang sangat berdeba.
Ilustrasi. Orang yang iri dengan pencapaian seseorang terkadang akan menunjukan sikap yang sangat berdeba. (Sumber : Freepik/@teksomolika)