Cara Terbaik Cairkan Daging Beku agar Terhindar dari Bakteri

Kamis 11 Juni 2020, 06:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Daging beku harus diolah menjadi makanan, ketahuilah mencairkan es-nya tidak harus rumit. Dilansir dari tempo.co, sebelum memulai pencairan es di daging, pastikan Anda tidak membuat kesalahan yang dapat mengacaukan kesegaran daging dan membahayakan kesehatan.

Berikut dua kesalahan pengolahan daging beku dan strategi pencairan yang lebih aman, seperti dilansir Livestrong.

Membiarkan daging beku di meja dapur

Mencairkan daging pada suhu kamar adalah teknik pencairan yang paling praktis sekaligus tak tepat.

"Daging dan semua makanan yang mudah busuk tidak boleh dicairkan di atas meja dan tidak boleh dibiarkan pada suhu kamar selama lebih dari dua jam," kata ahli diet sekaligus koki Julie Harrington.

Pada lingkungan yang lebih hangat, yakni suhu sekita 32 derajat Celcius atau lebih, makanan tidak boleh berada di luar kulkas selama lebih dari 1 jam.

"Ketika makanan mulai mencair dan menjadi lebih hangat, bakteri mungkin ada dan mulai berkembang biak dengan cepat," tutur Harrington.

Bakteri berbahaya seperti staph, salmonella, E. coli, dan kampilobakteri yang menyebabkan penyakit tumbuh subur pada suhu sekitar 4-60 derajat Celcius. Jumlah patogen berbahaya bisa berlipat ganda hanya dalam 20 menit ketika suhu berada dalam kisaran ini.

Untuk menghindari situasi yang tidak aman, jangan pernah mencairkan makanan di garasi, ruang bawah tanah, mobil, atau di luar ruangan.

Direndam dalam air panas

Ketika lupa mengeluarkan daging dari lemari es dan sedang terburu-buru, Anda mungkin berpikir mencairkannya dalam air panas adalah pilihan yang cepat.

"Ini mungkin terlihat seperti akan mempercepat, tetapi Anda tidak harus mencairkan daging dalam air panas karena bagian luar akan lebih cepat panas daripada bagian dalam," kata Harrington.

Dengan kata lain, lapisan terluar dapat mencapai zona bahaya suhu dan berisiko terhadap bakteri dan racun yang terakumulasi pada tingkat berbahaya, bahkan jika bagian tengah makanan yang mudah rusak masih beku.

Lalu bagaimana mencairkan daging beku yang benar?

Di lemari es

Cara terbaik mencairkan daging dengan aman, secara perlahan mencairkan daging di lemari es. Sebagian besar makanan membutuhkan 1-2 hari untuk dicairkan di lemari es. Anda dapat mencairkan makanan yang lebih kecil dalam semalam. Sebaliknya, potongan daging yang lebih besar, seperti kalkun akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk setiap 1/2 kilogram berat, Anda akan membutuhkan sekitar satu hari pencairan.

"Setelah mencair, daging giling, unggas, dan makanan laut harus disimpan dengan baik di kulkas selama satu atau dua hari ekstra, sementara daging merah seperti daging sapi, babi, domba, dan steak tetap segar selama tiga hingga lima hari lagi," kata Harrington.

Selalu letakkan daging di rak paling bawah lemari es. "Jika air daging menetes, yang bisa terjadi, dapat mencemari makanan yang lain. Melakukan hal itu dapat membantu tetap aman dari kemungkinan keracunan makanan atau penyakit bawaan makanan lain," tutur Harrington.

Masukkan ke dalam air dingin

Mencairkan dalam air panas adalah ide yang buruk, tetapi mencairkan dalam air keran dingin benar-benar aman. Masukkan saja daging ke dalam kantong antibocor, singkirkan udara sebanyak mungkin, dan rendam sepenuhnya dalam mangkuk besar berisi air dingin. Gantilah air setiap 30 menit karena daging terus mencair.

"Satu pon daging dapat dicairkan dalam 1 jam atau kurang sedangkan 3-4 pon bisa memakan waktu lebih dari dua jam," ujar Harrington.

Dalam microwave

Metode ini hanya benar-benar bekerja untuk potongan yang lebih kecil. Jika microwave memiliki pengaturan pencairan es yang dapat mengatur suhu untuk potongan daging tertentu, maka gunakanlah.

"Jika tidak, atur microwave pada level daya yang lebih rendah dan panaskan dalam waktu singkat sampai daging dicairkan," kata Harrington. Setelahnya, masak segera daging untuk menghindari suhu zona bahaya.

Dimasak tanpa dicairkan

Bagaimana jika melewatkan pencairan besar sama sekali? Mungkin dan aman untuk memasak makanan beku tanpa mencairkan es-nya sama sekali. Tetapi perlu diingat, metode memasak ini akan memakan waktu sekitar 50 persen lebih lama dari waktu yang disarankan untuk daging dan unggas segar yang sepenuhnya dicairkan.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat25 April 2024, 20:00 WIB

11 Kebiasaan Ini Bantu Jaga Gula Darah Anda Tetap Normal, Yuk Lakukan

Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.  (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Sukabumi25 April 2024, 19:46 WIB

Hindari 8 Aktivitas Berikut Agar Hubungan Orang Tua Dengan Anak Lebih Erat Harmonis

Ikuti tips berikut untuk memiliki hubungan yang lebih sehat dengan anak-anak Anda dalam jangka panjang.
Ilustrasi hubungan orang tua dengan anak | Foto : Sumber : Freepik/@tim kita
Sukabumi25 April 2024, 19:36 WIB

Peringati Hari Bumi, Pemuda Pabuaran Sukabumi Tebar 15.000 Bibit Ikan di Sungai Cikaso

Dalam rangka memperingati Hari Bumi, sejumlah pemuda di Pabuaran Sukabumi tebar ribuan bibit ikan di Sungai Cikaso.
Sejumlah pemuda di Pabuaran Sukabumi tebar ribuan bibit ikan di Sungai Cikaso. (Sumber : Istimewa)
Life25 April 2024, 19:32 WIB

Dapat Menurunkan Rasa Percaya Diri, Ini 5 Dampak Pola Asuh Helikopter Pada Anak

Pola asuh helikopter dapat berdampak negatif pada anak, karena penerapan pola asuh ini melibatkan orang tua sepenuhnya terhadap kegiatan anak.
Ilustrasi dampak pola asuh helikopter | Foto : Freepik/@jcomp
Sukabumi Memilih25 April 2024, 19:04 WIB

Fikri Abdul Aziz Daftar ke PAN: Siap Dampingi Asjap di Pilkada Sukabumi

Daftar ke PAN, Fikri Abdul Aziz memiliki keinginan untuk mendampingi Asep Japar (Asjap) di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024.
Fikri Abdul Aziz mendaftarkan diri ke Desk Pilkada DPD PAN Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/04/2024). (Sumber : Istimewa)
Life25 April 2024, 19:00 WIB

10 Cara Menghilangkan Rasa Sedih Agar Hidup Bahagia Kembali

Mengelola perasaan sedih dan mencapai kebahagiaan bisa menjadi perjalanan yang panjang.
Ilustrasi. Cara Menghilangkan Rasa Sedih Agar Hidup Bahagia Kembali (Sumber : pixabay.com/@Pexels)
Sukabumi25 April 2024, 18:49 WIB

Menghadapi Situasi yang Mengecewakan, Simak 4 Alasan Mengapa Anak Bertingkah Seperti Ini

Meskipun menangani anak-anak Anda yang bertingkah bisa menjadi tantangan di saat-saat yang panas, yakinlah bahwa semua anak akan bertingkah pada satu waktu atau yang lain
Ilustrasi alasan mengapa anak bertingkah | Foto : Freepik/@freepik
Sehat25 April 2024, 18:38 WIB

7 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Anak-anak, Yuk Bunda Cari Tahu

Apel mengandung berbagai nutrisi penting seperti serat, vitamin C, vitamin A, dan kalium.
Ilustrasi manfaat apel bisa meningkatkan kesehatan otak.( Sumber Foto: pexels.com/ @Mareefe )
Bola25 April 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Borneo FC: Duel Dua Tim Papan Atas!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persib Bandung vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persib Bandung vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@std.sijalakharupat/Ist).
Sukabumi25 April 2024, 18:09 WIB

Disingkat Berkah, Motto Camat Baru Waluran Sukabumi Dongkrak Potensi Alam

Pemerintah Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi menggelar halal bihalal dan pisah sambut dari camat lama Ali Murtado ke camat baru Supendi, di aula kantor Kecamatan Waluran, Kamis (25/4/2024)
Pisah sambut camat Waluran Kabupaten Sukabumi dari Ali Murtado ke Supendi | Foto : Ragil Gilang