Light Dark

Meski di Rumah, Begini Cara Memanfaatkan Hari Libur saat Pandemi

Gaya Hidup | 09 May 2020, 04:00 WIB
Ilustrasi menonton film dengan anjing | Pixabay/StockSnap

SUKABUMIUDPATE.com - Penelitian menyebutkan, bahwa Liburan memiliki manfaat untuk pekerjaan dan kesehatan fisik

"Apa yang ditunjukkan oleh ilmu saraf adalah bahwa kita memerlukan waktu henti agar tubuh kita menjalani proses pemulihan," kata psikolog Deborah Mulhern kepada ABC News.


Advertisement

"Tanpa waktu dan kesempatan untuk melakukan ini, koneksi saraf yang menghasilkan perasaan tenang dan damai menjadi semakin lemah, menjadikannya lebih sulit untuk beralih ke mode yang tidak terlalu ditekankan," tambahnya.

Dilansir dari Insider, penelitian juga mengaitkan waktu Liburan dapat memberikan tidur yang lebih baik dan menurunkan tekanan darah.

"Ada tekanan untuk selalu melakukan sesuatu karena ini saatnya kita perlu memanfaatkannya," kata Melody Wilding, pelatih worksop.

"Tapi melegakan dan menyenangkan dengan memberikan dirimu sehari penuh untuk tidak melakukan apapun," tambahnya.


Advertisement

Namun, saat wabah Liburan akan menjadi waktu untuk tetap di rumah. Oleh karena itu Wilding merekomendasikan Anda melakukan cara-cara santai yang tidak melibatkan diri dari pekerjaan dan membuat otak Anda berpikir.

Jika Anda menginginkan Liburan malam, Anda bisa melakukan pesta koktail, trivia night, atau nonton konser vitual. Anda juga bisa nonton serial favorit selagi senggang.

Apabila rindu karaoke, lakukan saja di rumah dengan speaker sederhana. 

Sam Costa, yang bekerja untuk sebuah perusahaan kesehatan digital di Philadelphia mengatakan, bahwa menyisihkan waktu setiap hari untuk melakukan sesuatu yang tidak terkait dengan pekerjaan dapat membawa manfaat seperti liburan.

"Menemukan hobi atau kegiatan yang dapat Anda lakukan dengan aman, tetapi memungkinkan Anda untuk melepaskan dan memulihkan diri sangat penting," kata Rothbard.

Rothbard menyatakan, bahwa ia selalu menjadi lebih sering membaca buku fiksi ketimbang jurnal penelitian selama pandemi.

"Terlibat dalam kegiatan non-kerja semacam ini memfasilitasi pemulihan dan memberikan energi untuk kembali bekerja di hari berikutnya," tambahnya.

 

Sumber : suara.com

Image

Muhammad Gumilang

Image

Muhammad Gumilang

Redaktur

Image

Reporter