Light Dark

Awas, Maraton Drakor Bisa Bikin Wajah Jerawatan!

Gaya Hidup | 01 May 2020, 14:00 WIB
Ilustrasi nonton drama korea | Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Berapa jam yang kamu butuhkan untuk menonton Drama Korea (drakor) dalam satu hari? Apakah sampai menganggu waktu tidurmu? Atau bahkan rela begadang untuk maraton Drakor hingga tuntas?

Melansir dari suara.com, jika agenda menonton Drakor sampai mengubah jam tidur, siap-siap kulit wajah bisa mengalami jerawatan lho. Kenapa bisa begitu?

Dokter spesialis kulit dan kelamin, Arini Widodo menjelaskan jam tidur yang mulai kacau bisa memicu hormon dalam tubuh ikut tidak terkendali.

"Biasanya tidur jadi sangat malam, bangun sangat siang. Perbedaan jam tidur kita kalau mulai ngaco, sebenarnya hormonal di tubuh ikut ngaco. Itu bisa menimbulkan jerawat," kata Arini dalam siaran langsung di Instagram bersama @ayahbunda, Kamis (30/4/2020).

Arini menjelaskan bahwa hormon di dalam tubuh manusia memiliki jadwal masing-masing untuk keluar. Hormon yang baru keluar saat malam bisa terganggu jika waktu tidur menjadi terlalu larut.

"Setiap hormon ada jamnya. Jamnya tidak boleh ganti-ganti, tubuh punya body clop. Kalau jam tidur ngaco, hormonnya juga ngaco. Itu jadi pemicu jerawat," tuturnya.

Hal yang sama bisa terjadi pada anak-anak, namun berbeda dampaknya.

Arini menjelaskan bahwa tubuh anak memiliki grod hormon yang membantu pertumbuhan badan. Hormon tersebut baru dikeluarkan tubuh pada pukul 10 malam.

"Kalau anak tidur terlalu malam nanti grod hormonnya tidak naik. Nanti anaknya pertumbuhannya terganggu," ucapnya.

Terkait jerawat, Arini menambahkan, selain waktu tidur ada dua penyebab lain. Salah satunya terlalu banyak mengonsumsi makanan manis atau produk susu juga akibat stres.

Menurutnya, untuk mengatasi masalah Jerawat perlu diketahui dulu penyebabnya. "Kalau sudah bisa kita atasi penyebabnya kadang-kadang jerawatnya bisa membaik sendiri," katanya.

Sudah jadwal tidur berubah gegara Drakor ditambah doyan ngemil yang manis-manis, bisa jadi itu penyebab kulitmu berakout. Dirawat lagi ya!

 

Sumber : suara.com

Image

Muhammad Gumilang

Redaktur

Image

Muhammad Gumilang

Redaktur

Image

Reporter