Light Dark

Ini Kegiatan Rutin Ramadan yang Ditiadakan di Masjid Agung Palabuhanratu

Gaya Hidup | 26 Apr 2020, 08:45 WIB
Masjid Agung Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. | Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Suasana berbeda dirasakan pada Ramadan kali ini, di tengah wabah virus Corona yang angkanya belum memperlihatkan penurunan di Kabupaten Sukabumi. 

Hal itu berdampak pada sejumlah kegiatan yang rutin dilaksanakan di Masjid Agung Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi di bulan ramadan. Beberapa kegiatan terpaksa ditiadakan.


Advertisement

BACA JUGA: Masjid Agung Palabuhanratu Kembali Gelar Salat Jumat, Jemaah Wajib Pakai Masker

Ketua Ikatan Pemuda Remaja Masjid Agung Palabuhanratu, Shofar Sauqy Hazeli mengatakan kegiatan yang ditiadakan seperti kuliah subuh yang biasa diikuti anak-anak dan remaja, hingga mahasiswa dan masyarakat umum. Kemudian kegiatan ngabuburit di masjid dan tadarus juga terpaksa ditiadakan.

"Kegiatan di masjid ditiadakan untuk menghindari penyebaran virus Corona. Menyambut ramadah kita juga biasanya ada pawai tarhib, sekarang tidak ada. Kuliah subuh, tadarus, hadroh hadroh dan marawis saat ngabuburit juga ditiadakan," kata Shofar kepada sukabumiupdate.com, Minggu (26/4/2020).

BACA JUGA: Tak Ada Bukber dan Aturan THR, Edaran Bupati Sukabumi Soal Ramadan Tahun Ini


Advertisement

Shofar melanjutkan, beberapa kegiatan ditiadakan juga mengingat anjuran pemerintah soal physical distancing dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Kendati demikian, untuk Salat Tarawih di Masjid Agung Palabuhanratu tetap dilaksanakan, dengan catatan jemaah wajib menjalankan protokol maksimal.

"Tarawih tetap dilaksanakan, tapi wajib pakai masker, bawa alat ibadah sendiri, dicek suhu tubuh dan mencuci tangan sebelum dan saat keluar masjid. Kultum setelah Salat Tarawih juga ditiadakan," lanjutnya.

BACA JUGA: Salat Jumat Tetap Ada, Masjid Agung Palabuhanratu Sukabumi Dibersihkan

Shofar berharap, wabah Covid-19 ini cepat berakhir, tidak hanya di Kabupaten Sukabumi namun Indonesia bahkan seluruh dunia agar masyarakat bisa kembali beraktivitas seperti biasa.

"Mudah-mudahan wabah virus corona ini cepat berlalu. Diimbau juga bagi masyarakat saat beraktivitas untuk menjalankan aturan dari pemerintah seperti pakai masker, intinya selalu menjalankan pola hidup bersih dan sehat," pungkasnya.

Image

Herlan Heryadie

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

NANDI

Reporter