7 Aktivitas Selama Social Distancing di Rumah yang Baik untuk Kesehatan Mental

Kamis 26 Maret 2020, 23:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ketika pandemi corona mengancam kehidupan di seluruh dunia, banyak pemerintah negara telah memberlakukan perintah tinggal di rumah dan social distancing atau menjaga jarak sosial. Dilansir dari tempo.co, masyarakat diminta untuk tetap di dalam rumah kecuali untuk tugas-tugas yang sangat penting. Pusat bisnis dan sekolah telah ditutup dan kegiatan kelompok secara langsung terhenti.

Perubahan dalam rutinitas dapat membebani kesehatan mental Anda bahkan memunculkan perasaan negatif. Jika Anda takut, percayalah Anda tidak sendirian menghadapi perubahan situasi yang sulit seperti ini. Psikiater Kimberly Meehan mengatakan jika berinteraksi dengan keluarga atau teman sekamar Anda di ruang tertutup itu sulit, tetapi Anda bisa lakukan beberapa kegiatan untuk meredakan kecemasan. 

Berikut ini beberapa kegiatan untuk meredakan kecemasan seperti dilansir dari laman Bustle

1. Lepaskan ponsel Anda

Tetapkan batasan waktu yang Anda habiskan untuk membaca berita. Sebab tanpa ada batasan, tubuh akan merespon secara konstan dan menimbulkan kecemasan. "Mengurangi aktivitas yang memakai ponsel bisa membantu menjaga kesehatan mental Anda sendiri, karena emosi dapat dan memang menyebar dari satu orang ke orang lain, sebuah fenomena yang disebut penularan emosi," ucap Meehan.

2. Buat jadwal untuk hal menyenangkan

Membuat jadwal harian dapat menyisakan ruang untuk kreativitas dan mengajarkan pikiran tentang apa yang diharapkan bahkan ketika segala sesuatu tidak dapat diprediksi. Meehan mengatakan secara ilmiah, rutinitas penting untuk mempertahankan siklus tidur yang tepat, asupan nutrisi, dan tingkat energi, [yang] semuanya penting untuk pengaturan emosi. "Mulailah hari Anda dengan sesuatu yang Anda 'ingin' lakukan, daripada 'harus' lakukan," seperti membaca beberapa halaman novel sebelum masuk mulai bekerja," saran Meehan.

3. Maksimalkan kegiatan dengan tangan

Cobalah gerakan berirama seperti menguleni adonan, memotong sayuran, memainkan alat musik, atau menjahit. Memasak secara khusus, kata Meehan, dapat membantu membangun perasaan menjadi membumi. "Tindakan memasak membuat seseorang merasa nyaman, meskipun kita tidak cukup tahu bagaimana hasilnya, atau jika kita tidak bisa merencanakan dengan tepat, kita bisa mempercayai prosesnya," ucap Meehan.

4. Olahraga indoor

Olahraga sangat besar untuk kesehatan mental Anda. Jika Anda terjebak di dalam rumah cobalah yoga, yang pada tahun 2018 diperlihatkan oleh para peneliti Universitas Boston untuk mengobati gejala kecemasan dan depresi jangka pendek dan panjang. Manfaatnya bisa membantu membentuk fleksibilitas, kekuatan, dan pengaturan napas, serta mengurangi rasa sakit fisik. Carilah rutinitas untuk memaksimalkan kekuatan di bagian tubuh mana pun yang Anda pilih.

5. Mainkan game jadul

Kerjakan puzzle, teka-teki silang, atau sudoku. Permainan kognitif seperti ini mengasah kemampuan mengingat, perhatian, dan nalar. "Menurut sebuah studi 2019 dari para peneliti University of Exeter permainan ini juga melibatkan pemikiran logis, yang “mencegah pikiran Anda merenung atau mengkhawatirkan hal lain,” kata Meehan. 

6. Menggambar

Ambil pensil dan corat-coret sedikit, beri diri Anda izin untuk membiarkan pikiran Anda mengembara. Sebuah laporan yang diterbitkan dalam jurnal Psychology of Aesthetics, Creativity, and the Arts pada 2016 mengatakan bahwa 15 menit menggambar memiliki manfaat kesehatan emosional. 

Gambar abstrak adalah latihan yang menyenangkan untuk membuat karya seni tanpa terlalu memikirkannya. Pilih subjek tanpa mengangkat instrumen Anda dari kertas atau melihat ke bawah, cobalah menggambarnya menggunakan garis terus-menerus.

7. Relaksasi emosi

Jika Anda merasakan pikiran Anda berputar atau tubuh menegang saat Anda berada di rumah, periksa emosi Anda. Meehan menawarkan latihan untuk membantu menjaga pikiran dan tubuh tetap ada. 

Pertama, mulailah dengan menghembuskan napas dalam-dalam. Perhatikan lima hal di sekitar Anda yang dapat Anda lihat. Ucapkan dengan keras, atau tulis, dan buat detail. Kemudian, amati empat hal yang dapat Anda rasakan pada tubuh Anda - pakaian Anda, rambut di bagian belakang leher Anda, atau kaki Anda di tanah. 

Sebutkan tiga hal yang dapat Anda dengar dan bedakan yang membuat suara-suara berbeda. Kemudian kenali dua hal yang bisa Anda cium. Terakhir, renungkan satu hal yang Anda hargai.

 

Sumber : tempo.co

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Kecantikan18 April 2024, 08:00 WIB

8 Basic Skincare yang Wajib Dimiliki Pemula, Cleanser hingga Moisturizer

Inilah Basic Skincare yang Wajib Dimiliki Pemula, Ada Cleanser hingga Moisturizer.
Basic Skincare yang Wajib Dimiliki Pemula, Cleanser hingga Moisturizer  (Sumber : Freepik.com)
Life18 April 2024, 07:00 WIB

9 Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres

Yuk Lakukan Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres Berikut Ini!
Ilustrasi - Kebiasaan Baik yang Bisa Membantu Meredakan Pikiran Stres. (Sumber : pexels.com/@Leah Kelley)
Food & Travel18 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Pepaya untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 6 Langkahnya!

Berikut Cara Membuat Air Rebusan Daun Pepaya untuk Menurunkan Gula Darah, Coba Ikuti 6 Langkahnya!
Ilustrasi. Daun pepaya - Manfaat Air Rebusan Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Menurunkan Gula Darah. | (Sumber : Pixabay.com)
Science18 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 18 April 2024, Seluruh Wilayah Potensi Hujan di Siang Hari

BMKG memprakirakan sebagian kota besar di Jawa Barat mengalami hujan pada Kamis 18 April 2024.
(Foto Ilustrasi) BMKG memprakirakan sebagian kota besar di Jawa Barat mengalami hujan pada Kamis 18 April 2024.. | Foto: Freepik
DPRD Kab. Sukabumi17 April 2024, 23:20 WIB

KH. Zezen Z.A Jadi Nama Jalan, DPRD Sukabumi Bicara Regulasi Wisata Syariah di Pondok Halimun

Pemerintah Kabupaten Sukabumi resmi mengubah nama jalan Nyangkokot-Perbawati menjadi Jalan KH. Zezen Z.A pada Rabu 17 April 2024.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami bersama Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara saat meresmikan nama Jalan K.H. Zezen Z.A menggantikan nama Jalan Nyangkokot – Perbawati, Rabu (17/4/2024) | Foto : Ist
Sukabumi17 April 2024, 22:37 WIB

Saber Pungli OTT 2 Pelaku Pungutan Liar di Alun-alun Gadobangkong Sukabumi

Dua orang yang diduga melakukan praktik pungutan liar (Pungli) di kawasan Alun-Alun Gadobangkong Palabuhanratu, berhasil tertangkap basah oleh Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi.
Alun-Alun Gadobangkong, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi17 April 2024, 22:18 WIB

Belasan Warga Sukabumi Jadi Korban Investasi Bodong Rumah Gadai, Rugi Ratusan Juta

Puluhan warga Sukabumi mendatangi Mapolres Sukabumi Kota. Mereka mengaku menjadi korban investasi bodong rumah gadai
Belasan warga korban investasi bodong rumah gadai mendatangi Mapolres Sukabumi Kota pada Rabu (17/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sehat17 April 2024, 21:00 WIB

Cara Mudah Membuat Rebusan Mengkudu untuk Menurunkan Gula Darah, Simak 4 Langkahnya

Beberapa penelitian menunjukkan potensi buah mengkudu dalam membantu mengontrol kadar gula darah.
Beberapa penelitian menunjukkan potensi buah mengkudu dalam membantu mengontrol kadar gula darah. | (Sumber : Pixabay.com)
Sukabumi17 April 2024, 20:43 WIB

Bocah 12 Tahun Tenggelam di Kolam Renang Masjid Perahu Sukabumi, Ini Kata Pemilik

Pemilik angkat bicara terkait insiden bocah 12 tahun tenggelam di Kolam Renang Masjid Perahu Cicurug Sukabumi.
Wahana wisata kolam renang Masjid Perahu Cicurug Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi17 April 2024, 20:37 WIB

Nasib Pilu Ato Warga Ciracap Sukabumi: Ditinggal Istri, Urus 2 Anak Tempati Rumah Reyot

Kisah Ato (51 tahun) bersama dua anaknya, Saidah (12 tahun), dan Anwar (10 tahun) warga Desa Cikangkung, Kabupaten Sukabumi. Kini ia tinggal dirumah reyot, ia pun ditinggal sang istri.
Kndisi rumah yang ditempati Ato dan dua anaknya di Cikangkung Ciracap Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang