Demi Hemat, Simak 5 Tips Keuangan Agar Hemat

Minggu 22 April 2018, 12:07 WIB

 

 

SUKABUMIUPDATE.com - Penasihat sekaligus penulis buku keuangan asal New York, Amerika Serikat, David Bach mengungkapkan, banyak orang tidak menyadari ada pengeluaran-pengeluaran kecil yang tanpa disadari sebenarnya menguras sebagian besar penghasilan setiap bulan. Ia menyebutnya, faktor latte.

Menurut David Bach, Anda akan menghemat banyak uang jika bisa mengidentifikasi dan mengurangi pengeluaran-pengeluaran kecil yang tidak disadari menguras penghasilan setiap bulan, seperti beberapa faktor berikut ini.  Makan di restoran
Tren wisata kuliner dan mengunggah foto-foto makanan membuat kebiasaan makan di luar rumah semakin tinggi. Hasil survei aplikasi jajak pendapat daring, Jakpat, pada 2016 terhadap 1.623 anak muda milenial di Indonesia mengemukakan, 64 persen responden makan di restoran sekali sebulan dan 30 persen satu hingga lima kali sebulan—angka terakhir bisa jadi bertambah saat ini.

Lalu 48 persen menghabiskan 50-100 ribu rupiah sekali makan, 32 persen lebih dari 100 ribu rupiah, dan hanya 19 persen yang mengeluarkan kurang dari 50 puluh ribu rupiah. Artinya, dengan mengurangi rutinitas makan di restoran satu kali saja dalam sebulan, Anda hemat sekitar 50-100 ribu rupiah.

Biaya transaksi antarbank
Berdasarkan hasil survei situs belanja daring ShopBack Indonesia pada Desember 2017, 2 dari 5 orang Indonesia membeli produk secara online setelah melihat produk itu di toko offline. Tingginya transaksi belanja online, ditambah kecenderungan generasi milenial menyukai pembayaran nontunai, dibarengi tingginya transaksi transfer ke rekening bank. Untuk transfer antarbank, Anda terkena biaya transfer sebesar 6.500 rupiah per transaksi. Terkesan sedikit, tapi coba perhatikan berapa kali dalam sebulan Anda melakukan transfer antarbank? 

Ongkos kirim belanja online
Kebiasaan berbelanja daring juga berkaitan dengan pengeluaran untuk ongkos kirim barang. Untuk menghemat, minimalkan ongkos kirim dengan memilih toko online yang letaknya satu kota dengan tempat tinggal Anda. Atau pilihlah platform belanja online yang memberikan fasilitas bebas ongkos kirim untuk mengurangi faktor latte dalam pengeluaran bulanan Anda.

Minum kopi
Meminum kopi kini bukan lagi kebiasaan orang tua. Tren es kopi susu dan aneka minuman kopi kekinian menjadikan minum kopi dan kongko di kedai kopi bagian dari gaya hidup generasi milenial. Hasil survei Jakpat, platform survei daring, pada 2015 menyebut, 79 persen orang Indonesia di 10 kota besar yang menggunakan ponsel pintar meminum kopi setiap hari—dengan 46 persen minum kopi di rumah dan 26 persen di kedai kopi. Dengan harga kopi berkisar 15 hingga 50 ribu per gelas di kedai kopi termasuk kopi latte yang rata-rata 30 ribu—dari sinilah istilah faktor latte berasal—bayangkan, berapa banyak uang yang bisa Anda hemat per bulan dengan mengurangi intensitas minum kopiBerlangganan kanal YouTube
Dibanding aplikasi medsos lainnya, YouTube paling menyedot kuota data internet. Coba hitung, ada berapa banyak kanal YouTube yang Anda ikuti? Semakin banyak berlangganan kanal YouTube, semakin sering menonton, semakin besar pula pengeluaran Anda untuk membeli pulsa data internet. Cobalah selektif memilih kanal YouTube. Jika tidak penting-penting amat, tidak usah berlangganan. Untuk menyiasati, manfaatkan fasilitas jaringan WiFi di tempat-tempat umum.

 

Sumber: Tempo

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi19 April 2024, 00:03 WIB

ASN di Sukabumi Balik Tuduh Istrinya yang Lakukan KDRT, Akan Dilaporkan Jika Tak Minta Maaf

ASN di Sukabumi membantah tuduhan KDRT. Ia menyebut informasi yang disampaikan oleh istrinya melalui kuasa hukumnya merupakan kebohongan, tidak sesuai fakta, dan terlalu dilebih-lebihkan.
Huasa hukum BCA, Muhammad Adad Maulana saat menunjukan bukti KDRT yang dilakukan oleh DM kepada BCA | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi18 April 2024, 23:16 WIB

Pelajar dan Forkopimcam Cisolok Bersihkan Pantai Karang Hawu Pasca Libur Lebaran 2024

Usai cuti libur lebaran 2024, Forkopincam Cisolok bersama para pelajar SMP Cisolok melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Karang Hawu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/4/2024).
Forkopincam Cisolok bersama para pelajar SMP Cisolok melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Karang Hawu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/4/2024) | Foto : Ilyas Supendi
DPRD Kab. Sukabumi18 April 2024, 22:56 WIB

Anggota DPRD Beri Apresiasi Libur Lebaran 2024 di Sukabumi Nihil Korban Jiwa

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Badri Suhendi menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada tim gabungan atas keberhasilan mereka dalam meningkatkan keamanan di objek wisata selama libur Lebaran 2024.
Badri Suhendi, Anggota DPRD Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Bola18 April 2024, 22:54 WIB

Hasil Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia Bungkam Australia 1-0

Gol Komang Teguh membawa Timnas Indonesia U-23 kalahkan Australia di Piala Asia U-23 2024.
Komang Teguh cetak gol satu-satunya Timnas Indonesia U-23 atas Australia di Piala Asia U-23 2024 Qatar. (Sumber : PSSI)
Sukabumi Memilih18 April 2024, 21:56 WIB

Usai Daftar di Demokrat dan PDIP, Ayep Zaki Buka Opsi Maju Pilwalkot Sukabumi Lewat Koalisi Besar

Pengusaha sekaligus Pembina FKDB, Ayep Zaki resmi menyerahkan berkas formulir pendaftaran bakal calon wali kota / wakil wali kota ke dua partai politik di Kota Sukabumi, yaitu Partai Demokrat dan PDI Perjuangan
H. Ayep Zaki resmi mendaftar ke Partai Demokrat dan PDIP untuk maju Pilkada Kota Sukabumi | Foto : Syams
Sehat18 April 2024, 21:00 WIB

Cara Simpel Membuat Jus Mengkudu untuk Mengontrol Gula Darah, Ini Langkahnya

Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah.
Ilustrasi - Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Angela Kim).
Keuangan18 April 2024, 20:30 WIB

Pengunjung Membludak Namun PAD Wisata Belum Maksimal, Ini Respons Bapenda Sukabumi

Bapenda Kabupaten Sukabumi menyoroti soal ramainya wisatawan yang berkunjung di libur Lebaran 2024 namjn tak berbanding lurus dengan pendapatan asli daerah (PAD).
Para pengunjung sedang melakukan aktivitas libur lebaran di objek wisata pantai Karanghawu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life18 April 2024, 20:00 WIB

10 Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah

Yuk Lakukan Alternatif Hal-hal Menyenangkan Berikut Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah Hidup.
Ilustrasi. Mendengarkan Musik. Alternatif Kegiatan Menyenangkan Agar Tidak Stres Saat Menghadapi Masalah (Sumber : pixabay.com/@Martine)
Sehat18 April 2024, 19:45 WIB

Pradibetes: 10 Makanan yang Harus Dihindari Agar Tidak Terjadi Lonjakan Gula Darah

Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah.
Ilustrasi Makanan Manis - Bagi Anda penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga asupan untuk menjaga kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Teri Raradini)
Bola18 April 2024, 19:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 di Piala Asia, Gratis!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).