Light Dark

Melirik Geliat Usaha Gula Merah Khas Perajin Cidadap Sukabumi

Produk | 25 Jan 2021, 19:11 WIB

Melirik Geliat Usaha Gula Merah Khas Perajin Cidadap Sukabumi

Produk | 25 Jan 2021, 19:11 WIB
Produk olahan gula merah khas perajin Cidadap, Kabupaten Sukabumi. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Desa Cidadap, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi dikenal sebagai salah satu penghasil Gula Merah aren.

Kalau dulu produknya hanya berbentuk gula ganduan, kini sudah diolah menjadi berbagai bentuk, seperti Gula Semut dan gula berbentuk koin.

"Semula perajin hanga menjual gula aren bentuk ganduan. Sekarang muncul berbagai bentuk. Ini inovasi dari BUMDes Cidadap, mengkoordinir produk Gula Semut dan gula koin agar harga jual lebih tinggi dan perajin bisa meningkatkan kesejahteraannya," kata Ketua BPD Cidadap, Asep Dian kepada sukabumiupdate.com, Senin (25/1/2021).

BACA JUGA: Prospek Bisnis Gula Semut Menjanjikan, Distan Bekali Petani Sukabumi Cara Produksi

Namun, selama ini penjualan Gula Semut khas Desa Cidadap ini kebanyakan masih dalam skala lokal. Pemasaran cukup menjadi kendala. Padahal produk Gula Semut khas Cidadap sudah ada sejak tahun 1980-an.

"Karena kurangnya pembinaan dan masih monoton, baik dalam pengemasan, maupun marketing, akhirnya tidak ada perkembangan baik harga maupun pemasaran. Makanya kami mencoba untuk melakukan inovasi dalam pengemasan, dan marketing melalui BUMDes, yang nantinya berharap Gula Semut Kecamatan Cidadap menjadi oleh-oleh khas," jelasnya 

Selama ini, masih kata Asep Dian, pemesanan Gula Semut dengan pengiriman luar kota baru ke Kota Tangerang dengan pasokan hanya dua kuintal per bulan. Itu pun tidak berupa kemasan, dan harganya cuma Rp 25.000 per kilogram.

BACA JUGA: Gula Merah Menjanjikan, Distan Sukabumi akan Tambah Luas Kebun Kelapa dan Aren

"Kalau sudah dikemas sebanyak itu bisa dijual dengan harga Rp 40.000 per kilogram. Selain itu  banyak juga pesan gula aren bentuk ganduan, akan tetapi harganya di bawah standar," imbuh Asep Dian. 

"Gula yang sudah dikemas isi 250 gram harganya Rp 10.000. Kalau bentuk koin per pack isi 12 buah Rp 10.000, serta isi 30 buah per pack Rp 25.000. Untuk pemesanan bisa ke Nomor 0858-8922-1108," terangnya.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

RAGIL GILANG

Reporter