Light Dark

Geser Jeff Bezos! Bos Tesla Elon Musk jadi Orang Terkaya di Dunia, Berapa Hartanya?

Keuangan | 08 Jan 2021, 09:27 WIB

Geser Jeff Bezos! Bos Tesla Elon Musk jadi Orang Terkaya di Dunia, Berapa Hartanya?

Keuangan | 08 Jan 2021, 09:27 WIB
Elon Musk | Forbes

SUKABUMIUPDATE.com - Pendiri sekaligus CEO Tesla, Elon Musk, saat ini menjadi orang Terkaya di dunia. Ia memiliki total kekayaan bersih US$185 miliar atau sama dengan Rp 2.590 triliun (asumsi Rp 14.000/US$). Dengan ini ia mampu menggeser CEO Amazon, Jeff Bezos yang sebelumnya menjadi orang paling kaya di dunia sejak 2017 dengan total kekayaan saat ini mencapai US$184 miliar.

Salah satu penyebab Elon Musk menjadi orang Terkaya di dunia adalah kenaikan harga saham Tesla (produsen mobil listrik) di perdagangan bursa Amerika Serikat pada Kamis, 7 Januari 2021 kemarin.

Pada Kamis kemarin, harga saham di akhir perdagangan meningkat 5 persen menjadi hampir US$800 per lembar saham. Nilai pasar Tesla pun berkembang menjadi US$750 miliar.

Dalam setahun terakhir, harta kekayaan Elon Musk memang tumbuh signifikan. Bahkan selama 18 bulan terakhir ia menjadi pemberitaan utama karena tindakan dan pengaruhnya pada saham Tesla.

Padahal tercatat di awal 2020 harta Elon Musk baru sekitar US$27 miliar. Bahkan ia tidak masuk daftar 50 orang Terkaya di dunia. Namun harga saham Tesla yang meroket sembilan kali lipat dalam satu tahun terakhir ini, membuat harta kekayaannya bertambah lebih dari US$150 miliar.

Harta kekayaan Elon Musk ini melampaui Warren Buffett pada bulan Juli 2020 dan menjadi orang terkaya ketujuh di dunia. Lalu pada November 2020, ia juga melampaui Bill Gates dan menjadi orang terkaya kedua di dunia. Total kekayaan bersih Bill Gates sendiri mencapai US$132 miliar.

Elon Musk memiliki 20 persen saham di Tesla. Sementara sumber kekayaan lainnya berasal dari Boring Company (perusahaan pembuat alat transportasi super cepat) dan SpaceX (perusahaan pembuat roket luar angkasa).

Sumber: CNBC Indonesia

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur