Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Marketplace

Jumat 22 Januari 2021, 07:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kelebihan dan kekurangan bisnis marketplace wajib kamu ketahui sebelum terjun mencobanya. Istilah marketplace bisa memiliki lebih banyak spesifik dan banyak makna terutama di dunia bisnis.

Marketplace adalah pasar dimana penjual dan pembeli saling ketemu. Salah satu marketplace yang aktivitas transaksinya paling banyak adalah online marketplace.

Apa Perbedaan Online Shop dan Marketplace?

Jawabannya adalah beda, kedua platform ini memiliki perbedaan pada perantaranya. Marketplace adalah platform yang menghubungkan penjual dan pembeli, contohnya Tokopedia, Shopee, Lazada dan lainnya.

Sedangkan online shop gak perlu perantara. Penjual bisa punya online shop sendiri dan jual langsung ke pembeli, contohnya Erigo Store, Bro.do, Rabbani dan lainnya.

Kelebihan Marketplace

1. Peluang Lebih Besar

Online marketplace bisa bantu nyiptain peluang lebih besar dengan membangun relasi dan berbagi ilmu sesama penjual lewat komunitas.

2. Gak Perlu Takut Kehilangan Konsumen

Bisnis ini mastiin kalau platform penjualan online selalu dikunjungi ribuan bahkan jutaan orang setiap hari, akses yang gampang juga bikin konsumen bakal lebih sering berkunjung.

3. Fitur dan Regulasi Yang Baik

Fitur semacam itu dibuat biar calon konsumen percaya buat beli produk. Karena biasanya, fitur dan regulasi yang ditawarkan semacam asuransi, promosi, rekening bersama dan integrasi pembayaran.

4. Gak Perlu Modal Besar

Biasanya, online marketplace itu tidak memerlukan penyewaan tempat, tapi ada juga beberapa marketplace yang sudah terintegrasi dan menerapkan biaya sewa tertentu, meskipun tidak sebesar biaya sewa ruko.

5. Lebih Gampang Memantau Perkembangan Bisnis

Ada fitur insight yang dimiliki beberapa pengelola marketplace. Fitur ini dapat memantau berapa banyak orang yang mengunjungi toko kamu, jumlah yang merespon hingga jumlah yang membeli produk kamu.

Kekurangan Marketplace

1. Sulit Membangun Kepercayaan Konsumen

Banyak sekali terjadi isu penipuan, scamming dan barang ilegal yang identik dengan penjualan online. Hal tersebut bikin pasar online susah mendapatkan kepercayaan konsumen.

2. Persaingan Antar Penjual yang Ketat

Karena cenderung jualan produk yang sama, persaingan juga akan semakin tinggi. Tipsnya, rutin memantau kondisi pasar dan survey perbedaan produk kamu sama penjual lain.

3. Reputasi Tergantung Pengelola

Bisnis yang kamu jalani tergantung sama pengelola platformnya. Kalau pengelola punya reputasi buruk di masyarakat dan kurang melakukan promosi, hal itu bisa juga berpengaruh terhadap perkembangan bisnisnya.

4. Produk Yang Beragam

Kondisi pasar marketplace banyak dan tersebar. Kalau kamu jualan di platform dan mempunyai produk yang beragam, kamu bakal lebih susah ditemuin sama calon konsumen. Intinya produk yang kamu jual harus memiliki keunikan dan beda daripada yang lain.

Jadi, apakah kamu tertarik memulai bisnis lewat marketplace?

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer