Light Dark

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Marketplace

Inspirasi | 22 Jan 2021, 07:15 WIB
Ilustrasi Marketplace | Unsplash

SUKABUMIUPDATE.com - Kelebihan dan kekurangan bisnis Marketplace wajib kamu ketahui sebelum terjun mencobanya. Istilah Marketplace bisa memiliki lebih banyak spesifik dan banyak makna terutama di dunia bisnis.

Marketplace adalah pasar dimana Penjual dan Pembeli saling ketemu. Salah satu Marketplace yang aktivitas transaksinya paling banyak adalah Online marketplace.

Apa Perbedaan Online Shop dan Marketplace?


Advertisement

Jawabannya adalah beda, kedua platform ini memiliki perbedaan pada perantaranya. Marketplace adalah platform yang menghubungkan Penjual dan pembeli, contohnya Tokopedia, Shopee, Lazada dan lainnya.

Sedangkan Online shop gak perlu perantara. Penjual bisa punya Online shop sendiri dan jual langsung ke pembeli, contohnya Erigo Store, Bro.do, Rabbani dan lainnya.

Kelebihan Marketplace


Advertisement

1. Peluang Lebih Besar

Online Marketplace bisa bantu nyiptain peluang lebih besar dengan membangun relasi dan berbagi ilmu sesama Penjual lewat komunitas.

2. Gak Perlu Takut Kehilangan Konsumen

Bisnis ini mastiin kalau platform penjualan Online selalu dikunjungi ribuan bahkan jutaan orang setiap hari, akses yang gampang juga bikin Konsumen bakal lebih sering berkunjung.

3. Fitur dan Regulasi Yang Baik

Fitur semacam itu dibuat biar calon Konsumen percaya buat beli produk. Karena biasanya, fitur dan regulasi yang ditawarkan semacam asuransi, promosi, rekening bersama dan integrasi pembayaran.

4. Gak Perlu Modal Besar

Biasanya, online Marketplace itu tidak memerlukan penyewaan tempat, tapi ada juga beberapa Marketplace yang sudah terintegrasi dan menerapkan biaya sewa tertentu, meskipun tidak sebesar biaya sewa ruko.

5. Lebih Gampang Memantau Perkembangan Bisnis

Ada fitur insight yang dimiliki beberapa pengelola marketplace. Fitur ini dapat memantau berapa banyak orang yang mengunjungi toko kamu, jumlah yang merespon hingga jumlah yang membeli produk kamu.

Kekurangan Marketplace

1. Sulit Membangun Kepercayaan Konsumen

Banyak sekali terjadi isu penipuan, scamming dan barang ilegal yang identik dengan penjualan online. Hal tersebut bikin pasar Online susah mendapatkan kepercayaan konsumen.

2. Persaingan Antar Penjual yang Ketat

Karena cenderung jualan produk yang sama, persaingan juga akan semakin tinggi. Tipsnya, rutin memantau kondisi pasar dan survey perbedaan produk kamu sama Penjual lain.

3. Reputasi Tergantung Pengelola

Bisnis yang kamu jalani tergantung sama pengelola platformnya. Kalau pengelola punya reputasi buruk di masyarakat dan kurang melakukan promosi, hal itu bisa juga berpengaruh terhadap perkembangan bisnisnya.

4. Produk Yang Beragam

Kondisi pasar Marketplace banyak dan tersebar. Kalau kamu jualan di platform dan mempunyai produk yang beragam, kamu bakal lebih susah ditemuin sama calon konsumen. Intinya produk yang kamu jual harus memiliki keunikan dan beda daripada yang lain.

Jadi, apakah kamu tertarik memulai Bisnis lewat marketplace?

Image

Muhammad Gumilang

Redaktur

Image

Muhammad Gumilang

Redaktur

Image

Reporter