Ketahui Keinginan Konsumen Melalui 5 Tips Berikut

Kamis 14 Januari 2021, 14:52 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Berbagai peluang bisnis muncul di tahun 2021 ini, sektor bisnis tengah berlomba-lomba bangkit kembali setelah keterpurukan karena dampak pandemi Covid-19. Maka dari itu, sebagai seorang pebisnis atau entrepreneur anda wajib mengetahui keinginan konsumen di era kebangkitan ekonomi ini.

Dibutuhkan strategi dan pola pikir berbisnis yang baru di tahun 2021, melansir dari Business 2 Community, tahun ini para pegiat bisnis dan ekonomi wajib mengetahui lima fokus keinginan konsumen salah satunya membuat sebuah penawaran yang sederhana namun efektif sehingga konsumen bisa terpuaskan.

Berikut lima cara atau tips mengetahui keinginan konsumen:

1.Fokus Pada Pelayanan Berbasis Mobile

Di zaman digital saat ini, sudah banyak orang yang terbiasa menggunakan akses internet melalui gadget mereka masing-masing entah itu melalui laptop, desktop atau smartphone. Nah, saat ini kecenderungannya orang-orang lebih banyak yang menggunakan smartphone atau gawai untuk melakukan kegiatan berniaga.

Seperti yang dikutip dari Business Insider, berikut statistik persentase kebiasaan konsumen berdasarkan gadget atau platform yang mereka gunakan.

- Sebanyak 50,8 persen traffic sebuah situs web berasal dari mobile atau perangkat seluler.

- 61 persen konsumen melakukan penelusuran produk melalui pencarian organik atau melalui mesin pencari internet seperti Google melalui perangkat seluler atau mobile

- 79,9 persen konsumen yang aktif di platform Facebook mengakses internet dari perangkat seluler atau mobile.

Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa, saat ini banyak orang yang lebih memilih menggunakan perangkat seluler atau mobile untuk mengakses sebuah produk dibandingkan menggunakan komputer atau bahkan dengan cara konvensional (offline).

Jika anda sudah mempunyai sebuah website sebagai media penjualan produk anda, jangan lupa juga untuk meningkatkan kecepatan website dan pengalaman pengguna (User Experience) ketika mengakses laman website anda, terutama sangat dianjurkan untuk mengoptimalkan fitur-fitur yang ada di versi mobile nya.

2.  Memanfaatkan Berbagai Platform

Jangkau konsumen anda dengan cara memperluas media promosi produk melalui berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, YouTube atau lainnya.

Dengan strategi seperti itu, anda akan lebih banyak menjangkau dan mendapatkan para konsumen dari berbagai platform saluran media sosial.

3. Kenali Tren dan Kebiasaan Konsumen

Anda wajib mengetahui kebiasaan konsumen untuk membuat sebuah fokus segmentasi targetan penjualan yang lebih baik dan efektif. Sesuaikanlah produk yang anda jual kepada konsumen yang memang membutuhkan atau memang ingin mengkonsumsi produk anda.

Janganlah menjual produk secara cuma-cuma atau asal-asalan kepada calon konsumen yang sebetulnya mereka tidak membutuhkan produk yang anda jual.

Anda juga harus memperhatikan faktor tren dalam menjual sebuah produk. Memang ada sebagian konsumen yang bisa dibilang setia dengan sejumlah barang-barang lawas, namun itu hanya segelintir saja, bukan jumlah konsumen mayor melainkan minor.

Anda harus menargetkan produk anda untuk para konsumen mayor, dalam hal ini sangat penting untuk melakukan riset tren apa yang sedang digemari dan diinginkan konsumen lalu sesuaikanlah dengan produk anda, entah dari segi nilai, kuantitas, kualitas dan pengemasan promosi produk anda.

4. Buatlah Iklan Yang Kekinian

Selalu pantau perkembangan dunia periklanan di era digital saat ini, lihatlah begitu banyak sekali variasi metode dan penyajian iklan yang sangat kreatif dan inovatif. Janganlah membuat iklan yang begitu-begitu saja, buatlah sebuah gebrakan dengan cara melihat dan membaca referensi iklan yang sedang hits di luar negeri misalnya.

Kemaslah iklan anda dengan sajian yang lebih multimedia dan multiplatform, hal ini tentu saja membuka peluang produk anda akan lebih banyak diminati karena unik dan berbeda, sehingga akhirnya menjadi tren dan banyak dicari oleh banyak orang.

5. Jangan Bertele-tele Memberikan Informasi Produk Anda

Hal ini berkaitan dengan skill copywriting atau menulis konten untuk iklan, hindari menggunakan kata-kata yang hiperbola atau berputar-putar, konsumen sekarang lebih suka yang to-the-point bahkan frontal.

Namun tetap perhatikan segi estetika dan esensi dari iklan produk anda, berikan calon konsumen informasi yang akurat, padat dan ringkas.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Inspirasi27 April 2024, 08:12 WIB

LW Doa Bangsa Sosialisasikan Wakaf dalam Acara Temu Rembug PPPH Kabupaten Kuningan

Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan
Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan (Sumber : Istimewa).
Sehat27 April 2024, 08:00 WIB

6 Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak

Berikut Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Mendukung Kecerdasan Anak. Ayah Bunda Yuk Simak!
Frittata, Olahan Telur. Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak (Sumber : via tastyfitnessrecipes)
Life27 April 2024, 07:00 WIB

Lakukan Sekarang! 7 Kebiasaan Positif di Pagi Hari yang Akan Membentukmu Menjadi Orang Sukses

Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.
Ilustrasi. Membaca Buku | Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.(Sumber : pixabay.com/@455992)
Inspirasi27 April 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 April 2024, Yuk Cek Dulu Sebelum Jalan-jalan di Akhir Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update