Cara SDN 4 Gunungguruh Sukabumi Memperingati Hari Guru Nasional 2020

Rabu 25 November 2020, 06:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Peringatan Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November. Tahun ini, Google Doodle bahkan ikut merayakannya dengan menampilkan Pak Tino Sidin, pelukis dan guru gambar yang sangat terkenal pada tahun 1980-an.

Laman ensiklopedia bebas, Wikipedia menyebutkan, Hari Guru Nasional ditetapkan Presiden Soeharto pada tanggal 25 November 1994 lewat Keputusan Presiden Nomor 78 tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional.

Di Sukabumi, peringatan Hari Guru Nasional terlihat di SDN 4 Gunungguruh. Di tengah situasi pandemi Covid-19, beberapa perwakilan siswa-siswi diajak untuk melangsungkan upacara peringatan Hari Guru Nasional sambil menerapkan protokol kesehatan.

BACA JUGA: Doodle Tino Sidin, Google Rayakan Hari Guru Nasional

Para siswa dan guru di SDN 4 Gunungguruh memperingati bersama para mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang sedang mengikuti program Kemendikbud, yakni Kampus Mengajar Perintis (KMP).

Ada lima mahasiswa yang mengikuti program Kampus Mengajar Perintis 2020 di SDN 4 Gunungguruh. Mereka adalah Nisrina Salma R (Bahasa dan Sastra Inggris), Intan Yunia Cahyani (Pendidikan Kesejahteraan Keluarga), Adinda Galuh Nurutami (Bahasa dan Sastra Inggris), Reza Tarmudi Firdaus (Bahasa dan Sastra Indonesia) dan Azzahra Nabila (Pendidikan Kesejahteraan Keluarga).

"Jadi KMP ini untuk membantu seluruh siswa-siswi SD di Indonesia yang terdampak Covid-19. Adapun programnya membantu mengajar para guru di sekolah, juga membantu administrasi dan adaptasi teknologi," kata Elsa Lesmana, guru SDN 4 Gunungguruh kepada sukabumiupdate.com.

Lomba-lomba dengan menerapkan protokol kesehatan dalam peringatan Hari Guru Nasional di SDN 4 Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Rabu (25/10/2020).

Salah satu mahasiswa, Nisrina Salma mengatakan, selain upacara, ada juga lomba-lomba dalam memperingati Hari Guru Nasional, seperti lomba menggambar dan mewarnai, lomba menyanyi, lomba cerdas cermat, dan lomba puisi. Peserta lomba adalah siswa-siswi SDN 4 Gunungguruh, mulai dari kelas I sampai kelas VI.

"Walaupun banyak yang ikut, tetapi tetap diterapkan protokol kesehatan. Para siswa dan guru diminta untuk menggunakan masker, dan tetap jaga jarak. Jadi setiap lomba itu ada satu orang setiap bangku. Lalu ada juga pemberian bunga kepada guru-guru," kata Nisrina.

BACA JUGA: Menkeu Sri Mulyani Sebut Guru Honorer Jadi PPPK Bisa Dapat Tunjangan Rp 4 Jutaan

Melalui kegiatan ini, Nisrina berharap Hari Guru Nasional bisa menumbuhkan kembali minat, semangat dan motivasi siswa-siswi di SDN 4 Gunungguruh untuk terus belajar, meski terdampak Covid-19.

"Kami berharap siswa-siswi yang terdampak pandemi Covid-19 ini akan tetap dijaga semangatnya dan juga rasa senang akan belajar. Jadi, masih bisa melajar melalui lomba-lomba, masih bisa bertemu dengan teman-teman, tapi juga tetap menerapkan protokol kesehatan," tandas Nisrina.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life20 April 2024, 10:00 WIB

7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Hidup Tenang, Yuk Lakukan!

Ingin Hidup Tenang dan Bahagia? Yuk Lakukan Kebiasaan Sederhana Ini!
Ilustrasi. Kebiasaan Sederhana yang Membuat Hidup Tenang (Sumber : Pexels/Kaushal Moradiya)
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kencana ungu dapat membantu menurunkan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang memiliki masalah kontrol gula (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi