CBI Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Dosen Perguruan Tinggi se-Kota dan Kabupaten Sukabumi

Minggu 13 September 2020, 13:40 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bidang Pengkajian,Pengembangan, dan Pengawasan Kurikulum (BP3K) Perguruan Tinggi Citra Buana Indonesia (CBI) Kota Sukabumi mengadakan pelatihan Peningkatan Kompetensi Dosen bagi Perguruan Tinggi se-Kota dan Kabupaten Sukabumi

Kegiatan tersebut berlangsung satu hari penuh di Kampus Pusat Perguruan Tinggi CBI Jalan K.H. Ahmad Sanusi No 52 Kota Sukabumi. Pelatihan tersebut dihadiri 18 orang dosen yang berasal dari 10 Perguruan Tinggi. 

Latar belakang keilmuan dosen tersebut adalah difokuskan kepada dosen pejabat struktural dan dosen pengelola kurikulum di kampusnya masing masing.

BACA JUGA: Gegara Subsidi Biaya Kuliah, Perguruan Tinggi CBI Sukabumi Diserbu Calon Mahasiswa

Rafdi,M.A selaku tutor pada pelatihan tersebut  mengatakan bahwa pelatihan ini didasari amanat dari KKN,SNPT,dan Permendikbud no.5 tahun 2020 yang pada intinya pentingnya peningkatan kompetensi dosen dalam melaksanakan pembelajaran yang berbasis kompetensi pada tingkat taxonomy Higher Order Thinking Skill/Hots. 

Ketentuan ini sudah ada dari sekitar delapan tahun yang lalu tetapi dalam pelaksanaannya masih banyak kendala terutama pemahaman dosen dalam membuat perencanaan pembelajaran yang berbasis Hots yang konstruktif, beralur/sistematis, metode proses pembelajaran, assesment,hingga menghasilkan/out put. 

Menurut Rafdi,M.A yang juga merupakan Direktur Akademi Pariwisata Perguruan Tinggi CBI, setelah diadakan evaluasi, hasilnya masih banyak materi materi yang diberikan oleh dosen yang berbasis Lots. Padahal tujuan kompetensi terkini adalah meninggalkan yang Lower Order Thinking Skill/Lots supaya naik ke level Hots. 

BACA JUGA: Seminar CBI di Cicurug Sukabumi, Tingkatkan SDM Programmer Profesional

Selain itu kompetensi dosen juga merupakan modal untuk mengaplikasikan sistim kampus merdeka yang sekarang sedang heboh di kalangan akademisi. Target sesungguhnya dari kompetensi dosen ini adalah supaya mahasiswa tamatan perguruan tinggi menjadi lulusan yang kompeten. 

Tetapi tidak akan tercapai kompetensi lulusan bilamana dosennya tidak kompeten.Apalagi bila proses perkuliahan sudah berorientasi magang seperti tuntutan sistim Kampus Merdeka.

Dalam pelaksanaan pelatihan tersebut pemberi materi/tutor Rafdi,M.A, terlebih dahulu menanyakan kepada peserta apakah sudah pernah mengikuti pelatihan yang sejenis, hasilnya menunjukkan hampir semua peserta pernah mengikuti pelatihan. 

Tetapi yang menjadi kendala hampir semua pelatihan kompetensi tersebut tidak disertakan dengan praktek, termasuk yang diselenggarakan oleh pemerintah dalam hal ini Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi. Jadi tidak mengherankan bilamana pada pelaksanaan pelatihan tersebut metode yang diterapkan oleh Rafdi,M.A,enam puluh persen presentasi, empat puluh persen diskusi dan praktek.

BACA JUGA: Lutfi Ab-Wirastinov Pimpim Himpunan Mahasiswa Amik CBI Cicurug Kabupaten Sukabumi

Hal yang menggembirakan dari pelatihan ini adalah terangkum dalam hasil angket yang diisi oleh peserta pelatihan yang mendeskripsikan respon yang sangat positif  pertama tentang sejauh mana manfaat pelatihan, maka sebanyak 15 orang menjawab "sangat bermanfaat", dua orang menjawab "bermanfaat", tidak ada yang menjawab "kurang bermanfaat", "1 orang abstein". 

Kedua tentang sejauh mana perubahan pemaham setelah mengikuti pelatihan di perguruan tinggi CBI dibanding pelatihan yang telah diikuti sebelumnya, maka 3 orang menjawab "sangat jauh berubah", 12 orang menjawab "berubah", tidak ada yang menjawab " tidak berubah", dan 3 orang "abstein". 

Keempat pertanyaan tentang harapan keberlanjutan pelatihan di Perguruan Tinggi CBI, maka 12 orang menjawab "ingin diadakan kembali", 4 orang menjawab "boleh diadakan boleh tidak". Tidak ada yang menjawab "tidak perlu diadakan", dan 2 orang abstain.

Dosen Perguruan Tinggi se-Kota dan Kabupaten Sukabumi yang mengikuti pelatihan Peningkatan Kompetensi. | Istimewa

Nuansa Critical Thinking juga tercermin dari peserta yang merupakan berlatar belakang pendidikan S2 pada saat menilai secara observasi  bahwa tutor/pemateri yakni Rafdi, M.A. 1). 

Tentang kemampuan penguasaan materi pelatihan oleh tutor/pemateri ,  5 orang menjawab "sangat menguasai", 11 orang menjawab "menguasai", tidak ada yang menjawab "kurang menguasai", dan 2 orang abstein. 2) Tentang tingkat wawasan tutor/pemateri dalam memberikan materi, 4 orang menjawab " sangat berwawasan luas", 12 orang menjawab "berwawasan luas", tidak ada yang menjawab " kurang luas wawasan", dan 2 orang abstein.

Pada sesi akhir acara, Asisten Tutor yang juga Ketua Bidang Pengkajian,Pengembangan,dan Pengawasan Kurikulum Perguruan Tinggi CBI, Yulianti, M.Pd, menyajikan materi Method Learning, yang dalam penyampaian materinya memakai bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Dapat dimaklumi karena makalah yang beliau bawakan semuanya masih dalam bahasa aslinya, yaitu bahasa Inggris.

Pada akhir acara kelihatan betapa erat rasa kebersamaan antar sesama dosen Sukabumi,berfoto bersama, diskusi kecil kembali sebelum pulang. Kebersamaan dosen Sukabumi dalam bentuk berkumpul bersama  jarang terjadi di Sukabumi. Biasanya berkumpul pada saat ada undangan dari LL2 Dikti di Bandung.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi Memilih25 April 2024, 22:18 WIB

PKB Gagas Poros Ketiga, Siapkan Figur untuk Lawan Asjap dan Iyos di Pilkada Sukabumi

ewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Sukabumi saat ini tengah membuka penjaringan bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan diusung dalam Pilkada 2024.
Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) | Foto : Ist
Bola25 April 2024, 21:54 WIB

Kalahkan Borneo FC 2-1, Persib Segel Runner-up Regular Series Liga 1 2023/2024

Dua gol Persib Bandung atas Borneo FC disumbangkan David da Silva menit 20 dan Ciro Alves (70).
Para pemain Persib merayakan gol ke gawang Borneo FC pada pertandingan pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, (Sumber : PERSIB.co.id)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 21:39 WIB

Tiga Partai Bahas Draft Koalisi, Sepakat Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Sukabumi 2024, sejumlah elit partai tengah sibuk melakukan komunikasi dengan sesama partai untuk membangun koalisi.
Pertemuan Golkar PPP dan Gerindra membahas draf koalisi | Foto : Ist
Sukabumi25 April 2024, 21:19 WIB

Pemkot Sukabumi Beri Hadiah Untuk SKPD dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak

SKPD yang menerima hadiah dianggap telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendorong pendaftaran pekerja rentan ke dalam program jaminan sosial.
Pemberian hadiah bagi SKPD Pemkot Sukabumi dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak. (Sumber : Istimewa)
Bola25 April 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Klik Disini!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Life25 April 2024, 20:59 WIB

Dapat Tekanan dari Orang Tua Lain, Berikut 4 Penyebab Penerapan Pola Asuh Helikopter

Pola asuh helikopter berarti orang tua sepenuhnya menyetir anak mereka agar menjadi orang yang mereka inginkan karena beberapa penyebab.
Ilustrasi penyebab penerapan pola asuh helikopter. | Sumber Foto: Freepik/@freepik
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 20:29 WIB

DPRD Sukabumi Apresiasi Capaian Otonomi Daerah dan Harapan untuk Kemajuan Lebih Mandiri

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan, menyampaikan apresiasi atas capaian otonomi daerah yang mandiri
Usep Wawan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Nasional25 April 2024, 20:03 WIB

Surya Paloh Deklarasikan NasDem Dukung Penuh Pemerintahan Prabowo-Gibran

Hal itu disampaikan Surya Paloh usai melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto, Kamis, 25 April 2024.
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto saat menerima kedatangan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Sumber : IG Sufmi Dasco)
Sehat25 April 2024, 20:00 WIB

11 Kebiasaan Ini Bantu Jaga Gula Darah Anda Tetap Normal, Yuk Lakukan

Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.  (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life25 April 2024, 19:46 WIB

Hindari 8 Aktivitas Berikut Agar Hubungan Orang Tua Dengan Anak Lebih Erat Harmonis

Ikuti tips berikut untuk memiliki hubungan yang lebih sehat dengan anak-anak Anda dalam jangka panjang.
Ilustrasi hubungan orang tua dengan anak | Foto : Sumber : Freepik/@tim kita