Light Dark

Kata Pelajar Kota Sukabumi Soal Jambore Literasi, Aliterat Iliterat Hingga Literat

News | 08 Mar 2020, 00:00 WIB
Peserta Jambore Literasi Tahun 2019, Rinrin Pratiwi dan Alvita Agripina | ISTIMEWA

SUKABUMIUPDATE.com - jambore literasi merupakan salah satu program Pemerintah Kota Sukabumi yang mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Rinrin Pratiwi, siswi SMKN 2 Kota Sukabumi mengatakan, program jambore literasi yang dilaksanakan pada tahun 2019 silam, dikemas secara menarik. Pasalnya, dalam jambore tersebut, turut dilakukan pengumuman lomba review buku yang ia ikuti.

"Saya sudah ikut dua kali Jambore Literasi, yang pertama itu yang tahun 2018 dan kerua tahun 2019. Perbedaannya terasa sekali dari 2018 ke 2019, di mana lebih berkesan yang tahun 2019. Karena, di tahun 2019 ada lomba review bukunya yang diumumkan pas jambore," kata Rinrin kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (7/3/2020).

Rinrin mengungkapkan, kegiatan jambore itu sendiri memiliki konsep yang sangat bagus. Ia menyebut, dalam kegiatan jambore para peserta benar-benar diajarkan dan dituntun untuk kreatif, disiplin, supel, dan berenergi. Tak hanya itu, para peserta juga harus dituntun bisa berbaur dengan peserta lainnya.


Advertisement

BACA JUGA: Perpustakaan Kelurahan Hingga Jambore, Mengenal Program Literasi Kota Sukabumi

"Karena kemarin di sana kita dibagi kelompok, dan itu bukan per sekolah, menurut sata itu keren banget," tambah Rinrin.

Dihubungi terpisah, siswi SMKN 3 Kota Sukabumi Alvita Agripina mengaku menjadi salah satu peserta jambore literasi pada tahun 2019 lalu. Dalam kegiatan tersebut, ia juga mengaku belajar membuat lampion dari kertas craft. Tak hanya itu, dalam kegiatan yang digelar satu tahun satu kali itu, juga tersedia banyak permainan yang dapat diambil pelajarannya.


Advertisement

BACA JUGA: Mau Les Bahasa Prancis Gratis, Datang ke Perpustakaan Cisarua Kota Sukabumi

"Acaranya sangat berkesan untuk saya pribadi, karena selain mendapatkan pengalaman baru, saya juga mendapat teman-teman baru.

Alhamdullilah di acara jambore literasi 2019 ini, saya mendapatkan juara 3 Literasi Digital.

Pesan saya untuk teman teman semua, jadilah manusia yang berproses dari Aliterat, Iliterat sampai manusia yang Literat," tandasnya.

 

Image

Fit NW

Redaktur

Image

Fit NW

Redaktur

Image

OKSA BC

Reporter