Beasiswa Bupati Sukabumi 2020 Non APBD Diluncurkan, Kuota Untuk 50 Pelajar

Rabu 22 Januari 2020, 12:16 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Pemerintah Kabupaten Sukabumi hari ini, Rabu (22/1/2020) meluncurkan program beasiswa satu kecamatan satu sarjana. Bersama Universitas Nusa Putra, program beasiswa Bupati Sukabumi 2020 ini dipastikan berjalanan tanpa menggunakan uang APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah).

BACA JUGA: Percepatan Pembangunan di Sukabumi, Pemkab Gandeng Universitas Nusa Putra

Peluncurkan Program Beasiswa Bupati Sukabumi Tahun 2020 Kuliah Gratis Sampai Lulus di Universitas Nusa Putra, bertempat di Gedung Pertemuan Pendopo. Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi Muhammad Solihin mengatakan, pemerintah daerah bersama dengan Universitas Nusa Putra (NPU) memberikan beasiswa kuliah S1 gratis sampai lulus bagi 50 pelajar.

“Launching program beasiswa Bupati Sukabumi tahun 2020 merupakan realisasi kerjasama pemda dengan NPU yang telah dibangun. Setiap kecamatan minimal satu orang," kata Solihin.

Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi sebelumnya, sambung Solihin, dibebaskan dari kewajiban pembayaran biaya sumbangan pendidikan karena sepenuhnya ditanggung oleh NPU, selama kuliah di salah satu program studi.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami foto bersama Rektor dan Mahahasiswa Universitas Nusa Putra Sukabumi.//FOTO: GARIS NURBOGARULLAH

"Kecuali biaya KKN (Kuliah Kerja Nyata), PPL (Program Pengalaman Lapangan), tugas akhir, sertifikasi keahlian, dan wisuda,” jelas Solihin.

Terdapat 10 program study S1 di Universitas Nusa Putra yang bisa dipilih penerima beasiswa yakni Ilmu Hukum, Manajemen, Akuntansi, PGSD, Teknik Sipil, Teknik Informatika, Teknik Mesin, Desain Komunikasi Visual, Sistem Informasi, dan Teknik Elektro.

Pendaftaran dibuka bagi pelajar SMK, SMA, MA dari 28 Januari sampai 28 Februari 2020 mendatang, bertempat di kecamatan masing-masing, dimana siswa itu tinggal.  Selain itu bisa juga ke Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi, melalui bagian umum dan kepegawaian atau ke kampus Universitas Nusa Putra. Pendaftaran peserta dari kecamatan akan diserahkan kepada Disdik atau ke NPU pada 1-2 Maret 2020. 

BACA JUGA: Universitas Nusa Putra Teken Kerjasama dengan Tujuh Perguruan Tinggi di Korsel

“Pelaksanakan seleksi akan dilakukan tanggal 7 Maret 2020, di SMP yang berada di kecamatan masing-masing. Waktu dan lokasi SMP nya akan diinformasikan sebelum seleksi dilakukan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Rektor Universitas Nusa Putra Sukabumi Kurniawan menjelaskan beasiswa ini merupakan apresiasi kepada Bupati Sukabumi, perwujudan konsep Triple Helix yaitu kolaborasi pemerintah, industri, dan akademisi.

"Itulah yang ingin kita bangun di Sukabumi ini. Kemajuan Sukabumi tidak hanya ditumpuan atau disalahkan kepada bupatinya saja, tetapi akademisi pun punya peran dan tanggung jawab yang sama, begitu juga industri," papar Kurniawan dalam sambutannya.

Ia menilai terkadang sebagai rakyat ingin diberi oleh pemerintah dan menuntut berlebihan kepada pemerintah atau pimpinan, seolah-olah sumber dari segalannya. "Padahal semua punya kapasitas yang kita miliki, tentu dalam hal ini pun Nusa Putra mengambil momentum membantu bagaimana bupati bisa bekerja dengan cepat dan kita pun sebagai akademisi mendorong menjadi bagian dari pergerakan itu," tandasnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Sukabumi Marwan Hamami menegaskan beasiswa yang baru dilaunching itu, tanpa campur tangan APBD. Semuanya berasal dari Universitas Nusa Putra.

 "Tidak memakai APBD. Ini murni dari Universitas Nusa Putra. Kami bersyukur atas beasiswa yang diinisiasi Nusa Putra ini," jelasnya.

Ke depan, sambung Marwan beasiswa tersebut akan terus dilanjutkan. Bahkan bisa jadi ke depannya semakin banyak. "Bisa saja sekarang baru 50 beasiswa, ke depan sampai 200 atau lebih. Ini akan terus berlanjut," jelasnya.

Tak hanya itu, Marwan mengaku sedang memikirkan beasiswa untuk sekolah kedokteran. Pasalnya, di Kabupaten Sukabumi masih kekurangan dokter. "Kita juga sedang memikirkan beasiswa untuk dokter di Kabupaten Sukabumi," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Kecantikan29 Maret 2024, 12:30 WIB

Inilah 4 Fungsi Make Up Glitter, Bisa Bikin Hidung Tampak Mancung!

Glitter pada make-up memiliki fungsi yang beragam dan bisa memberikan tampilan yang spektakuler.
Ilustrasi. Manfaat Glitter dalam Make Up. Sumber: pixabay.com/stux
Kecantikan29 Maret 2024, 12:00 WIB

5 Warna Lipstik yang Cocok untuk Bibir Gelap Agar Tampil Lebih PD

Artikel akan membahas berbagai pilihan warna lipstik yang cocok untuk bibir gelap. Lebih lengkap dengan memberikan tips dan saran tentang warna-warna yang akan menonjolkan keindahan bibir Anda.
Ilustrasi. Rekomendasi Warna Lipstik yang Cocok untuk Bibir Gelap. Sumber: pixabay.com/AestheticJourney
Sukabumi29 Maret 2024, 11:22 WIB

RLPPD Tahun 2023: Kabupaten Sukabumi Raih 93 Penghargaan

Penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Sukabumi pada tahun 2023 telah menorehkan prestasi yang membanggakan.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri. | Foto: Istimewa
Life29 Maret 2024, 11:11 WIB

6 Etika Ngobrol yang Membuat Anda Disenangi Banyak Orang, Ini Caranya

Terdapat beberapa sikap yang membuat seseorang disenangi banyak orang. Karena itu penting diketahui agar menjadi solusi kehidupan yang bermakna
Ilustrasi - Ada beberapa etika yang perlu diperhatikan saat ngobrol dengan orang lain terutama yang baru dikenal (Sumber : Pexels/Thirdman)
Food & Travel29 Maret 2024, 11:07 WIB

Cocok Jadi Sajian Lebaran, Intip Resep Bakso Sapi Ala Devina Hermawan! Kuahnya Super Gurih

Bakso Sapi dengan kuah super gurih ala Devina Hermawan ini tentu juga bisa jadi suguhan untuk tamu-tamu yang bersilaturahmi ke rumah Anda pada saat lebaran nanti.
Sajian lebaran untuk keluarga, resep Bakso Sapi kuah super gurih ala Devina Hermawan. | Foto: YouTube/Devina Hermawan
Life29 Maret 2024, 11:00 WIB

5 Seni Berbicara yang Membuat Anda Berwibawa di Mata Orang, Yuk Buktikan!

Seni berbicara di hadapan orang lain rupanya ada tekniknya agar dipandang berwibawa. Jadi solusi bagi orang yang ingin dihormati dan disegani.
Ilustrasi. Seni berbicara agar berwibawa. Sumber foto : Pexels/Henri Mathieu-Saint-Laurent
Sehat29 Maret 2024, 10:59 WIB

5 Jenis Makanan yang Bisa Memperpendek Umur, Hindari Mulai Sekarang!

Terdapat jenis makanan yang rupanya bisa memperpendek umur. Karena itu penting menghindarinya agar bisa berumur panjang di masa depan
Ilustrasi - Makanan yang bisa memperpendek umur (Sumber : Pexels/Alexy Almond)
Food & Travel29 Maret 2024, 10:52 WIB

Segar Banget! Resep Es Kopyor Tanpa Kelapa, Nikmat Jadi Takjil Puasa

Minuman segar dan manis ini cara membuatnya juga mudah karena menggunakan bahan-bahan mudah dijangkau.
Minuman yang segar dan manis, resep Es Kopyor Tanpa Kelapa ala Devina Hermawan. | Foto: YouTube/Devina Hermawan
Life29 Maret 2024, 10:46 WIB

5 Rahasia Cepat Kaya Orang China yang Bisa Ditiru dalam Kehidupan Sehari-hari

Orang China identik dengan pribadi yang kaya dan pebisnis. Tentunya, di balik itu semua ad acara berpikir yang membuatnya sukses sampai tujuh turunan
Ilustrasi - Cara kaya ala orang China (Sumber : Pexels/RDNE Stock project)
Kecantikan29 Maret 2024, 10:45 WIB

5 Cara Memilih Foundation yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang

Artikel ini akan mengulas beberapa tips dan trik untuk mengidentifikasi foundation yang tepat untuk kulit Anda, termasuk cara memilih warna yang sesuai, mengetahui tekstur foundation yang sesuai, dan memilih coverage atau tutupan yang sesuai dengan kulit.
Ilustrasi. Make Up. Cara Memilih Foundation yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang. Sumber: pixabay.com