Light Dark

Sobat Cyber Indonesia Gencarkan Literasi Digital Bagi Kaum Muda dan Pelajar di Sukabumi

News | 08 Nov 2019, 03:12 WIB
Kegiatan Literasi Digital Yang dilaksanakan oleh Sobat Cyber Indonesia di SMAN 1 Cibadak. | CRP 4.

SUKABUMIUPDATE.com - Menghadapi era revolusi industri 4.0 Sobat Cyber Indonesia (SCI) melakukan kegiatan Literasi Digital ke setiap sekolah-sekolah di Kabupaten Sukabumi. Salah satunya dilaksanakan di SMAN 1 Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

Ketua Sobat Cyber Indonesia (SCI) Kabupaten Sukabumi, Ujang Hendi menjelaskan, kegiatan ini merupakan gagasan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), kemudian bekerjasama dengan beberapa komunitas yang ada di Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Pelajar TK, SD dan SMP se Sukabumi Ikuti Lomba LMK di SMAN 1 Cibadak


Advertisement

"Iya untuk mengedukasi agar anak muda lebih smart berdigital dan tidak mudah menyebar informasi hoax, kerusuhan, atau informasi yang mampu mengundang kericuhan masyarakat," ucapnya kepada sukabumiupdate.com, Jum'at (8/11/2019).

Menurut Ujang, kegiatan Literasi Digital ini merangkul berbagai komunitas anak muda, penggerak media sosial. Bahkan selebgram untuk lebih bijak dalam penggunaan digital saat ini. Acara ini sudah pernah dilakukan sebelumnya di SMKN 1 Cibadak dan akan berkelanjutan untuk depannya.


Advertisement

"Data yang sudah ada di kita saat ini SMAN 1 Nagrak, SMAN 1 Cisaat, SMKN Kota Sukabumi, dan SMAN 1 Jampang Tengah. Saat ini kita garap oleh 8 orang kepengurusan," tuturnya.

Sementara itu, staf kesiswaan SMAN 1 Cibadak Abdul Malik menyambut baik kegiatan tersebut. Ia mengungkapkan bahwa penting bagi siswa-siswi dengan Literasi Digital ini. "Sangat bermanfaat sekali bagi sekolah apalagi dengan era 4.0, penting sekali arahan memanfaatan digitalisasi ini," jelasnya.

BACA JUGA: Bahagianya Latifa, Paskibraka Pembawa Baki Bendera Merah Putih Asal SMAN 1 Cibadak

Ia menambahkan, ada sekitar 35 rombongan peserta pelajar yang ikut, jika ditotalkan sekitar 1000 siswa-siswi seluruhnya.

"Mudah-mudahan materi ini ada tindak lanjutnya, karena fasilitas dari sekolah sudah mumpuni, seperti halnya setiap pembelajaran atau ujian ada programnya yaitu aplikasi Computer Based Test (CBT) jadi sudah sejalan dengan program yang ada di sekolah," tandasnya.

Image

Ardi Yakub

Reporter

Image

Ardi Yakub

Redaktur

Image

CRP 4/ADV

Reporter