Dihadiri 2145 Peserta, Albacadabra Albayan Boarding School Sukabumi 2019 Super Kreatif

Minggu 03 November 2019, 00:01 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ajang tahunan bergensi penuh kreatifitas oleh para siswa Albayan Boarding School Sukabumi kembali digelar. Tahun ini, Albayan Competition As Development Of Achievemen And Big Revolusion For All atau terkenal dengan nama Albacadabra, dihadiri 2145 peserta, termasuk pelajar dari beragam sekolah di berbagai wilayah di Indonesia termasuk Papua.

Berlangsung dari hari Senin lalu hingga Sabtu (2/11/2019), Albacadabra 2019 ditutup dengan penampilan menawan dari dua musisi berbakat tanah air. Ada penyanyi solo Aziz Hayat atau yang akrab disapa Jaz, yang menampilkan banyak lagu hits yang tercatat di Top Chart lagu Indonesia, termasuk single debutnya "Dari Mata".

Tak cukup JAZ, grand closing Albacadabra 2019 juga menampilkan si gondrong bersuara romantis Muhammad Istiqamah Djamad atau Is mantan mantan vokalis dari Payung Teduh, yang tampil dengan entitas barunya, Pusakata.

BACA JUGA: Wabup Sukabumi Acungi Jempol ALBACADABRA 2018

Ketua pelaksana Muhammad Fati Abdurahman (17) mengatakan Albacadabra tahun ini tetap mengedepankan ide dan kratifitas para siswa Albayan Boarding School yang beralamat di Kampung Cikiwul, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi. "Sekarang yang ikut serta bukan hanya dari Jawa barat saja tetapi ada dari luar pulau salah satunya dari papua. Total pesertanya untuk tahun ini ada 2145," ucapnya kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (02/11/2019).

Penampilan bintang tamu penyanyi muda berbakat, JAZ di Albacadabra 2019.

Lomba-lomba yang memupuk jiwa kompetisi siswa tahun ini berlangsung cukup seru. Mulai dari yang berbasis sains, kreasi seni, hingga pendidikan keislaman, menampilkan banyak kreatifitas para siswa yang patut diacungi jempol.

"Utamanya sih untuk mewadahi kompetisi bagi siswa-siswi yang ada di Indonesia, kita juga dalam proses acara ini menghadirkan stand bazar UKM (Usaha Kecil Menengah), fasilitas untuk para pencinta buku dan pameran karya seni daur ulang." tuturnya.

Pameran buku di acara Albacadabra AL Bayan Sukabumi.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Albayan Zulkarnain mengungkapkan agenda Albacadabra ini merupakan bentuk ekpreasi kreatifitas siswa-siswi Albayan. Hal ini menjadikan bekal para siswa-siswi dalam kompetensi dimasa yang akan datang seperti penyelesaian masalah, ide-ide kreatif, dan kemandirian.

BACA JUGA: Keren Seperti SMA, SMK Doa Bangsa Borong 6 Piala Albacadabra dan Kompetisi Bola Basket

"Iya itu menjadi tanggungjawab sekolah. Orang tua mereka menitipkan anaknya seluruhnya. Mereka tinggal disini 24 jam setiap harinya melakukan kegiatan pembelajaran. Dengan itu tanggungjawab kami untuk konsen sangat mengembangkan karakter dan kreatifitas siswa-siswi disini," jelasnya.

Bazaar makanan dari UKM ikut meriahkan kegiatan tahunan Albayan Boarding School Sukabumi.

Zulkarnain bercerita bahwa kegiatan ini diperkasai oleh OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah), sejak delapan tahun lalu. Mulai dari acara sederhana namun tetap mengusung ajang kreatifitas para siswa-siswi.

“Bagaiamana pun mereka harus punya perhatian pada lingkungan mereka, kreativitas yang memang mulai dari siswa-siswi itu sendiri. Kemudian dikembangkan lagi menjadi teknologi, kebahasaan, keislaman dan olahraga. Makin hari makin bervariasi dan pesertanya pun makin luar biasa banyak," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Internasional19 April 2024, 02:02 WIB

Bencana Banjir Melanda Dubai, Ilmuan Peringatkan Hal Ini

Bencana alam berupa banjir melanda Dubai, Uni Emirat Arab, pada hari Selasa (16/4/2024), setelah hujan deras mengguyur negara tersebut.
Bencana Banjir Melanda Dubai | Foto : Capture video youtube HAG Weather
Keuangan19 April 2024, 01:29 WIB

6 Tanda Kamu Lebih Cocok Jadi Pebisnis Ketimbang Karyawan, Ini Buktinya

Sesungguhnya ada beberapa tanda yang menjadi petunjuk orang lebih cocok jadi pebisnis daripada karyawan
Tanda orang lebih cocok jadi pebisnis  | Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Inspirasi19 April 2024, 01:19 WIB

5 Tipe Overthinking yang Sering Dialami Banyak Orang, Kamu Termasuk yang Mana?

Overthingking sejatinya dibagi ke dalam beberapa tipe yang mungkin jarang diketahui banyak orang. Mari simak penjelasan berikut
Tipe orang overthingking | Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi19 April 2024, 00:53 WIB

Warga Keluhkan Sampah Dekat Terminal Sagaranten Sukabumi, Tidak Ada TPS Meski Iuran

Sejumlah pedagang dan warga mengeluhkan pengolahan sampah di sekitar Terminal Sagaranten Kabupaten Sukabumi
Warga Sagaranten sedang membersihkan sampah yang menumpuk | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 00:03 WIB

ASN di Sukabumi Balik Tuduh Istrinya yang Lakukan KDRT, Akan Dilaporkan Jika Tak Minta Maaf

ASN di Sukabumi membantah tuduhan KDRT. Ia menyebut informasi yang disampaikan oleh istrinya melalui kuasa hukumnya merupakan kebohongan, tidak sesuai fakta, dan terlalu dilebih-lebihkan.
Huasa hukum BCA, Muhammad Adad Maulana saat menunjukan bukti KDRT yang dilakukan oleh DM kepada BCA | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi18 April 2024, 23:16 WIB

Pelajar dan Forkopimcam Cisolok Bersihkan Pantai Karang Hawu Pasca Libur Lebaran 2024

Usai cuti libur lebaran 2024, Forkopincam Cisolok bersama para pelajar SMP Cisolok melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Karang Hawu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/4/2024).
Forkopincam Cisolok bersama para pelajar SMP Cisolok melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Karang Hawu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/4/2024) | Foto : Ilyas Supendi
DPRD Kab. Sukabumi18 April 2024, 22:56 WIB

Anggota DPRD Beri Apresiasi Libur Lebaran 2024 di Sukabumi Nihil Korban Jiwa

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Badri Suhendi menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada tim gabungan atas keberhasilan mereka dalam meningkatkan keamanan di objek wisata selama libur Lebaran 2024.
Badri Suhendi, Anggota DPRD Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Bola18 April 2024, 22:54 WIB

Hasil Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia Bungkam Australia 1-0

Gol Komang Teguh membawa Timnas Indonesia U-23 kalahkan Australia di Piala Asia U-23 2024.
Komang Teguh cetak gol satu-satunya Timnas Indonesia U-23 atas Australia di Piala Asia U-23 2024 Qatar. (Sumber : PSSI)
Sukabumi Memilih18 April 2024, 21:56 WIB

Usai Daftar di Demokrat dan PDIP, Ayep Zaki Buka Opsi Maju Pilwalkot Sukabumi Lewat Koalisi Besar

Pengusaha sekaligus Pembina FKDB, Ayep Zaki resmi menyerahkan berkas formulir pendaftaran bakal calon wali kota / wakil wali kota ke dua partai politik di Kota Sukabumi, yaitu Partai Demokrat dan PDI Perjuangan
H. Ayep Zaki resmi mendaftar ke Partai Demokrat dan PDIP untuk maju Pilkada Kota Sukabumi | Foto : Syams
Sehat18 April 2024, 21:00 WIB

Cara Simpel Membuat Jus Mengkudu untuk Mengontrol Gula Darah, Ini Langkahnya

Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah.
Ilustrasi - Jus mengkudu dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya untuk mengontrol kadar gula darah. (Sumber : YouTube/@Angela Kim).