Light Dark

Ratusan Pelajar Anggota Pramuka Kwarran Waluran Meriahkan Hut Pramuka ke-58

News | 29 Aug 2019, 08:00 WIB
Kwarran Waluran, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi mengikuti perayaan HUT Pramuka ke-58 di Perkemahan Hutan Pinus Kampung Legok Jati, Desa Mekarmukti, Kabupaten Sukabumi. | Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Sekitar 732 orang siswa anggota Pramuka penggalang dan penegak dari 34 Gugus Depan (Gudep), ikut serta dalam penutupan HUT Pramuka ke-58 Kwartir Ranting (Kwarran) Waluran, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, di Perkemahan Hutan Pinus Kampung Legok Jati, Desa Mekarmukti. 

BACA JUGA: Dalam Rangka Memperingati HUT Pramuka yang Ke 58

Tak hanya siswa,136 orang dari pengurus Kwarran, Majelis Pembimbing Desa (Mabides), dan panitia penegak sebanyak 35 orang ikut serta dalam kemeriahan HUT Pramuka ke-58. 


Advertisement

"HUT Pramuka tahun 2019 untuk Kwarran Waluran ini diundur menjadi tanggal 27 - 29 Agustus 2019, karena sebelumnya bertepatan dengan heri raya Idul Adha dan HUT RI," ujar Ketua Pelaksana HUT Pramuka 58 Kecamatan Waluran, R Qudus kepada sukabumiupdate.com usai penutupan Hut Pramuka ke-58, Kamis (29/8/2019).

Menurut R Qudus, yang juga menjabat sebagai Kepala SMP Negeri 3 Waluran ini, HUT Pramuka dilaksanakan selama tiga hari dan diisi dengan berbagai perlombaan.


Advertisement

"Ada Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB), Lomba Cerdas Cermat (LCC), Kreasi Seni, lintas alam, dan kerapihan tenda. Pesertanya dari SMPN 1 Waluran, SMPN 2 Waluran, SMPN 3 Waluran dan Sekolah Dasar Negeri (SDN) sebanyak 17 SDN, lima MI, tiga Mts, dan empat tingkat SLTA/SMK," tambahnya.

BACA JUGA: Kuda Lumping dan Aksi Sosial Pelajar Meriahkan HUT Pramuka di Ciracap Sukabumi

"Selama pelaksanaan kegiatan berjalan lancar, namun yang terpenting adanya kegiatan kreativitas ini, membuat anak anak bersemangat, bersaing secara sportif, dan rasa kebersamaan tetap terjaga," pungkasnya.

Sementara itu Bendahara Panitia HUT Pramuka, Gelar Derajat menambahkan bahwa kegiatan tersebut bukan hanya sekedar berkemah, namun ajang silaturahmi dan pembentukan karakter setiap peserta, untuk lebih mandiri, membentuk jiwa sosial, dan pengembangan prestasi baik akademik maupun non akademik. "Mereka yang berprestasi mendapatkan penghargaan untuk memicu motivasi," pungkasnya. 

Image

Redaktur

Image

RAGIL GILANG/ADV

Reporter

Image

Reporter