Seminar CBI di Cicurug Sukabumi, Tingkatkan SDM Programmer Profesional

Rabu 01 Mei 2019, 09:38 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Perguruan tinggi Citra Buana Indonesia (CBI) Cicurug menggelar seminar Hackprog yang dikemas dalam giat Ngopy yang merupakan singkatan dari Ngoding Happy, Rabu (1/5/2019). Giat diikuti oleh sekitar 250 mahasiswa CBI di Ballroom Hotel Iscalton Jalan Raya Siliwangi Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi. Giat juga diikuti mahasiswa dari Jakarta, Bandung dan Tangerang.

Farid Nasruloh, penanggung jawab Seminar mengatakan, kegiatan tersebut digelar mengingat kebutuhan SDM di bidang programer sangat luas, apalagi minat mahasiswa kami di CBI sangat tinggi.

"Hal itu sesuai dengan tujuan kami, yaitu membangun SDM yang profesional, yang dibutuhan di dunia usaha baik swasta maupun pemerintah," ujarnya.

(Salah satu pemateri di acar Seminar Ngoding Happy (Ngopy) kepada mahasiswa calon programmer.)

Farid mengulas, kegiatan tersebut berawal dari obrolan antar mahasiswa yang ingin menggali potensi. Melihat adanya antusiasme yang tinggi, akhirnya tercetus untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut.

"Pembicaranya dari Deni Aristiandi, M.Kom, Direktur AMIK CBI, beliau memaparkan alasan kenapa kita harus bangga jadi seorang programer. Kemudian ada Sandika Galih dari Universitas Pasundan Bandung sebagai YouTuber framing, membawakan bagaimana cara membuat website portofolio," imbuhnya.

BACA JUGA: Lutfi Ab-Wirastinov Pimpim Himpunan Mahasiswa Amik CBI Cicurug Kabupaten Sukabumi

"Kami berharap dengan belajar pemrograman ini kita dapat memberikan manfaat yang sangat besar baik untuk pribadi dan orang lain," pungkas Farid.

Sementara itu, Direktur AMIK CBI Deni Aristiandi mengapresiasi para mahasiswa yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Ia menyebut, minat mahasiswa di jurusan komputer masih cukup besar. Kebanyakan perusahaan membutuhkan SDM yang menguasai komputer.

"Perusahaan besar memerlukan jurusan atau keahlian khusus yang memang tidak didapati oleh jurusan yang lain, sehingga hari ini permintaan akan minat untuk komputer luar biasa sekali," ujar Deni.

Deni mengatakan, di wilayah Kota dan Kabupaten peminat jurusan komputer sangat besar, tapi untuk keahlian menjadi seorang programmer perlu ketekunan dan kerja keras. Di CBI sendiri jurusan yang cukup diminati adalah Manajemen Informatika dan Teknik Informatika.

"Diharapkan, melalui kegiatan ini juga, terbangun oleh sebuah komunitas sehingga bisa menambah wawasan sambil menjalin komunikasi," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat27 April 2024, 09:00 WIB

Cara Membuat Teh Serai yang Kaya Antioksidan untuk Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Teh serai menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.
Ilustrasi - Teh serai menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Sehat27 April 2024, 08:45 WIB

5 Manfaat Kesehatan Teh Hijau untuk Program Diet yang Jarang Diketahui

Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan.
Ilustrasi - Teh hijau juga dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mendukung penurunan berat badan. (Sumber : Pixabay.com/arum33).
Inspirasi27 April 2024, 08:12 WIB

LW Doa Bangsa Sosialisasikan Wakaf dalam Acara Temu Rembug PPPH Kabupaten Kuningan

Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan
Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) melakukan kunjungan silaturahmi sekaligus temu rembug dengan calon pengurus LPPPH EWI kabupaten Kuningan (Sumber : Istimewa).
Sehat27 April 2024, 08:00 WIB

6 Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak

Berikut Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Mendukung Kecerdasan Anak. Ayah Bunda Yuk Simak!
Frittata, Olahan Telur. Rekomendasi Makanan Mengandung Omega 3 untuk Kecerdasan Anak (Sumber : via tastyfitnessrecipes)
Life27 April 2024, 07:00 WIB

Lakukan Sekarang! 7 Kebiasaan Positif di Pagi Hari yang Akan Membentukmu Menjadi Orang Sukses

Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.
Ilustrasi. Membaca Buku | Kebiasaan positif di pagi hari ini akan membentukmu menjadi orang sukses di masa depan.(Sumber : pixabay.com/@455992)
Inspirasi27 April 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 April 2024, Yuk Cek Dulu Sebelum Jalan-jalan di Akhir Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 26 April 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz