Tips Betah Baca Buku dari Ketua Pengelola Perpustakaan Taman Pamekar Kabandungan Sukabumi

Minggu 24 Maret 2019, 05:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Lia Yulianti (35 tahun), ketua pengelola perpustakaan Taman Pamekar, Desa Kabandungan, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, mengungkapkan, buku-buku fiksi merupakan wahana rekreaksi bagi otak.

Menurut Lia, apabila seseorang membaca buku pelajaran baiknya selingi dengan buku fiksi. Hal itu perlu dilakukan untuk mempertahankan minat baca.

"Kalau membaca buku pelajaran ataupun buku-buku tentang yang non fiksi itu memang akan cepat bosan. Selingi dengan membaca buku-buku fiksi. Misalkan sukanya tentang humor, cari buku-buku humor. Atau bisa juga fiksinya tentang novel, karena novel itu juga kan banyak jenisnya. Sebab buku-buku fiksi itu adalah wahana rekreasi bagi otak kita," ujar Lia dalam acara Tamu yang diadakan sukabumiupdate.com, Sabtu (23/3/2019).

Lia yang saat ini tercatat sebagai mahasiswa S1 Ilmu Perpustakaan Universitas Terbuka (UT) itu merintis dan menjadi ketua pengelola perpustakaan Taman Pamekar sejak November 2002 lalu hingga saat ini. 

"Perpustakaan Taman Pamekar berdiri atas prakarsa kepala desa dan juga mendapatkan support dari program CSR Unocal Geothermal Indonesia. Dilanjutkan tahun 2005 sampai dengan 2016 itu Chevron Geothermal Salak dan saat ini kita tetap mendapatkan support dari Star Energy Geothermal Salak," paparnya.

Di perpustakaan Taman Pamekar yang ada di Jalan Tirtaatmaja nomor 2 Kampung Pajagan RT 25/10 Desa Kabandungan ini ada sebanyak 7.810 judul buku dan 8.521 eksemplar, 1.415 majalah, 160 ensiklopedia. 

BACA JUGA: Mengenal Lia Yulianti, Aktivis Literasi di Perpustakaan Taman Pamekar Kabandungan Sukabumi

Menurut dia, perpusatakaan saat bukan hanya tempat membaca dan pinjam buku. Sebab di era saat ini perpustakaan harus mengikuti kemajuan teknologi yang ada. 

Selain layanan standar perpustakaan berupa layanan anggota, membaca dan meminjam buku, lanjut Lia, perpustakaan Taman Pamekar juga memiliki layanan unggulan yaitu Siraman Gagasan Keliling (Sigaling), Disini Masyarakat Dapat Berkarya (Simaya), Disini Tersedia Internet dan TIK (Sirintik), Disini Dapat Belajar (Sipajar) dan Layanan Si Kipin alias Kios Pintar.

BACA JUGA: Buku Cetak dan Buku Digital, Mana Lebih Asyik?

"Saat ini perpustakaan juga harus dapat mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Alhamdulillah di Tahun 2018 yang lalu, perpustakaan Taman Pamekar mendapatkan prestasi yang sangat luar biasa. Hingga meraih juara empat tingkat nasional itu karena perpustakaan Taman Pamekar bertransformasi," jelasnya.

Lebih lanjut, Lia menjelaskan Kipin sangat membantu belajar seluruh kalangan dari pelajar hingga masyarakat umum.

"Kipin itu bentuknya kayak mesin ATM. Dan kita bisa download aplikasi Kipin ini di Play Store, namanya Kipin ATM Remote. Tentunya hanya untuk yang ada di sekitar Kabandungan saja. Di dalam Kipin ini terdapat lebih dari 17 ribu soal try out mata pelajar. Terus juga terdapat kurikulum pendidikan 2006, kurikulum 2013 yang mana dari mulai SD, SMP, SMA dan SMK terdapat disitu. Selain ada video edukasi terus ada komik edukasinya juga dan buku-buku umum," tukasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Bola25 April 2024, 21:54 WIB

Kalahkan Borneo FC 2-1, Persib Segel Runner-up Regular Series Liga 1 2023/2024

Dua gol Persib Bandung atas Borneo FC disumbangkan David da Silva menit 20 dan Ciro Alves (70).
Para pemain Persib merayakan gol ke gawang Borneo FC pada pertandingan pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, (Sumber : PERSIB.co.id)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 21:39 WIB

Tiga Partai Bahas Draft Koalisi, Sepakat Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Sukabumi 2024, sejumlah elit partai tengah sibuk melakukan komunikasi dengan sesama partai untuk membangun koalisi.
Pertemuan Golkar PPP dan Gerindra membahas draf koalisi | Foto : Ist
Sukabumi25 April 2024, 21:19 WIB

Pemkot Sukabumi Beri Hadiah Untuk SKPD dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak

SKPD yang menerima hadiah dianggap telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendorong pendaftaran pekerja rentan ke dalam program jaminan sosial.
Pemberian hadiah bagi SKPD Pemkot Sukabumi dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak. (Sumber : Istimewa)
Bola25 April 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Klik Disini!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Life25 April 2024, 20:59 WIB

Dapat Tekanan dari Orang Tua Lain, Berikut 4 Penyebab Penerapan Pola Asuh Helikopter

Pola asuh helikopter berarti orang tua sepenuhnya menyetir anak mereka agar menjadi orang yang mereka inginkan karena beberapa penyebab.
Ilustrasi penyebab penerapan pola asuh helikopter. | Sumber Foto: Freepik/@freepik
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 20:29 WIB

DPRD Sukabumi Apresiasi Capaian Otonomi Daerah dan Harapan untuk Kemajuan Lebih Mandiri

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan, menyampaikan apresiasi atas capaian otonomi daerah yang mandiri
Usep Wawan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Nasional25 April 2024, 20:03 WIB

Surya Paloh Deklarasikan NasDem Dukung Penuh Pemerintahan Prabowo-Gibran

Hal itu disampaikan Surya Paloh usai melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto, Kamis, 25 April 2024.
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto saat menerima kedatangan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Sumber : IG Sufmi Dasco)
Sehat25 April 2024, 20:00 WIB

11 Kebiasaan Ini Bantu Jaga Gula Darah Anda Tetap Normal, Yuk Lakukan

Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.  (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life25 April 2024, 19:46 WIB

Hindari 8 Aktivitas Berikut Agar Hubungan Orang Tua Dengan Anak Lebih Erat Harmonis

Ikuti tips berikut untuk memiliki hubungan yang lebih sehat dengan anak-anak Anda dalam jangka panjang.
Ilustrasi hubungan orang tua dengan anak | Foto : Sumber : Freepik/@tim kita
Sukabumi25 April 2024, 19:36 WIB

Peringati Hari Bumi, Pemuda Pabuaran Sukabumi Tebar 15.000 Bibit Ikan di Sungai Cikaso

Dalam rangka memperingati Hari Bumi, sejumlah pemuda di Pabuaran Sukabumi tebar ribuan bibit ikan di Sungai Cikaso.
Sejumlah pemuda di Pabuaran Sukabumi tebar ribuan bibit ikan di Sungai Cikaso. (Sumber : Istimewa)