Light Dark

Dukung Konservasi Kesenian, Sosok Kang Pipit Preman Pensiun di Mata Pegiat Sejarah Sukabumi

Sukabumi | 29 Jan 2021, 13:17 WIB
Kang Pipit Preman Pensiun meninggal dunia. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kang Pipit Preman Pensiun meninggal dunia di Bandung pada Jumat sore sekira pukul 15.00 WIB. Pria bernama asli Icaa tersebut sebelumnya beberapa kali dirawat di rumah sakit.

Rupaya, selain berakting di sinetron Preman Pensiun, semasa hidup Kang Pipit kerap hadir mengisi beberapa acara-acara, salah satunya di Konservasi Seni Budaya di Gedung Juang Kota Sukabumi pada Oktober 2018 silam.

Ketua Yayasan Dapuran Kipahare dan Bagian Riset Kesejarahan Soekaboemi Heritages, Irman Sufi Firmansyah menceritakan, saat itu Kang Pipit hadir di acara yang diselenggarakan Dewan Kesenian Kota Sukabumi.

BACA JUGA: Innalillahi, Kang Pipit Preman Pensiun Tutup Usia

"Waktu itu anggota Dewan Kesenian kota Sukabumi mengadakan acara tersebut dan saya jadi pembicara talkshow-nya. Kang Pipit hadir. Saya sempat ngobrol sedikit, ternyata beliau memang pernah menjadi preman asli, bahkan pernah dibui," kata Irman kepada sukabumiupdate.com, Jumat malam.

Irman juga menyebut bahwa Kang Pipit Preman Pensiun adalah orang yang humoris. "Orangnya suka bercanda, tidak jaim, seperti teman yang sudah kenal lama. Dan orang-orang yang minta difoto bareng dipersilahkan, bahkan dicandain," pungkasnya.

Tangkapan layar postingan saat Kang Pipit Preman Pensiun hadir di acara Dewan Kesenian Kota Sukabumi, Oktober 2018 silam. 

Ia pun turut mendoakan kepergian Kang Pipit Preman Pensiun serta keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan.

"Beliau orangnya baik dan dari candaanya sering memberi pencerahan atau hikmah soal hidup. Kita semua dan penggemarnya merasa kehilangan. Kita hanya bisa mendoakan dan mengambil hikmah dengan terus berbuat baik meskipun kita pernah keliru. Tetaplah terus memperbaiki dan berbuat baik," ungkap Irman.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Herlan Heryadie

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

CRP11

Reporter