Light Dark

TPT Ambruk, Warga Palabuhanratu Sukabumi Pindahkan Perabotan Rumah

Sukabumi | 29 Jan 2021, 08:15 WIB
Kondisi rumah di atas TPT Sungai Cipalabuan di Kampung Babakan Gumelar RT 03/ 24, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. TPT itu ambruk dan mengancam rumah yang berdiri di atasnya. | nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Ambruknya tembok penahan tanah (TPT) Sungai Cipalabuan mengancam 5 rumah di Kampung Babakan Gumelar RT 03/ 24, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Rumah tersebut terancam sebab berdiri di atas TPT yang ambruk.

TPT tersebut ambruk pada Senin (25/1/2021) sekitar pukul 22.00 WIB. Dalam kejadian tersebut, sebuah dapur rumah rusak. "Kejadian pas hujan besar, bagian dapur rumah saya terdampak, sebagian perabotan hanyut terbawa air sungai, sepeda anak juga ikut terbawa hanyut," ujar Herman (61 tahun) pemilik rumah, Jumat (29/1/2021).

BACA JUGA: Hujan Deras, Empat TPT Sungai di Desa Mekarsakti Ciemas Sukabumi Jebol

Herman berharap TPT dibangun lagi sebab apabila tidak maka air sungai akan terus menggerus TPT tersebut. 

 

Pemilik rumah lainnya, Ade Sri Hartati mengungkapkan telah memindahkan perabotan di dapur karena khawatir setelah TPT itu ambruk. "Was-was juga, takut sekarang juga, kalau hujan saya pindahin barang-barang perabotan rumah tangga ke bagian depan rumah," timpalnya.

Dirinya berharap, pemerintah segera melakukan perbaikan dengan kembali membuat TPT atau dam yang Ambruk tersebut.

"Kemarin juga sudah ada yang meninjau dari pemerintahan gak tau dari mana-mananya, melihat, mengambil foto. Saya pengennya cepat diperbaiki, khawatir apalagi akhir-akhir ini kalau malam hujan terus, takut terjadi Ambruk lagi bagian dapur bisa-bisa ikut Ambruk juga," tandasnya.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas serta aktivitas di luar rumah). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

NANDI

Reporter