Light Dark

Harganya Rp 5 Juta Per Kilogram, Kades Kadununggal Sukabumi Ajak Warga Tanam Vanili

Sukabumi | 12 Jan 2021, 08:20 WIB
Penyerahan bibit pohon vanili dari pemerintah ke petani. Di Desa Kadununggal, Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi vanili ditanam di lahan seluas 1 hektar. | CRP 10

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Desa Kadununggal Muhammad Yusuf menyatakan akan mendorong kembali program penanaman tanaman vanili di kelompok tani hingga tingkat rumah tangga.

Menurut dia, program penanaman vanili di Kecamatan Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi ini semestinya berjalan tahun 2020 lalu, tapi terhambat karena pandemi Covid-19. Yusuf yakin, program penanaman ini akan berjalan apalagi Desa Kadununggal mendapatkan bantuan hibah bibit vanili dari Kementerian Pertanian. vanili ditanam di lahan seluas 1 hektar yang tersebar di desa Kadununggal.

BACA JUGA: Pemkab Sukabumi Ingin Ekspor Vanili, Dimana Kebunnya?

"Alhamdullilah ada dua kelompok tani di Desa Kadununggal yang sudah mendapatkan bantuan berupa bibit vanili dari hibah Kementerian Pertanian" kata Yusuf dalam kegiatan penyerahan bibit vanili, Selasa (12/1/2020). 

Sementara itu Aden Sayebatul Hamdi penyuluh swadaya masyarakat yang ikut dalam acara ini menuturkan, produksi vanili seperti Tahiti dan Madagaskar yang tengah mengalami penurunan menjadi peluang bisnis yang harus bisa dimanfaatkan petani.

BACA JUGA: Harga Vanili Meroket, Maling di Cidolog Sukabumi Beraksi

"Apalagi harga vanili kini bagus. Untuk diketahui, saat ini harga vanili kering bisa mencapai Rp 5 juta/Kg, sedangkan untuk vanili basah mencapai Rp 500 ribu/Kg. Untuk mendapatkan 1 Kg vanili kering diperlukan 6 Kg vanili basah," tutur Aden.

Sementara itu, Camat Kalapanunggal Arif Solihin mengatakan, pandemi covid-19 menghambat program penanaman vanili ini. "Program Kalapanunggal kecamatan vanili seharusnya berjalan di tahun 2020 namun dikarenakan munculnya pandemi Covid-19, program jadi terhambat. Dana untuk program Kalapa Nunggal Kecamatan vanili sebesar Rp 45 juta per desa pun langsung dialihkan ke Covid-19," jelas Arif.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

CRP 10

Reporter