Light Dark

Incar Korban Lewat Facebook, Polres Sukabumi Bekuk Tiga Curas Berpistol

Sukabumi | 28 Dec 2020, 17:04 WIB
Pengungkapan kasus pencurian dengan kekerasan (Curas) dalam konferensi pers di halaman Mapolres Sukabumi, Senin (28/12/2020). | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Tiga orang pelaku pencurian dengan kekerasan diamankan jajaran Polres Sukabumi. Ketiga pelaku diperlihatkan dalam konferensi pers di halaman Mapolres Sukabumi, Senin (28/12/2020).

Ketiganya masing-masing berinisial US (32 tahun), DA (32 tahun) dan (36 tahun). Para pelaku Curas ini melancarkan aksinya pada Juli-November 2020. Ketiganya berhasil ditangkap pada pertengahan Desember 2020 lalu.


Advertisement

Kapolres Sukabumi, AKBP M Lukman Syarif mengatakan, modus yang dilakukan ketiga pelaku ini adalah dengan mengincar calon korban melalui Facebook. Sasarannya adalah orang yang akan menjual kendaraan di Facebook.

BACA JUGA: Polisi Buru Begal Bersenjata Api di Pantai Batu Bintang Sukabumi

Para pelaku selanjutnya menghubungi korbannya dengan modus akan membeli kendaraan yang akan dijual korban, dengan mengajaknya melakukan transaksi langsung alias COD (Cash On Delivey) di titik lokasi yang telah ditentukan.

"Setelah disetujui, korban dan para pelaku ketemu di titik lokasi yang ditentukan tadi. Pelaku ada yang mengaku anggota polisi sambil memperlihatkan senjata rakitan air gun," jelas AKBP Lukman.


Advertisement

Sejurus kemudian, lanjutnya, para pelaku menanyakan kelengkapan surat-surat kendaraan. Karena korban tak dapan menunjukan bukti kendaraan, maka para pelaku membawa kendaraan dengan dalih akan dibawa ke kantor polisi terdekat.

"Jika korban ingin kembali mengambil kendaraan tersebut, harus dapat menunjukan bukti kepemilikan kendaraanya. Bahkan para pelaku ini juga tidak segan mengambil barang lain milik korban seperti Handpone dan dompetnya," terangnya.

BACA JUGA: Pakai NMAX? Ini Ciri Pelaku Begal Motor Sadis Bersenpi di Palabuhanratu Sukabumi

Lukman memaparkan, barang bukti yang diamankan dari ketiga pelaku di antaranya Senjata Api rakitan jenis air soft gun, satu lembar STNK berikut kendaraan motor jenis vario warna merah putih, satu buah kunci motor dan handphone merk Samsung.

"Pelaku di kenakan pasal 365 ayat 2e KUHP Pidana Subsider pasal 368 ayat 1 KUHPidana dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara," tandasnya.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Herlan Heryadie

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

NANDI

Reporter