Light Dark

Tertimbun Lumpur Sungai, Jasad Santri Hanyut di Cisokan Dibawa ke Pondok Pesantren

Jawa Barat | 13 Jan 2021, 19:03 WIB

Tertimbun Lumpur Sungai, Jasad Santri Hanyut di Cisokan Dibawa ke Pondok Pesantren

Jawa Barat | 13 Jan 2021, 19:03 WIB
Santri yang hanyut di Sungai Cisokan Kabupaten Cianjur berhasil ditemukan 10 kilometer dari lokasi tenggelam. | Deden Abdul Aziz

SUKABUMIUPDATE.com - Tim SAR Gabungan berhasil menemukan jasad Aji Prasetyo (19 tahun), seorang santri yang tenggelam saat mandi di Sungai Cisokan, tepatnya di Leuwi Leungsir, Kecamatan Sukaluyu, Kabupaten Cianjur

Korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia dengan tubuh tertutupi lumpur menyisakan bagian kaki yang terlihat di Sungai Cisokan, Kampung Cibogo, Desa Sindangraja, Rabu (13/1/2021).

Jasad korban pertama kali ditemukan oleh seorang pemancing dan langsung menginformasikan ke Tim SAR yang kebetulan sedang menyisir ke lokasi tersebut. 

BACA JUGA: Terkendala Cuaca, Pencarian Santri Hanyut di Sungai Cisokan Dihentikan

"Kami berhasil menemukan korban usai pencarian diperluas. Korban ditemukan oleh seorang warga saat kami melintas," kata Herman, Staf Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Cianjur, Rabu (13/1/2021). 

Herman menjelaskan, pencarian korban dilakukan sejak pukul 08.00 WIB dengan menyisir mulai dari lokasi korban tenggelam hingga ditemukannya korban. 

"Jarak lokasi pertama tenggelam dengan ditemukannya korban kurang lebih 10 kilometer dengan menyisir sungai," ujarnya. 

Menurutnya, kondisi jenazah masih utuh hanya ada beberapa bagian yang cedera diduga karena benturan dengan batu saat terbawa hanyut. 

"Jenazah langsung dievakuasi tim SAR gabungan didampingi pihak keluarga. Rencananya jenazah akan dibawa ke ponpes tempat korban menuntut ilmu," katanya 

BACA JUGA: Santri Menyeberangi Sungai Cisokan Terbawa Hanyut, Belum Ditemukan

Sementara ini, lanjut Herman, jenazah akan dibawa ke Ponpes Riyadhul Huda. Selanjutnya akan langsung diserahkan kepada keluarganya. "Pihak keluarga meminta jenazah dievakuasi ke ponpesnya. Untuk selanjutnya pihak keluarga yang berwenang akan di mana memakamkannya," tuturnya . 

Proses evakuasi jenazah di Sungai Cisokan Kampung Cibogo terbilang susah. Pasalnya kondisi jalan yang menurun terjal dan jauh membuat para tim cukup kesulitan membawa jenazah. 

Diberitakan sebelumnya, seorang santri Aji Prasetyo, warga Kampung Pajagan RT 03/08, Desa Sukamulya, Kecamatan Sukaluyu, Kabupaten Cianjur, diduga tenggelam di Sungai Cisokan, Sukaluyu, Selasa (12/1/2021). 

Kejadian itu berawal saat korban mencoba menyeberangi sungai. Namun, sesaat korban tiba di tengah sungai, tiba-tiba arus sungai meningkat dan korban yang diketahui tidak dapat berenang itu langsung terbawa hanyut dan tenggelam. 

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Image

Herlan Heryadie

Redaktur

Image

DEDEN ABDUL AZIZ

Reporter