Krisis Ekonomi dan Pengganguran di Masa Pandemi Covid-19  

Sabtu 26 Desember 2020, 05:36 WIB

Oleh: [email protected] (netizen)

Ekonomi merupakan lini terpenting dan terbesar yang berpengaruh bagi suatu negara, setelah  kesehatan dan pendidikan.Ekonomi merupakan jantungnya sebuah negara karena suatu  negara bisa dikatakan  negara maju jikalau ekonominya baik dan terpenuhi.Lalu bagaimana dengan  ekonomi indonesia itu sendiri? Ekonomi di Indonesia mengalami penurunan dan penaikan dalam artian ekonomi Indonesia tidak stabil kadang naik kadang juga turun,tentu pernyataan ini sesuai dengan riset dari data pendapatan perkapita indonesia,yaitu menurut BPS mencatat bahwa pendapatan per kapita penduduk Indonesia pada 2019 mencapai Rp 59,1 juta, naik dibanding 2018 sebesar Rp 56 juta dan 2017 sebesar Rp 51,9 juta. Dari data tersebut, kita bisa tahu dan  menyimpulkan bahwa ekonomi Indonesia berada di garis ketidakstabilan. Kendati demikian, bagaimana kabar ekonomi Indonesia pada masa pandemi covid 19?

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang krisis ekonomi dan pengangguran di masa pandemi, maka kita harus tahu dulu apa pengertian ekonomi itu sendiri?

Ekonomi berasal dari Bahasa Yunani yaitu dari kata “Oikos ” dan “Nomos ”. Oikos yang berarti keluarga,rumah tangga,dan Nomos  berarti peraturan,aturan,dan hukum.Jadi ekonomi  adalah ilmu social yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi,distribusi,dan konsumsi terhadap barang dan jasa.Sedangkan menurut Abraham Maslow, ekonomi adalah suatu bidang keilmuan yang menyelesaikan permasalahan- permasalahan kehidupan manusia lewat pemanfaatan sumber daya.

Dari pengertian di atas tidak dapat dipungkuri lagi bahwa ekonomi sangatlah penting dan berkesinambungan terhadap semua lini,khususnya lini sosial yang mengatur hubungan soasial,bagi kehidupan manusia.Dan ekonomi juga memiliki peran penting untuk meningkatkan taraf kehidupan sumber daya manusia dan juga untuk mengatur prinsip kebutuhan pokok manusia / masyarakat.

Tapi seiring berjalannya waktu dari masa ke masa, ekonomi semua negara  di dunia sangat mengkhawatirkan,karena adanya satu wabah yang menggoncangkan dunia,yaitu wabah virus corona yang banyak melumpuhkan semua aspek penting kehidupan.Khususnya aspek ekonomi yang merupakan tonggak kehidupan jayanya suatu negara.

Perlu kita ketahui bahwa  virus corona atau  yang sering di sapa covid 19 ini, merupakan wabah  yang berasal dari negeri tirai bambu dan menjadi  racun  bagi semua negara dalam  segala aspek.Di mulai dari aspek kesehatan, kebebasan, pendidikan, bahkan  merambat ke ekonomi.Tak hanya Indonesia yang dihujani dengan virus ini, bahkan negara adidaya seperti Amerika,dan Jepang pun terkena virus ini.

Virus corona memberikan dampak buruk  yang sangat signifikan.Terutama pada ekonomi.Bahkan pada masa pandemi, ekonomi indonesia mengalami kekerisisan yang sangat hebat.Kenapa ini terjadi?

Karena di masa pandemi ini Indonesia tidak bisa melakukan bisnis seperti kegiatan ekspor dan import dengan China.Yang di mana China merupakan pengekspor terbesar bagi Indonesia.Tapi karena pandemi covid semuanya jadi terbalik dan terhambat.Sehingga pendapatan penghasilan Indonesia pun berkurang.

Tak hanya itu, bahkan akibat pandemi ini pendidikan pun jadi terhalang.Karena proses belajar mengajar menjadi terhambat, juga kesehatan dan kebebasan pun terbatas, bahkan lapangan pekerjaan pun semakin sempit dan juga terbatas.Contohnya kecilnya yaitu seperti realita di lingkungan sekitar kita, yaitu para pegawai pabrik banyak yang di PHK akibat pandemi covid 19.sehingga secara tidak langsung masyarakat Indonesia banyak yang mengalami pengangguran dan mati kutu di negerinya sendiri.

Dari fakta mengerikan tersebut, solusi terbaik apa yang harus di ambil,khususnya kita sebagai mahasiswa?

Solusinya terbaiknya yaitu pertama pemerintah harus lebih respek lagi dan lebih respon terhadap keadaan masyarakat. Sehingga kehidupan masyarakat tetap baik dan stabil.

Kedua yaitu harus  menciptakan inovasi baru yaitu dengan cara pemerintah harus membuka koperasi simpan pinjam sebagai badan bantuan untuk memenuhi modal bagi masyarakat ketika ingin membuka usaha.Dan juga memberikan bantuan kecil-kecilan pada masyarakat seperti memenuhi persediaan pokok,sandang, papan,dan pangannya.

Dan juga pemerintah harus menciptakan lapangan kerja yang memadai yang mampu menjangkau masyarakat dari semua tingkatan.

Ketika semua solusi tersebut sudah dilaksanakan dengan baik.Maka krisis ekonomi dan penggangguran di masa pandemi pun akan berkurang.Dan kehidupan masyarakat pun akan aman, terjamin,makmur,dan berlangsung dengan baik sesuai dengan cita-cita negara yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945.

Penulis Mutiara Nurfatimah Apriliani adalah Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Nusa Putra

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi20 April 2024, 21:27 WIB

Diturunkan di Warung, Ibu Hamil Asal Ciemas Sukabumi Diduga Ditelantarkan

Awalnya Indra menduga ambulans tersebut akan menjemput keluarga Ayu yang lain.
Ayu Bunga Lestari (18 tahun) dan ibunya saat berada di sebuah warung, depan RSUD Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: Istimewa
Sehat20 April 2024, 21:00 WIB

Tanpa Bahan Kimia, 6 Cara Alami Mengobati Pilek dengan Rempah-rempah

Meskipun rempah-rempah tradisional ini dapat membantu meredakan gejala pilek, penting untuk tetap mengonsumsi makanan bergizi dan minum cukup air untuk membantu tubuh melawan infeksi.
Ilustrasi. Sakit Flu Pilek dan Batuk (Sumber : pexels/lucianphotography)
Life20 April 2024, 20:00 WIB

7 Cara Mencegah Kolesterol Tinggi dengan Gaya Hidup Sehat

Dengan mengadopsi gaya hidup sehat, Anda dapat membantu mencegah kolesterol tinggi dan menjaga kesehatan jantung Anda.
Ilustrasi. Makan Sehat. Cara Mencegah Kolesterol Tinggi dengan Gaya Hidup Sehat | Foto : Pixabay
Keuangan20 April 2024, 19:02 WIB

Rp 6 Juta Sehari! Omzet Tukang Bakso di Jalan Sukabumi-Bogor Akibat Longsor Tol Bocimi

Pendapatan yang meningkat ini dirasakan oleh pedagang dan tukang parkir.
Warung bakso Zaenal (35 tahun) di area Masjid Nurul Anda, Desa Pondokkasolandeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (20/4/2024). | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Sehat20 April 2024, 19:00 WIB

6 Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Kolesterol

Dalam kondisi normal, hati mengatur produksi kolesterol sesuai dengan kebutuhan tubuh. Namun, pola makan tidak sehat dan gaya hidup yang tidak aktif dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, yang nantinya dapat mengarah pada penyakit kardiovaskular
Rendang. Contoh Makanan yang Tidak Dianjurkan Dikonsumsi Berlebihan untuk Penderita Kolesterol (Sumber : YouTube Devina Hermawan)
Life20 April 2024, 18:00 WIB

4 Doa Mohon Diberi Kesehatan, Kesembuhan dan Dilindungi dari Penyakit

Berikut Bacaan Doa Mohon Kesembuhan dan Dilindungi dari Penyakit, Tersedia Arab Latin dan Artinya.
Ilustrasi. Dirawat di rumah sakit. (Sumber : Shutterstock)
Musik20 April 2024, 17:00 WIB

Trending Now! Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid

Berikut Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid yang Sedang Trending di YouTube Music!
Trending Now! Lirik dan Terjemahan Lagu As I Am Justin Bieber feat Khalid | Foto : YouTube/@JustinBieber
Nasional20 April 2024, 16:27 WIB

Posko THR Ditutup: Ada 1.475 Laporan hingga Berbagai Jenis Pengaduan

Anwar menyatakan ada beberapa jenis pengaduan yang masuk.
(Foto Ilustrasi) Kementerian Ketenagakerjaan menutup layanan Posko THR. | Foto: Istimewa
Life20 April 2024, 16:00 WIB

6 Mental Kaya yang Wajib Anda Miliki Jika Ingin Sukses Sampai Hari Tua

Manakala seseorang ingin sukses hidupnya tentu harus memiliki mental kaya agar jalan menuju ke sana mudah dan cepat.
Ilustrasi. Mental kaya untuk mencapai kesuksesan. Sumber foto : Pexels/Ambu Ochieno
Inspirasi20 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung

Berikut Informasinya Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. Jobseeker Ayo Daftar!
Ilustrasi. Lowongan Kerja untuk Lulusan D3 di Perusahaan Makanan Wilayah Bandung. | Foto: Pixabay