Youtuber Jadi Miliarder 

Rabu 04 November 2020, 17:10 WIB

Oleh: Nuriya Ariyanti 

Mahasiswa Universitas Nusa Putra Prodi Manajemen

Kalian tahu tidak di zaman pandemi ini banyak sekali orang-orang yang kehilangan pekerjaannya akibat dari pandemi virus Corona banyak para pegawai yang di PHK, yang gajinya jadi turun, sehingga mereka tidak memiliki pekerjaan lagi, bukan hanya berdampak pada hilangnya pekerjaan bahkan berdampak pada pendidikan juga, para pelajar harus belajar di rumah, tidak bertemu dengan teman-teman yang ada di sekolah maupun di kampus. Tetapi di masa pandemi ini banyak sekali hikmah yang kita ambil di mulai harus stay at home berarti kita sering berkumpul bersama keluarga, yang asalnya kita jarang berkomunikasi dengan orang tua sekarang jadi sering berkomunikasi, makanan kita terjaga karena selalu makan makanan yang sehat, stay safe kita harus selalu jaga diri dari mulai sering mencuci tangan, pakai masker, jaga jarak dengan orang sekitar.

Di masa kini mari kita manfaatkan masa pandemi ini untuk menambah perekonomian kita, banyak sekali caranya, banyak orang-orang  yang menjadi kaya, hanya dengan modal kuota saja, apa kalian tahu kegiatan apa yang bisa menghasilkan uang dengan modal kuota saja? Nah benar pasti kalian banyak yang berpikir jualan online menghasilkan uang hanya dengan kuota betul bukan? Tetapi masih banyak kegiatan lain yang menghasilkan uang salah satu menjadi konten kreator. 

Sekarang ini media sosial bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Salah satunya menjadi YouTubers. Bahkan banyak arti tanah air yang menjadi seorang YouTubers dengan penghasilan yang fantastis. Dengan popularitas sebagai artis, mereka dengan mudah mendapatkan subscribers. Konten-konten yang di unggah juga banyak yang ditonton, alhasil ini akan menjadi sumber penghasilan baru bagi mereka. Namanya melejit dengan memiliki jutaan subscribers, dan sukses merauk uang dari hasil pekerjaan tersebut salah satunya Baim Wong dan Paula Verhoeven (Baim Paula) ia memiliki jumlah subscribers 14,4 juta,  pendapatan per bulan: 59.300 dollar AS - 949.100 dollar AS setara Rp 830,20 juta - Rp 13,29 miliar (kurs Rp 14.000 per dollar AS).

Apakah kalian tahu apa sih konten kreator itu? Content creator adalah kontribusi informasi ke media apa pun dan terutama media digital untuk pengguna dalam konteks tertentu, content creator  sebutan bagi orang yang bekerja dengan menciptakan konten atau media untuk dibagikan secara online. Saat ini pekerjaan sebagai content creator semakin populer di dunia kreatif. 

Tetapi, menjadi seorang content creator tidaklah mudah, karena harus menciptakan beragam jenis konten sekaligus, dari mulai tulisan hingga membuat video, layaknya seorang blogger, vlogger, bahkan Podcaster yang menjadi satu. BanyakBanyak sekali topik Content Creator yang bisa dipilih, mulai dari fashion, beauty, kuliner, sampai daily vlog. Profesi Content Creator ini nggak lepas dari kemajuan teknologi, apalagi semakin terbukanya akses informasi, maka semakin luas kesempatan bagi kita untuk jadi seorang content creator, yang terpenting niat! Niat untuk membuat konten semangat dalam mengerjakan konten, maka followers, subscribers, adsense, endorsement, dan yang lainnya akan mengikutimu dengan sendirinya.

Nah, untuk menjadi seorang content creator, diperlukan, dituntut untuk mempunyai ide-ide orisinil supaya bisa menghasilkan materi baru yang berbeda tetapi yang bisa diterima oleh masyarakat. Selain itu, menjadi seorang content creator yang andal dibutuhkan kemampuan dan keterampilan dalam hal menulis, mengambil foto, merekam gambar, bisa menyunting video. Biasanya content creator banyak dibutuhkan di industri kreatif, tapi nggak sedikit juga yang bekerja secara individu. Nah jika kalian tertarik dengan pekerjaan ini kalian harus tahu hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan: 

1. Salah satu hal diperhatikan yaitu movement-nya.

2. Konten yang dibuat oleh content creator harus bermanfaat untuk masyarakat. Ibaratnya kita membuat konten beauty, konten yang di buat harus bagus karena dalam konten beauty kita diperlukan niat, mulai dari alat make-upnya, pencahayaan harus bagus, target yang jelas, juga fokus untuk sosial. Membuat konten kuliner juga harus mempunyai skil yang bagus, kita harus memperhatikan gaya bahasa yang kita gunakan dalam membuat konten yang sopan dan tidak menyinggung orang lain dan kita harus bisa memikirkan bagai mana agar membuat orang lain penasaran dengan konten kita.

3. Konten yang dibuat sebenarnya tidak selalu harus informasi yang bersifat memperkaya wawasan, tetapi bisa juga sesuatu yang menghibur para penontonnya. Seperti konten daily vlog. Jika hanya sekedar memberi informasi pada audiens, konten yang kita buat akan kurang berkesan. Selain memberikan informasi, kita juga perlu menawarkan solusi pada para penonton atas topik atau masalah yang sedang dibahas. Dengan begitu, konten akan terkesan lebih interaktif, berfaedah, dan nggak bikin penonton merasa jenuh.

4. Membiasakan diri untuk selalu up-to-date tentang tren terkini

5. Mempelajari Audiens, karakteristik penikmat konten hal yang perlu diperhatikan, contohnya usia, jenis kelamin, lokasi, dan minat audiens. Mengetahui karakteristik audiens membantu kita dalam membuat konten yang cocok untuk mereka. Jangan sampai konten dan minat penikmat berlawanan, ujung-ujungnya kontenmu akan sepi pengunjung.

6. Perluas Jaringan, memperluas jaringan dan menjaga hubungan baik dengan penggemar dan sesama pembuat konten sudah menjadi kewajiban para content creator, kalau mau jadi content creator yang sukses, jangan malas untuk ikut gabung dalam komunitas (misalnya kreator YouTube) atau acara gathering hal-hal itu bisa memperluas wawasan dan mempermudah untuk berkolaborasi dengan kreator lain.

7. Teliti Dalam Memilih Sumber, saat hendak membuat konten kita memerlukan sumber daya dari konten lain betul? Kita harus perhatikan dulu apakah sumber yang kita pakai bisa dipercaya kebenarannya apa tidak. 

Peluang untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi di era kemajuan teknologi digital semakin terbuka lebar. Salah satunya menjadi content creator,  video yang diunggah di Youtube disaksikan jutaan pasang mata, misalnya, seseorang bisa mendapatkan penghasilan hingga miliaran rupiah per bulan, itu akan menambah perekonomian kita selama masa pandemi ini dan seterusnya. Yang terpenting, dengan menjadi seorang content creator misalnya menjadi YouTubers dapat berbagi pengalaman, pengetahuan, berlatih melawan malas, berani, dan menjaga kekompakan.

Sajikan konten yang berkualitas. Karena kita sebagai pembuat video kita akan ikut bertanggung jawab dengan apa yang disajikan dalam Chanel youtube kita. Jangan pernah membuat judul yang berbeda dengan isi konten, menyindir orang lain atau pun kata-kata yang tidak pantas, meniru judul video orang lain. Ingat karena google itu sangat canggih. Dan jangan pernah tergoda untuk membeli subscribers. Karena subscribers bayaran tidak akan membantu kita memaksimalkan penghasilan dari YouTube. Promosikan setiap video baru kita di sosial media, baik itu Facebook, Twitter, Instagram, hingga WhatsApp.  Yang  paling penting dari semua itu, jangan menyerah dan tetap berusaha menyajikan konten berkualitas. Pelajari semua peraturan dari YouTube dan jangan pernah tergoda untuk melanggarnya. Akibatnya bisa sangat fatal bagi kelangsungan channel yang kita buat.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life23 April 2024, 14:30 WIB

5 Penyebab Seseorang Menaruh Rasa Iri, Ada Perbandingan Sosial

Artikel ini akan mengeksplorasi beberapa penyebab umum dari perasaan iri dan cara-cara untuk mengatasinya.
Ilustrasi. Tatapan mata seseorang yang iri. Sumber Foto : Pixabay/galery21
Sukabumi23 April 2024, 14:16 WIB

10 Tahun Alami Kebutaan, Titin Hidup Sebatang Kara Huni Rumah Reyot di Surade Sukabumi

Kehidupan Titin sangat memperihatinkan, hidup sebatang kara dan mengalami kebutaan. Titin sudah hampir 10 tahun tak bisa melihat.
Titin (56 tahun), dan kondisi rumahnya yang sudah lapuk | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi23 April 2024, 14:09 WIB

Ada di Utara Sukabumi, Kapolres Soal Potensi Terorisme yang Harus Diwaspadai

Polres Sukabumi telah beberapa kali melakukan penangkapan terduga teroris.
Kapolres Sukabumi AKBP Tony Prasetyo. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Aplikasi23 April 2024, 14:00 WIB

Cara Perpanjang SIM Secara Online: Begini Tata Cara, Syarat dan Biayanya

Memperpanjang SIM (Surat Izin Mengemudi) adalah proses yang harus dilakukan oleh setiap pemilik SIM yang masa berlakunya telah habis.
Ilustrasi. Memperpanjang SIM (Surat Izin Mengemudi) adalah proses yang harus dilakukan oleh setiap pemilik SIM yang masa berlakunya telah habis. | Foto: Istimewa
Science23 April 2024, 13:51 WIB

Mengapa Terkadang Ada Bau Tanah Saat Hujan? Ternyata Ini Alasannya!

Artikel ini akan mengeksplorasi beberapa faktor yang mempengaruhi bau tanah pada saat hujan turun, dari proses dekomposisi tanaman hingga senyawa geosmin.
Ilustrasi. Air hujan. Sumber Foto : Pixabay/sunnySS2
Sukabumi23 April 2024, 13:30 WIB

Perkuat Pencegahan Korupsi, Pemkot Sukabumi Rapat Koordinasi dengan KPK

Rakor ini untuk memperkuat komitmen dan strategi pencegahan korupsi di Sukabumi.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji dan Sekda Dida Sembada mengikuti Rapat Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi Wilayah II secara virtual pada Selasa (23/4/2024) di Setda Kota Sukabumi. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Life23 April 2024, 13:30 WIB

5 Bahaya Kebiasaan Memendam Emosi Terhadap Kesehatan, Segera Berhenti!

Memendam emosi rupanya tidak baik bagi kesehatan, sehingga perlu diwaspadai untuk menghindari kebiasaan demikian.
Ilustrasi. Bahaya memendam emosi bagi kesehatan. Sumber Foto : Pexels/Nathan Cowley
Kecantikan23 April 2024, 13:15 WIB

Mengapa Tangan Lebih Mudah Kusam Dibandingkan Wajah?

Tangan cenderung terpapar sinar matahari secara lebih langsung dan intensif daripada wajah. Itulah Mengapa Tangan Lebih Mudah Kusam Dibandingkan Wajah.
Ilustrasi. Wajah kusam. Sumber Foto : Pixabay/beautyG
Sehat23 April 2024, 13:00 WIB

Rahasia Sehat Bebas Asam Urat: 13 Tips Mengatasinya dengan Cara yang Alami

Dengan mengikuti tips-tips ini dan mengelola asam urat, Anda dapat mencegahnya datang kembali.
Ilustrasi - Dengan mengikuti tips-tips ini dan mengelola asam urat, Anda dapat mencegahnya datang kembali. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi23 April 2024, 12:54 WIB

Komisi 2 DPRD Kabupaten Sukabumi Apresiasi Pemkab Soal Inovasi Pembangunan

Ketua Komisi 2 DPRD Kabupaten Sukabumi, Deni Gunawan mengapresiasi capaian pemerintah daerah dalam inovasi pembangunan
Deni Gunawan, Anggota Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Sy