Robek Pembuluh Darah di Leher, Hasil Autopsi Wanita Tewas di Cibadak Sukabumi

Sabtu 14 Mei 2022, 16:23 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Dokter forensik menemukan dua robekan bekas senjata tajam pada jenazah Siti Umi Kulsum (32 tahun). Wanita yang akrab disapa Eneng Kulsum ini merupakan warga Kampung Babakan Sirna RT 05/13, Kelurahan/Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, yang diduga ditusuk mantan pacarnya sendiri.

Temuan itu berdasarkan hasil autopsi dokter forensik dari RS Polri Jakarta di Rumah Sakit Umum Daerah Sekarwangi pada Sabtu (14/5/2022). "Kami menerima jenazah dari Polsek Cibadak. Pada pemeriksaan ditemukan kekerasan di leher dan tangan sebelah kanan, disebabkan kekerasan senjata tajam," kata dokter forensik Arif Wahyono.

Arif tidak bisa menjelaskan lebih banyak terkait jenazah Eneng Kulsum yang tewas pada Jumat malam, 13 Mei 2022. "Yang jelas ada robekan di leher dan di tangan. Robeknya pembuluh darah," kata dia. Eneng Kulsum sebelumnya dinyatakan meninggal dunia lantaran kehabisan darah setelah diduga ditusuk mantan pacarnya sendiri.

photoLokasi tewasnya Eneng Kulsum (32 tahun) di depan rumahnya di Kampung Babakan Sirna RT 05/13, Kelurahan/Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. - (Sukabumiupdate.com/Riza)

Baca Juga :

Kakak kandung Eneng Kulsum, Iyan Sopian (40 tahun), mengatakan korban dan pelaku berinisial R menjalin hubungan selama kurang lebih empat bulan, sebelum putus pada Ramadan 2022. Iyan menyebut keluarganya kurang setuju terhadap hubungan itu karena berdasarkan cerita korban, pacarnya kerap minum minuman keras alias mabuk.

"Mungkin korban terjebak karena awalnya dikira laki-laik baik. Kita larang dan akhirnya mereka putus pada bulan puasa kemarin," kata Iyan. Korban memiliki dua anak, laki-laki berusia 12 tahun dan wanita 8 tahun, hasil pernikahan dengan suaminya yang sempat bercerai, namun sudah kembali rujuk pada 12 Mei 2022.

Iyan menduga pelaku tidak menerima diputuskan dan sempat datang ke rumah korban, bahkan pernah mengancam akan membunuh. Tetapi, ketika itu orang tua korban tidak melaporkan ancaman pembunuhan tersebut ke pihak RT maupun polisi lantaran khawatir pelaku menjadi tambah nekat.

Selain karena diputuskan, pelaku juga diduga kesal karena Eneng Kulsum dan mantan suaminya kembali rujuk pada 12 Mei 2022 lalu. Menurut Iyan, adiknya memutuskan rujuk dengan mantan suaminya lantaran melihat masa depan anak mereka yang masih berusia kecil. "Nikahnya di rumah saya di Kalapanunggal, disaksikan Pak RT dan Pak Ustaz," ucap dia.

Iyan kaget saat menerima kabar adiknya ditusuk pada Jumat malam di depan rumahnya. Tak ada yang melihat insiden berdarah tersebut, namun kata Iyan, saat ke luar rumah, ayahnya melihat korban sudah berlumuran darah dan korban sempat bilang nama pelaku yang berinisial R. Iyan menyebut mantan pacar adiknya ini masih warga Cibadak.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Musik19 April 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Illusion Dua Lipa yang Viral

Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu Illusion Dua Lipa yang Viral di Media Sosial, khususnya platform musik.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)
Sukabumi19 April 2024, 16:15 WIB

Pingsan dan Kejang Setelah Tes Lari, Siswi Sukabumi Meninggal saat Seleksi Paskibraka

Kayla meninggal setelah mengikuti tahapan tes lari bersama peserta lain.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Inspirasi19 April 2024, 16:13 WIB

6 Tanda Orang Tua yang Belum Dewasa dalam Mendidik Anak, Nomor 5 Sering Diabaikan

Orang tua yang tidak dewasa dalam mendidik anak akan terlihat pada pola asuhnya yang terlihat kurang bijaksana
Tanda-tanda orang tua yang belum dewasa dalam mendidik anak | Foto : Pexels/Gustavo Fring
Sehat19 April 2024, 16:00 WIB

3 Cara Membuat Rebusan Bunga Telang untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

Bunga telang (Clitoria ternatea) telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes.
Ilustrasi - Bunga telang (Clitoria ternatea) telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers).
Sukabumi19 April 2024, 15:25 WIB

Inilah Finalis Terpilih Pasanggiri Mojang Jajaka Kabupaten Sukabumi 2024

Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi telah sukses menggelar acara Pasanggiri Mojang Jajaka tahun 2024
Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi menggelar Pasanggiri Mojang Jajaka Sukabumi 2024 | Foto : Ilyas Supendi
Inspirasi19 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Cleaning Service di Salah Satu Coffe di Kota Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Cleaning Service Lokasi Penempatan di Kota Sukabumi. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi19 April 2024, 14:48 WIB

Gaji Belum Dibayar, Buruh Pabrik Tripleks Mengadu ke Disnakertrans Sukabumi

Terdapat 89 buruh yang belum menerima gaji, baik berstatus aktif maupun non-aktif.
Buruh pabrik pengolahan kayu tripleks (plywood) saat mendatangi kantor Disnakertrans Kabupaten Sukabumi pada Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Opini19 April 2024, 14:36 WIB

Kartini Hari Ini: Refleksi Pemikiran Pemberdayaan Perempuan dalam Konteks Multikulturalisme

Pemikiran Kartini tentang emansipasi perempuan masih memiliki relevansi. Namun, dalam mengaplikasikan pemikiran tersebut, perlu dipertimbangkan juga konteks multikulturalisme yang menjadi realitas masyarakat Indonesia saat ini
Dr. Tetty Sufianty Zafar, MM, Dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi/Sekretaris Forum Doktor Sukabumi/Pembina Research & Literacy Institute | Foto : Sukabumi Update
Sehat19 April 2024, 14:30 WIB

7 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Kayu Manis : Rempah Asli Indonesia Satu Ini Ternyata Punya Sederet Manfaat untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui.
Ilustrasi - Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui. (Sumber : pexels.com/@Mareefe)
Sehat19 April 2024, 14:00 WIB

Selain untuk Gula Darah, Ini 10 Manfaat yang Luar Biasa dari Buah Mengkudu

Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.
Ilustrasi - Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. (Sumber : Pixabay.com/@ignartonosbg).