Light Dark

Ajukan Ganti Kelamin, Lucinta Luna dan Faqih Al Amin Beda Nasib!

Seleb | 12 May 2022, 12:40 WIB
Ajukan Ganti Kelamin, Lucinta Luna dan Faqih Al Amin Beda Nasib | Via Suara.com

SUKABUMIUPDATE.com - Faqih Al Amin merupakan warga Desa Jipang, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas yang memiliki keinginan Ganti Kelamin untuk menjadi seorang wanita seperti Lucinta Luna.

Namun keinginan Faqih nampaknya harus ditunda karena permohonan Ganti Kelamin yang ajakannya ditolak Pengadilan Negeri (PN) Purwokerto.


Advertisement

Menyadur suara.com, Selain Ganti Kelamin Faqih juga ingin mengubah namanya menjadi Assyifa Icha Khairunnisa. 

Hal tersebut tentu cukup kontras dengan kasus pergantian kelamin selebriti Lucinta Luna yang sebelumnya dikenal dengan nama Muhammad Fatah. Sayangnya Faqih Al Amin nggak mendapat keputusan yang sama meski sudah melakukan operasi kelamin yang menghabiskan uang hingga ratusan juta rupiah.

Kasus Ganti Kelamin Faqih Al Amin Ditolak PN PurwokertophotoFaqih Al Amin mengajukan ganti kelamin di PN - (Via Suara.com)

Kasus Faqih Al Amin yang pengajuan ganti kelaminnya ditolak PN Puwokerto tengah jadi perbincangan publik. Faqih didampingi kuasa hukumnya berusaha mengubah identitas diri sesuai keinginan menjadi seorang perempuan berusia 29 tahun bernama Assyifa Icha Khairunnisa.

Alasan penolakan hakim PN Purwokerto karena permohonan Faqih itu dinilai tidak masuk akal karena menyalahi kodrat. Hal itulah yang membuat Faqih mengajukan upaya hukum kasasi.


Advertisement

Bukan hanya menolak, PN Puwokerto menganggap keputusan Faqih melakukan operasi kelamin terlebih dahulu merupakan tindakan gegabah. Bagi mereka, harusnya Faqih menunggu persetujuan dari pengadilan dulu.

Maju Ke Tingkat Kasasi Usai Ditolak

Menurut keterangan dari kuasa hukum, Faqih secara psikis dan mentalitas terlahir sebagai seorang perempuan. Pihak keluarga pun sudah menerima kondisi Faqih yang punya kecenderungan berperilaku sebagai seorang wanita.

Secara fisik, Faqih juga sudah menjadi seorang wanita karena sudah melakukan operasi Ganti Kelamin yang menghabiskan biaya sampai ratusan juta.  Faqih berharap segera mendapat legalitas status sebagai seorang wanita dari pengadilan hingga membawa kasusnya ini ke tingkat kasasi.

Perjalanan Mulus Lucinta Luna Ganti KelaminphotoOplas Lucinta Luna - (Instagram)

Beda dengan PN Puwokerto, PN Jakarta Selatan mengabulkan permohonan seorang pria bernama Muhammad Fatah menjadi wanita yang kini dikenal sebagai Lucinta Luna. Padahal Faqih dan Lucinta memiliki latar belakang yang sama yakni terlahir laki-laki kemudian menjalani operasi kelamin menjadi wanita.

Baca Juga :

Diketahui permohonan Lucinta Luna berganti kelamin itu telah terdaftar di pengadilan pada 26 November 2019. Hingga kemudian permohonan itu disahkan pada 20 Desember 2019 oleh hakim tunggal bernama Akhmad Jaini.

Sudah Operasi Kelamin di Thailand

Salah satu alasan PN Jaksel mengabulkan permohonan Lucinta Luna karena sudah menjalani operasi kelamin di Thailand. Sama seperti Lucinta Luna, Faqih sudah melakukan operasi Ganti Kelamin dengan memakan biaya ratusan juta rupiah namun permohonannya tetap saja ditolak.

Lucinta Luna Makin Eksis Jadi Artis Bahkan Operasi Plastik Demi CantikphotoLucinta Luna - (Instagram)

Usai ganti kelamin, Lucinta Luna makin eksis jadi selebriti Tanah Air. Ia juga kerap bergaul dengan para artis papan atas Indonesia. Sempat dilarang tampil di TV karena transgender, Lucinta kini wara-wari di layar kaca.

Terbaru, Lucinta Luna bahkan menjalani operasi plastik agar jadi lebih cantik mirip dengan idolanya, Lisa BLACKPINK. Lucinta juga tak segan mengeluarkan suara laki-lakinya dalam tiap obrolan yang kini jadi ciri khas penampilannya di depan publik.

SUMBER: SUARA.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Noity