Light Dark

Penggunanya Rendah, Facebook Akan Singkirkan Beberapa Fitur Pelacakan Lokasi

Aplikasi | 11 May 2022, 21:00 WIB
Ilustrasi Facebook. | Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam waktu dekat Facebook dikabarkan akan menghentikan beberapa layanan yang melacak lokasi real-time pengguna, seperti Nearby Friends (Teman Terdekat), peringatan cuaca, riwayat lokasi, dan lokasi latar belakang. Dilansir dari tempo.co, alasan penghentian ini karena penggunaannya yang rendah.

Facebook mengatakan akan berhenti mengumpulkan data yang terkait dengan fitur-fitur ini pada 31 Mei, dan akan menghapus data yang tersimpan pada 1 Agustus 2022, sebagaimana dilaporkan The Verge, 9 Mei 2022.

Juru bicara perusahaan induk Facebook, Meta, Emil Vazquez, mengatakan, "Meskipun kami menghentikan beberapa fitur berbasis lokasi di Facebook karena penggunaan yang rendah, orang masih dapat menggunakan Layanan Lokasi untuk mengelola bagaimana informasi lokasi mereka dikumpulkan dan digunakan.”


Advertisement

Ini tidak berarti Facebook akan berhenti mengumpulkan data lokasi sama sekali. Seperti yang dinyatakan dalam catatannya kepada pengguna, Facebook mengatakan akan terus mengumpulkan informasi lokasi untuk pengalaman lain, misalnya untuk menayangkan iklan yang relevan dan check-in lokasi sesuai dengan kebijakan datanya.

Pengguna dapat melihat, mengunduh, atau menghapus data lokasi apa pun yang disimpan platform itu dalam menu Pengaturan dan Privasi. Jika tidak, Facebook akan secara otomatis menghapus data tersimpan apa pun yang terkait dengan layanan yang dihentikan pada 1 Agustus 2022.

Sepertinya tidak banyak yang sedih melihat fitur ini pergi. Contohnya fitur Teman Terdekat, yang diperkenalkan Facebook pada tahun 2014. Pada fitur ini pengguna mengizinkan aplikasi Facebook untuk berbagi lokasi real-timenya dengan teman atau sebaliknya dengan tujuan mengatur pertemuan langsung dengan orang-orang di dekat Anda. Popularitas fitur ini menurun selama bertahun-tahun setelah fitur serupa, seperti Snap Map Snapchat dan Find My Friends Apple, lebih menarik pengguna.


Advertisement

Selain itu, mengingat bahwa Facebook tidak memiliki rekam jejak terbaik dalam hal menjaga keamanan data pengguna, sebenarnya lebih melegakan bahwa Facebook menyingkirkan fitur berbasis lokasi ini.

Facebook mulai membiarkan pengguna di Android mematikan pelacakan lokasi latar belakang pada tahun 2019 menyusul sebuah laporan yang mengungkapkan bahwa Facebook melacak lokasi pengguna jika mereka membuat ancaman serius. Sedangkan, Apple telah mengizinkan pengguna menonaktifkan pelacakan lokasi untuk aplikasi tertentu.

SUMBER: TEMPO.CO

Image

Admin SUpdate

Image

Andri Somantri

Redaktur