Sekda Buka Diklat Asesor dan Penjamin Kualitas Maturitas SPIP Kabupaten Sukabumi

Selasa 10 Mei 2022, 14:04 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, mewakili Bupati membuka secara resmi pendidikan dan pelatihan kualitas tingkat perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Bertempat di Aula BKPSDM Kabupaten Sukabumi, Selasa (10/5/200).

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dimulai dari tanggal 10 s/d 12 mei 2022 serta diikuti oleh 120 orang peserta yang merupakan perwakilan dari Perangkat Daerah dan Kecamatan se-Kabupaten Sukabumi.

Adapun tujuan dilaksanakannya Diklat Asesor dan Penjaminan Kualitas untuk penilaian maturitas penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern pemerintah (SPIP) adalah untuk membekali peserta dengan kemampuan melaksanakan penilaian maturitas penyelenggaraan SPIP terintegrasi di lingkungan pemerintah daerah.

Dalam sambutannya, Sekda Ade menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan ini dan berharap semua peserta mampu memahami Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan peningkatan kualitas pengendaliannya sesuai dengan kebijakan yang mengaturnya, terutama PP 60/2008 tentang SPIP dan Inpres 9/2014 tentang Peningkatan Kualitas Sistem Pengendalian Intern dan Keandalan Penyelenggaraan Fungsi Pengawasan Intern dalam rangka mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Baca Juga :

“Kedua output kebijakan tersebut berguna untuk meningkatkan kualitas, transparansi, dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan negara dan daerah serta pembangunan daerah, ikhtiar seperti demikian itu sejalan dengan upaya Pemerintah Daerah dalam mewujudkan Kabupaten Sukabumi Yang Religius, Maju, dan Inovatif Menuju Masyarakat Sejahtera Lahir-Batin,” kata Ade dalam rilisnya.

Lebih lanjut Sekda mengatakan, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) merupakan hal yang sangat penting dan menjadi tanggung-jawab bersifat melekat pada Kepala Perangkat Daerah karena setiap kegiatan yang dilakukannya harus didukung dengan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) agar penyelenggaraan kegiatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, sampai dengan pertanggungjawaban dapat dilakukan dengan tertib, terkendali, efisien dan efektif. 

“Saya meyakini bahwa Diklat ini dapat membantu memperbaiki manajemen di masing-masing perangkat daerah maupun di tingkat Pemerintah Daerah, salah-satunya adalah dengan cara menyusun pengendalian yang memadai pada setiap kegiatan untuk pencapaian tujuan organisasi. Dengan demikian, ikhtiar ini dapat mendorong terwujudnya Tata-Kelola Pemerintahan (Good Governance) yang baik dan bersih di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sukabumi,”tegasnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Inspektur Kabupaten Sukabumi, Kepala Bapelitbangda dan Kepala BKPSDM Kabupaten Sukabumi.

“Agar agenda-agenda strategis nasional yang menjadi prioritas kita bersama betul-betul bisa kita pastikan terselenggara dengan baik, Pemilu terselenggara dengan baik, lancar dan tanpa gangguan,” tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life25 April 2024, 15:11 WIB

Identifikasi Pemicunya, Ini 5 Cara Membantu Anak Menghentikan Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk bisa jadi kebiasaan yang akan berkelanjutan jika tidak segera dihentikan.
Ilustrasi membantu anak menghentikan kebiasaan buruk. | Foto: Freepik
Sukabumi25 April 2024, 15:03 WIB

Kunjungi Kalaju di Surade Sukabumi, Drh Slamet Dorong Kesejahteraan Nelayan

Kunjungan ini adalah dalam rangka supervisi persiapan pelaksanaan program Kalaju.
Anggota Komisi IV DPR RI F-PKS drh Slamet (paling kiri) saat mengunjungi Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Rabu, 24 April 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi25 April 2024, 15:00 WIB

Info Lowongan Kerja Kasir dengan Penempatan di Sukabumi, Yuk Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Info Lowongan Kerja Kasir dengan Penempatan di Sukabumi, Yuk Cek Kualifikasinya (Sumber : Freepik/pressfoto)
Life25 April 2024, 14:30 WIB

Agar Tidak Tersinggung, Ini 6 Cara Mengingatkan Teman yang Bau Badan

Bagaimana jika Anda menemui situasi yang agak membingungkan ketika Anda harus menghadapi aroma yang kurang sedap dari salah satu teman Anda?
Ilustrasi. Cara mengingatkan teman yang bau badan. Sumber : pixabay/jessie22
Sukabumi25 April 2024, 14:19 WIB

Bahas Pungli hingga Rp 17 Juta, Ratusan Warga Demo Pabrik di Cikembar Sukabumi

Massa adalah warga di sekitar pabrik di Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar.
Massa aksi saat melakukan demonstrasi di depan PT GSI di Jalan Pelabuhan II, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Kecantikan25 April 2024, 14:15 WIB

8 Cara Agar Tetap Wangi Sepanjang Hari dan Tampil Percaya Diri

Artikel ini akan membahas berbagai tips dan trik yang dapat membantu Anda menjaga kesegaran dan keharuman tubuh sepanjang hari.
Ilustrasi. Memiliki tubuh wangi. Sumber : pixabay/jessie22
Bola25 April 2024, 14:00 WIB

Prediksi Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Siapa yang Akan Lolos?

Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, akan tersaji dini hari nanti pukul 00.30 WIB.
Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, akan tersaji dini hari nanti pukul 00.30 WIB. (Sumber : X/@TimnasIndonesia/@theKFA).
Sehat25 April 2024, 13:00 WIB

Bebas Asam Urat dengan 10 Cara Alami: Mencegahnya Tanpa Obat-obatan

Ada beberapa cara alami untuk mencegah dan mengelola asam urat yang bisa Anda lakukan.
Ilustrasi - Ada beberapa cara alami untuk mencegah dan mengelola asam urat yang bisa Anda lakukan. (Sumber : Freepik.com)
Bola25 April 2024, 12:15 WIB

Prediksi dan Link Live Streaming Dewa United vs Madura United di Liga 1 Pekan ke-33

Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33.
Dewa United vs Madura United akan saling bentrok sore ini di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33. (Sumber : X/@dewaunitedfc_/@MaduraUnitedFC).
Kecantikan25 April 2024, 12:00 WIB

Tetap Lembab, 10 Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas

Jangan lupa untuk tetap konsisten dalam merawat kulit dan memberikan perhatian ekstra saat cuaca panas atau musim panas agar kulit tetap glowing.
Tetap Lembab, Ini Tips Memiliki Kulit Glowing Meski Cuaca Panas (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)