Mau Tahu Siapa Pemilik Status Komentar Facebook Terbanyak di Dunia? Ini Sosoknya

Senin 09 Mei 2022, 22:42 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Guru Shri Rajendraji Maharaj tercatat dalam Guinness World Records sebagai pemilik halaman Facebook dengan komentar terbanyak. Dia adalah guru spiritual dari India yang memiliki banyak pengikut. Tapi tak hanya itu, Guruji, begitu sebutannya, amat peduli terhadap masyarakat miskin dan orang tertindas. Karena itu, tiap hari ulang tahunnya, 3 Januari, diperingati sebagai Hari Internasional untuk Memberi Makan Orang Miskin.

Lalu seperti apa profil sosok Guru Shri Rajendraji Maharaj ini? Serta apa isi postingannya yang mendapat jutaan komentar hingga mendapatkan penghargaan Guinness World Records itu?

Saat masuk daftar Guinness World Record pada 16 Mei 2013 silam, Guru Shri Rajendraji Maharaj mendapatkan 18.697.614 komentar pada status yang diunggahnya. Unggahan tersebut diposting pada 27 Maret 2012. Berdasarkan penelusuran Tempo.co, postingan itu telah mendapatkan 20 juta komentar hingga Senin, 9 Mei 2022.

Postingan yang diunggah Guruji, itu terdiri dari dua bahasa, yaitu Bahasa Hindi dan Inggris. Bunyinya “RAM HI RAM HOGA, HAVE FAITH IN UR FAITH” yang memiliki arti “Ram akan menjadi Ram, percaya pada imanmu”. Pengguna Facebook kemudian meninggalkan komentar “RAM” pada postingan itu. Kata RAM sendiri merupakan mantra suci yang memberikan penyembuhan dari semua dosa di masa lalu.

Baca Juga :

Tak Sampai Setahun, Juni 2022 Facebook Bakal Matikan Fitur Podcast

Melansir dari laman business-standard.com, komentar itu sebenarnya dipelopori putri Guruji meminta para pengikut halaman untuk berkomentar dengan mantra suci tersebut. Beberapa saat kemudian, banyak pengguna Facebook membanjiri unggahan Guru Shri Rajendraji Maharaj dengan komentar RAM hingga jutaan kali. Akibatnya banyak pengguna Facebook lainnya turut berkomentar.

photoSosok Guru Shri Rajendraji Maharaj. - (Facebook)</span

Guru Shri Rajendraji Maharaj sendiri merupakan pembicara spiritual asal India jebolan Veermata Jijabai Technological Institute atau V.J.T.I. Dia lahir dan dibesarkan dalam keluarga bisnis yang terhormat di Mumbai. Mengutip dari bookmyshow.com, sosok yang mendapatkan penghargaan Guinness World Record ini diceritakan sebagai sosok yang cerdas dan berbudi luhur sejak kecil. Guruji lulus sebagai Bachelor of Engineering atau B.E. dari universitas diakui secara global V.J.T.I. Dia menggunakan pengetahuan ilmiahnya yang luas untuk menjelajahi alam ilmu-ilmu spiritual.

Guru Shri Rajendraji Maharaj telah mengelola grup spiritual selama lebih dari 30 tahun hingga sekarang. Grup itu diberi nama Amritwani Satsang, dengan lebih dari 2500 jemaat rohani. Guruji telah mendedikasikan hidupnya untuk peningkatan spiritual umat manusia. Misi dedikasinya yang tanpa pamrih diakui oleh beragam organisasi pendidikan, sosial, agama dan spiritual. Dia dianugerahi Doktor Kehormatan oleh Shri Jagdishprasad Jhabarmal Tibrewala University, Rajasthan. Guruji juga dihormati dengan Penghargaan Rajasthan Ratna oleh Rajasthani Mandal, Mumbai.

Guruji menggunakan berbagai media untuk menjangkau komunitasnya. Biasanya ia melakukan live streaming menggunakan YouTube, Facebook, dan Zoom. Saat ini, Guru Shri Rajendraji Maharaj tengah giat melakukan aksi sosial mengangkat orang miskin dan tertindas. Dia telah memotivasi dan menasihati para pengikutnya untuk mendedikasikan hidup mereka dalam pelayanan tanpa pamrih bagi umat manusia serta semua bentuk kehidupan. Setiap tahun, hari kelahirannya diperingati pada 3 Januari sebagai Hari Internasional untuk Memberi Makan Orang Miskin.

SUMBER: TEMPO.CO/HENDRIK KHOIRUL MUHID 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer