Light Dark

Partisipasi Masyarakat di Pilkades Serentak Sukabumi 2022 Capai 81,6 Persen

Sukabumi | 09 May 2022, 08:35 WIB
Pemilih melakukan pencoblosan surat suara di Pilkades Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. | Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Angka partisipasi masyarakat dalam perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak siklus II gelombang I tahun 2022 di Kabupaten Sukabumi mencapai 81,6 persen.

Angka tersebut meningkat signifikan dibanding Pilkades serentak pada 2019 yang hanya 69 persen. Dengan demikian antara Pilkades serentak 2019 dengan Pilkades serentak 2022 terdapat kenaikan sekitar 11, 4 persen.


Advertisement

Baca Juga :

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengaku bersyukur atas meningkatnya partisipasi masyarakat dalam pilkades. Hal itu menggambarkan antusiasme masyarakat dalam mengikuti Pilkades sangat tinggi.

"Alhamdulillah ada kenaikan partisipasi masyarakat hingga 11,4 persen," ujarnya saat meninjau secara langsung hasil real count Pilkades serentak secara daring, Minggu, 8 Mei 2022.


Advertisement

Tak hanya itu saja, perhelatan Pilkades pun berjalan kondusif. Sehingga, pelaksanaan pesta demokrasi tingkat desa ini berjalan lancar.

"Kami telah meninjau secara langsung. Hingga malam ini semuanya berjalan lancar dan tak ada hambatan. Saya berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Marwan berpesan agar kades yang dinyatakan menang untuk mempersiapkan diri. Terutama dari sisi program yang harus segera didorong.

"Semakin cepat mempersiapkan diri, pemberdayaan masyarakat pun bisa segera direalisasikan melalui berbagai program di tingkat desa," ungkapnya.

Selain itu, kades pun harus peka terhadap perubahan teknologi informasi. Sebab,  zaman terus berubah lewat kemajuan teknologi. "Maka dari itu, kades terpilih harus siap-siap mendapatkan pembekalan," bebernya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa(DPMD) Kabupaten Sukabumi Gun Gun Gunardi menambahkan, sejumlah desa telah mengumumkan para pemenangnya. Sehingga, para kepala desa yang ditetapkan panitia pelaksanaan Pilkades tinggal menunggu waktu pelantikan.

"Setelah perekapan suara, pemenangnya langsung diumumkan. Sehingga, tahap selanjutnya tinggal menunggu waktu pelantikan," jelasnya.

Diketahui, pelaksanaan Pilkades serentak pada 8 Mei diikuti 70 desa yang tersebar di 36 kecamatan se-Kabupaten Sukabumi.

Image

Admin SUpdate

Image

Andri Somantri

Redaktur