Light Dark

Tidak Benar, Klaim Denmark Menghentikan Vaksin Covid-19 karena Masalah Kesehatan

Cek Fakta | 06 May 2022, 22:02 WIB
(Foto Ilustrasi) Beredar sebuah postingan berbahasa Inggris dengan narasi yang menyebut Denmark telah resmi menghentikan vaksin Covid-19 karena meningkatnya masalah kesehatan. | Getty Images/ridofranz

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyebut beredar sebuah postingan berbahasa Inggris dengan narasi yang menyebut Denmark telah resmi menghentikan vaksin Covid-19 karena meningkatnya masalah kesehatan.

Di laman resminya pada Kamis, 5 Mei 2022, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI mengatakan masalah kesehatan tersebut di antaranya masalah jantung atau miokarditis yang disebabkan oleh vaksin Covid-19.


Advertisement

Faktanya, dilansir dari reuters.com, Denmark menghentikan program vaksinasi Covid-19 untuk sementara bukan karena peningkatan masalah kesehatan, melainkan karena cakupan vaksin Covid-19 yang sudah tinggi dan situasi epidemi di negara tersebut telah membaik.

Juru Bicara Otoritas Kesehatan Denmark Sundhedsstyrelsen mengatakan bahwa tidak benar apabila Denmark menghentikan program vaksinasinya secara keseluruhan.

Sundhedsstyrelsen menjelaskan program vaksinasi Covid-19 di Denmark dihentikan untuk sementara waktu dan siap untuk dilanjutkan jika diperlukan menjelang musim gugur, karena adanya kemungkinan peningkatan infeksi Covid-19.

SUMBER: KEMENTERIAN KOMINFO RI


Advertisement

Image

Admin SUpdate

Image

Oksa Bachtiar Camsyah

Redaktur