Light Dark

Tutorial Membuat Website Tanpa Coding untuk Pemula

Komputer | 06 May 2022, 07:00 WIB
Ilustrasi Tutorial Membuat Website Tanpa Coding untuk Pemula | Unsplash

SUKABUMIUPDATE.com - Buat kamu yang ingin membuat Website sendiri namun merasa pemuda dan tidak pemrograman, dibawah ini kami sajikan tutial cara Membuat Website Tanpa Coding untuk pemula.

Dilnsir dari HiTekno.com (portal suara.com, memiliki website sendiri tentunya akan sangat berguna jika kamu ingin menggunakannya untuk banyak keperluan diantaranya adalah sebagai berikut:


Advertisement

Baca Juga :

- Blog pribadi yang mengulas kegiatanmu sehari-hari atau bisa juga sebagai catatan perjalanan atau menulis resep masakan

- Company profile yang berguna sebagai sarana pengenalan bisnis yang kamu miliki dan juga media informasi resmi kepada calon pelanggan mu

- Website portofolio yang berguna mencatat dan mempublikasi apa saja pengalaman pekerjaanmu atau bisa juga sebagai media untuk mencantumkan projek apa saja yang pernah kamu selesaikan.


Advertisement

- Website Toko Online bila kamu memiliki produk yang ingin dijual secara online agar dapat menjangkau banyak orang.

Dan masih banyak lagi fungsi-fungsinya

photoIlustrasi Keuntungan Membuat Website Pribadi - (Freepik)

Namun jika kamu bukan lulusan IT atau tidak terbiasa dengan pemrograman HTML, php dan lainnya tentu akan ragu dapat memiliki website sendiri.

Tapi saat ini membuat website tanpa Coding bisa diwujudkan meski tidak memiliki kemampuan dunia IT expert, berikut ini langkah mudahnya.

Untuk membuat website tanpa Coding kamu harus menyiapkan beberapa hal penting sebelum membuat website mu sendiri.

Siapkan domain dan hosting yang bisa kamu dapatkan dari membeli penyedia jasa domain dan hosting seperti godaddy, namecheap dan lainnya.

Pastikan memilih nama domain yang pendek, mudah diingat dan mencerminkan dirimu, jika sudah memiliki domain kamu bisa melanjutkan pada langkah berikutnya yaitu penginstalan wordpress pada hosting.

- Install wordpress melalui cpanel, biasanya pihak hosting sudah menyiapkan installer Wordpress dalam cpanel sehingga tidak perlu banyak pengaturan.

- Cara install Wordpress melalui cpanel hanya cukup masuk kebagian application dan pilih wordpress

- Tentukan domain yang ingin di Install Wordpress dan pilih direktori penginstalan

- Atur username dan password untuk login dashboard admin (pilih username dan password yang mudah kamu ingat dan pastikan harus unik sehingga lebih aman dari peretasan)

- Tunggu hingga proses penginstalan selesai

- Setelah selesai kamu akan mendapatkan URL Website dan juga URL Cpanel

- Login kebagian dashboard untuk pengaturan website, gunakan username dan password admin untuk dapat masuk

- Atur tampilan website dengan memilih banyak pilihan tema yang sudah disediakan oleh wordpress baik versi gratis maupun berbayar

- Lengkapi nama website, lengkapi halaman menu utama (about us, contact, privacy, layanan/produk dan blog)

- Lengkapi halaman About Us, ceritakan tentang isi websitemu

- Lengkapi halaman Contact agar calon pelanggan atau pembaca dapat menghubungi dengan mudah, sediakan formulir yang akan terhubung melalui email dan juga lengkapi dengan nomor telpon, whatsapp dan juga alamat.

- Lengkapi halaman Privacy jelaskan beberapa fungsi seperti cookies dalam website yang membutuhkan beberapa data pribadi dari pengunjung dan jelaskan kegunaan dari data pribadi dan jaminan perlindungan data tersebut.

- Mulai membuat postingan pertama mu menggunakan menu post

- Tuliskan sebuah post yang bermanfaat agar mendapatkan pengunjung setia dan selalu konsisten menulis setiap hari.

Nah mudah bukan cara membuat website tanpa coding, karena dengan adanya CMS wordpress ini kamu yang tidak paham bahasa pemrograman pun bisa juga memiliki website buatanmu sendiri.

SUMBER: SUARA.COM | HITEKNO.COM

Image

Admin SUpdate

Image

Noity